10 Aplikasi Untuk Membuat Bootable Flashdisk Terbaik

10 Aplikasi Untuk Membuat Bootable Flashdisk Terbaik

NESABAMEDIA.COM – Menginstal sistem operasi menggunakan USB atau flashdisk merupakan cara yang paling mudah.

Berbeda dengan belasan tahun yang lalu dimana kita harus menginstal sistem operasi melalui kaset baik itu VCD maupun DVD yang proses instalasinya memerlukan waktu lama. Belum lagi ketika proses memasukkan sistem operasi ke kaset tersebut yang membuat kita harus penuh kesabaran menunggu prosesnya selesai.

Salah satu kelebihan instalasi sistem operasi dari flashdisk adalah proses intalasinya yang cepat. Selain itu, anda masih bisa memanfaatkan sisa kapasitas dari flashdisk tersebut untuk menyimpan data yang lainnya. Sekarang, instalasi sistem operasi menggunakan flashdisk sudah menjadi pilihan dimana-mana dengan semua kelebihan yang sudah kami sebutkan.

10 Aplikasi Untuk Membuat Bootable Flashdisk

Pada dasarnya, flashdisk anda tidak bisa langsung bisa digunakan sebagai media untuk instalasi sistem operasi. Anda harus menjadikan flashdisk anda tersebut agar bersifat bootable.

Artinya, komputer maupun laptop anda akan booting melalui flashdisk dan kemudian proses instalasi bisa dimulai. Untuk menjadikan flashdisk anda bootable, anda memerlukan aplikasi bootable. Sudah banyak aplikasi untuk membuat bootable flashdisk yang bisa anda gunakan. Di bawah ini akan kami berikan beberapa rekomendasi aplikasi untuk membuat bootable flashdisk terbaik.

1. Rufus

Rufus

Selain WinToFlash, bisa dikatakan bahwa aplikasi untuk membuat bootable flashdisk yang tidak kalah terkenal adalah Rufus. Mungkin salah satu dari anda yang membaca artikel ini juga pernah menggunakan Rufus karena aplikasi ini memang mudah digunakan. Nanti, USB dan juga kapasitasnya akan secara otomatis terdeteksi sehingga anda tinggal melakukan format terhadap flashdisk tersebut.

Setelah itu, anda tinggal menjadikan flashdisk menjadi bootable. Namun perlu diperhatikan bahwa untuk file ISO yang akan dimasukkan ke dalam flashdisk harus benar-benar berada dalam kondisi yang bagus. Hal ini karena Rufus dapat mendeteksi jika file ISO tersebut bermasalah. Inilah yang menjadi salah satu kendala ketika menggunakan Rufus meskipun sebenarnya kendala tersebut berasal dari file ISO itu sendiri.

2. UNetbootin

UNetbootin

Pernah menggunakan UNetbootin? Aplikasi ini sebenarnya juga cukup familiar dan penggunanya pun juga cukup banyak. Jika anda perhatikan, aplikasi ini mempunyai tampilan yang sederhana dan tidak sulit menggunakannya. Kelebihan aplikasi ini adalah support dengan beberapa sistem operasi yang banyak digunakan seperti Windows, Linux, dan iOS.

3. Novicorp WinToFlash

Aplikasi Untuk Membuat Bootable Flashdisk

Aplikasi untuk membuat bootable flashdisk yang populer adalah WinToFlash. Novicorp WinToFlash merupakan aplikasi yang bisa anda gunakan secara portable. Jadi, anda tinggal mengunduh dan langsung menggunakannya.

Aplikasi ini diperuntukkan untuk para pengguna Windows. Selain membuat bootable Windows, Novicorp WinToFlash juga bisa digunakan untuk membuat bootable selain Windows.

WinToFlash bisa digunakan secara gratis. Meskipun begitu, anda juga bisa mengunduh yang versi berbayar agar tidak ada iklan di aplikasi anda. Biasanya, iklan muncul ketika proses pembuatan bootable meskipun beberapa orang masih merasa bahwa iklan tersebut tidak terlalu mengganggu.

4. RMPrepUSB

RMPrepUSB

Bagi orang yang baru pertama kali meihat tampilan RMPrepUSB, mereka kemungkinan besar beranggapan bahwa aplikasi ini rumit dan sulit digunakan. Padahal, ketika anda sudah membuka dan menggunakannya, aplikasi ini tidak terlalu sulit. Salah satu  kelebihan dari RMPrepUSB adalah fiturnya yang lebih lengkap dibandingkan aplikasi yang lainnya.

Dengan semua fitur yang banyak tersebut memungkinkan anda membuat bootable dari berbagai jenis file system. Selain itu, anda juga bisa membuat partisi dari USB. Dengan menggunakan RMPreUSB, anda bisa memilih apakah akan menggunakan file system FAT16, FAT32, NTFS, dan juga exFAT.

5. WiNToBootic

WiNToBootic

Sesuai dengan namanya, aplikasi yang satu ini juga bisa anda gunakan untuk menjadikan flashdisk anda bootable. Salahs atu yang menjadi kelebihannya adalah aplikasi ini tidak akan membuat kinerja komputer maupun laptop anda terganggu. Mengapa? Karean WiNToBootic merupakan aplikasi yang ringan.

Ketika anda menginstal dan membuka aplikasi ini, anda tinggal melakukan drag and drop terhadap file ISO yang akan anda masukkan. Setelah itu, anda tinggal mengklik Do It dan tunggu sampai WiNToBootic melakukan tugasnya. Tidak perlu khawatir karena anda masih bisa menjalankan tugas yang lainnya karena seperti yang kami jelaskan bahwa aplikasi ini tidak memberatkan kinerja komputer atau laptop.

6. Yumi

Aplikasi Untuk Membuat Bootable Flashdisk Terbaik

Anda termasuk salah satu pengguna Yumi? Sudah tahu apa itu singkatan Yumi? Yumi merupakan singkatan dari Your Universal Multiboot Installer.

Salah satu hal yang membedakan aplikasi ini dengan aplikasi bootable pada umumnya adalah proses formattingnya yang bisa anda set. Artinya, anda bisa menentukan apakah akan melakukan proses formatting atau tidak tergantung keputusan anda.

Kelebihan lain yang ditawarkan oleh Yumi adalah pengguna bisa melakukan multi USB bootable. Cara menggunakannya pun tidak sulit dan meskipun anda baru pertama kali membukanya, anda tidak akan mengalami kendala yang pasti untuk menjadikan flashdisk anda menjadi USB bootable.

7. Windows 7 USB/DVD Download Tool

Windows 7 USB/DVD Download Tool

Jika anda mencari sebuah aplikasi untuk membuat bootable pada USB dengan mudah dan cepat, maka Windows 7 USB/DVD Download Tool merupakan pilihan terbaik untuk anda. Salah satu kelebihannya adalah anda bisa menentukan medianya apakah menggunakan USB maupun DVD. Nanti, anda tinggal mencari mana file ISO yang akan anda masukkan.

Setelah itu, anda tinggal klik Next dan selanjutnya klik Begin Copying. Kemudian anda tinggal duduk bersantai sampai aplikasi ini selesai menjalankan tugasnya. Salah satu aplikasi yang banyak dipilih karena kemudahan yang diberikan.

8. WinSetupFrom USB

WinSetupFrom USB

WinSetupFrom USB memiliki tampilan yang bersahabat alias user friendly. Dengan tampilan seperti ini, maka pengguna awam pun tidak akan kesulitan ketika ingin membuat flashdisk mereka bootable. Nanti pengguna tinggal memilih mana file ISO yang akan dimasukkan.

Namun sebelum itu pengguna diminta untuk memilih flashdisk yang akan dijadikan bootable. Selain bisa digunakan untuk sistem operasi Windows, WinSetupFrom USB juga support dengan distro USB. Pengguna juga bisa melakukan multiboot USB d sini.

9. Windows Bootable ISO Creator

Windows Bootable ISO Creator

Sama dengan aplikasi bootable flashdisk yang lain, Windows Bootable ISO Creator juga menawarkan tampilan yang mudah dipahami. Semua menu yang tersedia tidak membuat pengguna kesulitan.

Kelebihan dari Windows Bootable ISO Creator aplikasi ini memiliki ukuran yang sangat kecil. Dijamin pengguna tidak menemukan kesulitan meskipun baru pertama klai menggunakan aplikasi ini.

10. UltraISO

Aplikasi Untuk Membuat Bootable Flashdisk Windows

Aplikasi untuk membuat bootable flashdisk yang terakhir adalah UltraISO. Aplikasi ini merupakan salah satu yang banyak digunakan bukan hanya sebagai bootable melaikan untuk menginstrak file ISO.

Kemudahan dalam menggunakan aplikasi ini menjadi salah satu kelebihan yang membuat orang-orang lebih memilihnya dibandingkan aplikasi lain yang konfigurasinya lebih sulit. Namun untuk ukuran file yang dibakar atau di-burn dibatasi. Anda bisa mengunduh versi trialnya dan coba rasakan kemudahan yang ditawarkan.

Leave a Reply

Send this to a friend