Smartphone Apple iPhone 13 Notch LiDAR ToF

Apple iPhone 13 Akan Menggunakan Notch Lebih Kecil dan Pemindai LiDAR ToF

NESABAMEDIA.COMUntuk tahun ini, diketahui hanya iPhone 12 Pro yang menggunakan teknologi time-of-flight (ToF) pemindai LiDAR. Karena kepopuleran iPhone 12 Pro tersebut, muncul spekulasi bahwa semua seri iPhone 13 yang akan datang, bakal menggunakan pemindai ToF LiDAR. iPhone 13 juga akan hadir dalam empat varian model seperti iPhone 12

iPhone 13 juga akan menggunakan teknologi D-ToF (Direct ToF). Sebuah laporan mengklaim bahwa perusahaan II-VI asal Amerika Serikat akan menjadi supplier untuk iPhone generasi selanjutnya. Perusahaan itu akan memproduksi chip VCSEL untuk ToF LiDAR di iPhone 13. Para analis pun sepakat bahwa permintaan atas chip VCSEL ToF itu akan meningkat di masa mendatang.

Pada tahun 2021, chip VCSEL yang akan digunakan oleh teknologi LiDAR ToF milik Apple, selain produk yang dikembangkan bersama Apple dan Lumentum, juga akan ditambahkan II-VI sebagai pemasok kedua. Saat ini sumber dari chip Lumentum Lei masih dipegang oleh IQE asal Inggris. Selain itu, II-VI akan menggunakan chip Lei sendiri.

Sementara itu, Winmao juga sedang memperluas pembelian peralatan uji coba dan pengukuran VCSEL khusus ToF. Diketahui telah terjadi peningkatan sekitar 20 sampai 30 persen. Selain itu,  para analis juga telah mengkonfirmasi secara langsung bahwa jumlah lubang yang ada di lensa kamera iPhone 13 juga bertambah. 

Menurut sejumlah sumber, ada perubahan sangat signifikan pada perangkat penginderaan 3D di iPhone 13. Dengan adanya informasi semacam ini, diharapkan bahwa iPhone 13  bisa mengurangi modul penginderaan 3D cahaya secara terstruktur. 

Ada prediksi juga bahwa Apple bakal melakukan perampingan pada sebuah chip VCSEL di bagian lensa depan. Fitur Face ID yang ada di iPhone dan juga jumlah VCSEL yang terkait dengan lensa ToF, diperkirakan akan dikurangi dari yang sebelumnya berjumlah 3 menjadi 2 di tahun depan. Namun sejauh ini tidak ada konfirmasi akan masalah ini, dan jumlahnya masih tetap tiga. 

Apple iPhone 13 sebelumnya juga dikabarkan akan menggunakan teknologi tingkat lanjut di bagian jaringannya. Disebutkan bahwa smartphone itu akan menggunakan teknologi Wi-Fi 6E yang saat ini menjadi teknologi Wi-Fi yang paling canggih yang pernah ada.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend