Aplikasi Pembersih Registry

10 Aplikasi Pembersih Registry di PC / Laptop (Terbaik 2022)

NESABAMEDIA.COM – Registry Windows merupakan kumpulan data yang didalamnya berisi aplikasi serta perangkat keras pada PC / laptop Anda. Saat Anda melakukan uninstall aplikasi, seharusnya key registry juga dihapus, tapi hal ini jarang terjadi.

File registry yang terus menumpuk pada PC / laptop Anda akan membuat kinerja sistem semakin melambat, maka dari itu Anda harus segera menghapus file atau key registry yang ada pada PC / laptop Anda. Bagaimana cara menghapusnya? Anda bisa menggunakan aplikasi pembersih registry yang sudah banyak tersedia.

10 Aplikasi Pembersih Registry di PC / Laptop

Biasanya aplikasi – aplikasi pembersih registry bukan hanya bisa menghapus registry saja, tapi ada juga beberapa fitur yang tersedia didalam aplikasi tersebut. Nah, berikut ini ada 10 rekomendasi aplikasi pembersih registry di PC / laptop. Langsung saja, silahkan simak pembahasannya berikut ini.

1. Auslogics Registry Cleaner

Auslogics Registry Cleaner

Auslogics Registry Cleaner merupakan salah satu aplikasi terbaik untuk membersihkan entri dari registry Windows yang tidak benar secara efektif dan aman. Aplikasi pembersih registry yang satu ini cukup sederhana, Anda bisa menggunakan serangkaian kotak centang untuk memilih jenis entri registry apa yang ingin Anda scan, hal ini sangat bagus jika Anda hanya mendapatkan masalah dengan aplikasi yang sebelumnya Anda install.

Anda jangan khawatir, sebelum Anda membuat perubahan atau menghapus registry, aplikasi ini sudah mencadangkannya secara default sehingga bisa Anda pulihkan menggunakan opsi Rescue Center pada menu bagian atas. Aplikasi Auslogics Registry Cleaner ini dapat dikatakan aplikasi registry cleaner Windows gratis terbaik.

Aplikasi Auslogics Registry Cleaner tidak akan membersihkan sampah – sampah yang sudah terakumulasi pada PC / laptop Anda, tetapi aplikasi ini sangat ideal jika Anda mendapatkan masalah dengan key registry tertentu yang mencegah aplikasi berjalan sesuai dengan semestinya.

2. Wise Registry Cleaner

Wise Registry Cleaner

Wise Registry Cleaner merupakan aplikasi pembersih registry yang dapat Anda gunakan secara gratis untuk membersihkan, memperbaiki, serta mengoptimalkan redistry Windows secaa manual ataupun otomatis. Cukup dengan beberapa kali klik saja, permasalah pada registry Anda dapat diatasi dengan mudah.

Aplikasi Wise Registry Cleaner ini mendukung beberapa bahasa, termasuk bahasa Indonesia sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan bahasa yang tidak Anda mengerti. Jika Anda mengubah bahasa, maka tampilan akan otomatis berubah saat itu juga tanpa harus melakukan restart terlebih dahulu.

Fitur yang cukup menarik yang dimiliki aplikasi ini adalah System Tuneup. Fitur ini berisi lebih dari 30 pilihan untuk mengubah pengaturan default pada sistem Windows. Misalnya seperti untuk mempercepat proses booting, menutup proses yang bermasalah dengan paksa, menonaktifkan reboot secara otomatis saat terjadi BSOD, dan lain sebagainya.

3. CCleaner

Aplikasi Pembersih Registry di PC Windows

CCleaner merupakan aplikasi yang dapat memeriksa berbagai jenis entri registry yang mungkin tidak terpakai, termasuk ekstensi file yang tidak terpakai, aplikasi lama yang tidak terpakai, dan file bantuan. Sebelum Anda menghapus registry, Anda diberi kesempatan untuk membuat cadangan sebelum file registry atau masalah lainnya terhapus.

Pembersih registry merupakan tambahan pada aplikasi untuk pemeliharaan PC utama CCleaner, yang nantinya akan menghapus file, cache, serta cookies agar dapat memperbaiki kinerja sistem PC / laptop Anda.

Aplikasi CCleaner tidak akan menimbulkan masalah dengan registry Windows Anda, tapi jika ada, Anda bisa mengembalikannya dari cadangan namun dengan proses yang agak sedikit panjang dibandingkan aplikasi lainnya yaitu Anda harus mengklik kanan file dengan ekstensi “REG” lalu klik “Merge”.

Aplikasi CCleaner juga memiliki uninstaller aplikasi, yang mana tidak akan memberi izin Anda untuk memilih beberapa aplikasi untuk meng-uninstall secara sekaligus. Selain itu, aplikasi CCleaner juga mempunyai manajer startup, seperti Autoruns, penganalisis disk, pengelola plugin browser, dan lain sebagainya.

4. SlimCleaner Free

Aplikasi Pembersih Registry di Laptop Windows

SlimCleaner Free merupakan aplikasi untuk membersihkan file Windows sementara, menghapus registry, dan mengelola ekstensi browser. Ada juga beberapa tools tambahan lainnya seperti mengurutkan menu Start dan Notification Tray, dan lain sebagainya.

Sama seperti aplikasi sebelumnya, aplikasi SlimCleaner akan membuat cadangan terlebih dahulu sebelum menghapus apapun, dan Anda dapat mengembalikannya ke versi sebelumnya melalui menu Settings.

Aplikasi SlimCleaner ini tidak memberikan informasi yang sangat banyak seperti aplikasi lainnya, tapi ada beberapa detail yang pastinya sangat membantu Anda untuk membuat keputusan apakah harus disimpan atau tetap dibersihkan.

5. JetClean

JetClean

JetClean merupakan aplikasi yang berfokus untuk merapikan database registry pada PC / laptop Anda. Dan aplikasi ini sudah mengklaim bahwa dapat memperbaiki kinerja sistem, walaupun hal ini tidak akan terjadi kecuali Anda mengalami masalah tertentu yang terkait key registry tertentu.

Anda bisa membatasi pencarian Anda ke beberapa jenis key registry, termasuk juga jalur aplikasi dan lokasi aplikasi. Lalu, Anda dapat memeriksa nama dari masing – masing key registry yang mungkin bisa mendapatkan masalah saat dipindai.

Namun sayangnya, aplikasi JetClean ini tidak memiliki informasi tambahan terkait fungsi dari setiap entri registry. Dan tentunya aplikasi ini menyediakan fitur cadangan, dan bisa dipulihkan kembali melalui opsi Rescur yang ada di menu Settings.

6. Iolo System Mechanic

Iolo System Mechanic

Iolo System Mechanic ini memiliki dua versi yaitu versi gratis dan versi premium. Pada versi gratis, aplikasi ini akan melakukan scan terlebih dahulu untuk memeriksa berbagai kesalahan dan masalah, termasuk file sementara yang bisa dihapus dengan aman, key registry yang rusak, serta fragmentasi hardisk. Jika sudah selesai, Anda akan diminta untuk mengklik tombol Register agar dapat mengaktifkan aplikasi pembersihannya.

Setelah selesai, Anda dapat mencari informasi lebih lanjut dengan menggunakan menu drop-down pada masing – masing kategori. Aplikasi Iolo System Mechanic ini merekomendasikan pembersi registry-nya untuk membersihkan serta merampingkan database registry. Anda juga bisa melihat beberapa opsi pengoptimalan, tapi fitur ini hanya bisa digunakan pada versi premium.

Aplikasi Iolo juga akan membuat cadangan terlebih dahulu sebelum Anda melakukan pemebrsihan registry, jadi jika Anda mendapatkan masalah di lain waktu, Anda bisa menggunakan fitur SafetyNet untuk mengembalikan database registry seperti keadaan yang sebelumnya.

7. Kingsoft PC Doctor

Aplikasi Pembersih Registry di Windows

Kingsoft PC Doctor merupakan aplikasi pembersih registry di PC / laptop yang dapat melindungi PC / laptop Anda dari serangan malware. Selain mempunyai fitur pembersih registry atau file sampah, aplikasi ini juga memiliki fitur pemberantas virus, seperti Malware dan Trojan.

Aplikasi Kingsoft PC Doctor ini berjalan dimulai dengan melakukan scanning atau pendeteksian potensial terhadap masalah – masalah yang dicurigai pada PC / laptop. Saat Anda menjalankan aplikasi ini untuk pertama kali, aplikasi ini langsung memulai pemindaian kerentanan pada sistem PC / laptop. Lalu, laporan yang disajikan bukan hanya berupa deskripsi saja, tapu juga menunjukkan nama patch yang hilang beserta tanggal rilisnya.

8. Glarysoft Registry Repair

Glarysoft Registry Repair

GlarySoft Registry Repair merupakan salah satu aplikasi pembersih registry terbaik yang dapat secara otomatis memindai serta memperbaiki registy. Salah satu fitur terbaik yang ditawarkan aplikasi ini adalah cadangan registry otomatis.

Jadi, sebelum Anda melakukan perubahan apapun pada file registry Windows, aplikasi ini sudah membuat cadangan pada file registry Anda tersebut. Jadi, aplikasi ini termasuk salah satu aplikasi pembersih registry yang dindalkan pada Windows 10.

9. Argente Registry Cleaner

Argente Registry Cleaner

Argente Registry Cleaner merupakan aplikasi pembersih registry yang dapat secara otomatis mendeteksi serta memperbaiki masalah apapun yang terdapat pada file registry Windows Anda.

Jadi, jika Anda mencari aplikasi yang bisa mengidentifikasi masalah pada registry Windows yang paling umum, maka Anda bisa mencoba aplikasi Argente Registry Cleaner ini.

10. WinUtilities Registry Cleaner

WinUtilities Registry Cleaner

WinUtilities Registry Cleaner ini merupakan aplikasi pembersih registry yang cukup canggih yang memberikan penawaran banyak fitur terkait hal – hal pembersih registry. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk memilih area registry yang akan dipindai atau scan.

Dan Anda juga jangan khawatir, hampir sama seperti aplikasi pembersih registry lainnya, aplikasi ini juga membuat cadangan serta dapat mengembalikan file Windows Registry. Jadi, mungkin aplikasi ini cocok untuk Anda yang mencari aplikasi pembersih registry untuk pemula.

Sekian artikel kali ini yang membahas tentang 10 aplikasi pembersih registry di PC / laptop. Setiap aplikasi yang dijelaskan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing. Silahkan Anda pilih aplikasi yang sesuai kebutuhan Anda. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda. Terimakasih 🙂

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend