10+ Aplikasi Office Terbaik yang Paling Cocok untuk HP Android, Pilih Mana?

Pekerja kantoran dan mahasiswa biasanya yang paling sering berkutat dengan yang namanya dokumen office. Dokumen ini bisa dalam membuat laporan, data, maupun file presentasi.

Umumnya, kita membuka, membuat, maupun mengedit dokumen melalui PC atau laptop. Tapi di jamannya Android ini, Anda tidak harus mengolah dokumen melalui perangkat berukuran besar tersebut, Anda dapat menggunakan perangat Android untuk mengolah dokumen office.

Untuk melakukannya, Anda membutuhkan aplikasi yang dapat mendukung fungsi tersebut. Dan pada artikel kali ini, kami akan membagikan 10 aplikasi office terbaik untuk pengguna Android.

10 Aplikasi Office Terbaik

Secara umum, 10 aplikasi ini memiliki fungsi yang hampir sama. Tetapi silakan Anda pilih mana yang terbaik.

1. Apps By Microsoft Coorporation

Aplikasi Office Terbaik

Ada berbagai jenis aplikasi office dari Microsoft Coorporation, diantaranya yaitu Microsoft Word, Microsoft Power Point, Microsoft Excel, dan Microsoft Office Lens. Anda yang mahasiswa atau pekerja kantoran tentu sudah tidak asing dengan software-software tersebut.

Microsoft Word berhubungan dengan tulisan, Microsof Power Point untuk membuat poin presentasi, Microsoft Excel berhubungan dengan data atau angka, dan Microsoft Office Lens sebagai PDF Scanner.

Baca Juga: 10 Aplikasi Wallpaper dan Widget Jam untuk HP Android

Biasanya kita menggunakannya di PC atau laptop. Tapi kini, software tersebut juga hadir dalam bentuk aplikasi yang bisa kita download dari ponsel Android. Untuk lebih lengkapnya, silakan download aplikasinya di sini.

2. WPS Office

2

WPS Office merupakan aplikasi office yang sangat populer di kalangan pengguna Android, dengan pengguna sudah melampaui 1.6 juta. Salah satu faktor mengapa aplikasi ini sangat diminati yaitu karena banyaknya fitur dalam satu aplikasi.

Fungsi utama dari aplikasi ini yaitu sebagai dokumen editor. Format file yang dapat Anda edit di sini diantaranya adalah Word, PDF, Note, Slide dan Sheet. Selain itu, WPS Office juga memiliki fitur tambahan, aplikasi ini dapat meng-convert PDF ke Word, tanda tangan di file PDF, PDF Scanner, dan beberapa fitur lainnya.

3. Polaris Office

3

Secara umum, Polaris Office memiliki fungsi yang hampir sama dengan WPS Office. Aplikasi ini juga cukup populer di Play Store dengan lebih dari 500 ribu pengguna.

Polaris Office memungkinkan Anda untuk membuka, mengedit, dan menyimpan berbagai format dokumen dalam satu aplikasi saja. Format file yang didukung aplikasi ini yaitu Word, PDF, Docs, Sheets, dan Slide. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur tambahan, salah satunya adalah pena dan penunjuk yang dapat memudahkan Anda saat melakukan presentasi.

4. Office Suite + PDF Editor

Aplikasi Office Terbaik

Aplikasi yang dikembangkan oleh MobiSystems ini merupakan aplikasi pengelola file yang memungkinkan Anda membuka, melihat, membuat, dan mengedit berbagai dokumen kantor di Android.

Beberapa jenis dokumen yang didukung yaitu Word, Excel, dan Power Poin. Dan seperti namanya, aplikasi ini juga membawa fungsi tambahan, yaitu sebagai PDF Editor. Selain dapat mengelola dokumen, di sini Anda juga akan mendapatkan fitur pemindaian kamera PDF, tanda tangan digital, anotasi, dan Text to Speech untuk dokumen dan PDF.

5. Docs To Go™ Free Office Suite

5

Aplikasi yang masih satu level dengan keempat aplikasi di atas. Tidak hanya dalam hal popularitas, tetapi juga konsep yang diusung oleh aplikasi ini. Docs To Go™ Free Office Suite merupakan salah satu aplikasi office terbaik yang berfungsi sebagai dokumen viewing dan editing. Di sini Anda dapat melihat, membuat, dan mengedit berbagai file Microsoft Office.

Baca Juga: 10+ Aplikasi Kamera Terbaik untuk HP Android

Aplikasi ini juga memungkinkan Anda melihat file PDF. Selain itu, aplikasi ini juga dapat tersinkronisasi dengan perangkat Android, deskop dan laptop melalui USB.

6. Google Dokumen

6

Google Dokumen adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Google dan saat ini memiliki lebih dari 900 ribu pengguna Android. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk membuat dokumen baru atau mengedit dokumen yang sudah ada. Beberapa layanan yang diusung aplikasi ini yaitu sebagai pengolah kata, pengolah lembar kerja, dan presentasi.

Aplikasi bekerja layaknya Microsoft Office pada Windows yang memungkinkan Anda untuk membuat, mengedit, dan menampilkan dokumen.  Dan menariknya, selain dapat digunakan dalam mode offline, aplikasi ini juga gratis.

7. Document Viewer

Aplikasi Office Terbaik

Aplikasi office terbaik selanjutnya adalah Document Viewer. Seperti namanya, Document Viewer adalah aplikasi yang dirancang untuk menampilkan dokumen di perangkat Android. Aplikasi ini mendukung berbagai format office, yaitu Word, PDF, Power Point, Spreadsheet, Memo, dan Docs.

Namun, sayangnya fungsi aplikasi ini hanya terbatas untuk menampilkan dokumen saja, Anda tidak bisa membuat ataupun mengedit file melalui Document Viewer. Tetapi keunggulannya, ukuran aplikasi ini relatif sangat ringan dibanding aplikasi-aplikasi sebelumnya, yaitu kurang dari  30 MB.

8. Polaris Viewer

8

Nah, kalau sebelumnya aplikasi Polaris Office dalam versi lengkapnya, aplikasi Polaris Viewer menawarkan versi sederhananya. Fungsi utama aplikasi ini adalah untuk menampilkan dokumen.

Dalam perannya sebagai pembaca dokumen, Polaris Viever memberi fitur-fitur yang mendukung kenyamanan dalam membaca, seperti berbagai mode (membentang, tegak, multi-window), melihat per halaman atau berderet, meredupkan layar dan memilih latar, dan juga mendukung fungsi salin teks. Selain fiturnya yang lebih sederhana, Polaris Viewer juga memiliki ukuran yang lebih ringan dibanding Polaris Office.

9. Office Document Viewer

9

Office Document Viewer merupakan aplikasi yang memiliki fungsi sama dengan dua aplikasi sebelumnya. Aplikasi ini juga bisa menjadi alternatif lain bagi Anda yang sedang mencari aplikasi penampil dokumen.

Baca Juga: 10+ Aplikasi Perekam Layar Terbaik & Gratis untuk HP Android

Keunggulan yang sangat kentara dari aplikasi ini yaitu ukurannya yang sangat ringan, hanya 3.2 MB tetapi memiliki fitur yang hampir setara dengan dua aplikasi sebelumnya. Aplikasi ini menyediakan fitur zoom, pencarian teks dalam dokumen, kopi teks dari dokumen, dan beberapa fitur lainnya.

10. AndrOpen Office

10

Nah, untuk aplikasi terakhir yang kami rekomendasikan yaitu AndrOpen Office. Aplikasi yang berukuran 72 MB ini memiliki lebih dari 33 ribu pengguna. Fitur dalam aplikasi ini memungkinkan Anda untuk melihat dan mengedit dokumen office.

Ada lima komponen yang didukung aplikasi ini, yaitu word processor, spreadsheet atau lembar kerja, presentasi grafis, drawing, dan equation editor. Format file yang didukung diantaranya adalah Word, Excel, Power Point, PDF, dan berbagai format umum lainnya.

Nah, mungkin sekian 10 aplikasi office terbaik yang kami rekomendasikan. Semoga deskripsi di atas dapat membantu pembaca memilih aplikasi terbaik. Terima kasih.

Leave a Reply

Send this to a friend