Apple Patenkan Sistem Kamera Baru Untuk iPhone di Masa Depan

Apple Patenkan Sistem Kamera Baru Untuk iPhone di Masa Depan

NESABAMEDIA.COMApple tengah mengerjakan sebuah sistem kamera yang sepenuhnya baru, dan telah mengajukan patennya. Sistem kamera yang baru ini akan secara drastis meningkatkan fotografi smartphone di perangkat iPhone yang akan datang. 

Sebelumnya dilaporkan bahwa iPhone 14 Pro akan mendapatkan sensor kamera baru 48MP untuk kamera utamanya, bersama dengan beberapa kamera lainnya. Dilaporkan juga bahwa kamera depannya, akan memiliki fitur auto fokus juga. 

Sekarang, tampaknya Apple sedang mempertimbangkan untuk bisa lebih jauh lagi melangkah, dengan memberikan pengguna sistem zoom yang ditingkatkan. Ini berkat sebuah teknologi lensa terbaru yang baru saja dipatenkan oleh Apple. Perlu dicatat bahwa iPhone 14 yang akan datang, masih belum akan mendapatkan teknologi baru ini.

Paten baru itu, menunjukkan sebuah lensa telefoto yang bisa dilipat, dengan desain prisma tunggal. Lensa yang bisa dilipat biasanya menggunakan sistem yang sangat kompleks dari prisma dan atau kaca untuk mengatur ulang rute cahaya di dalam smartphone. Namun, ketika cahaya melewati elemen optik, ini akan membiaskan atau mendifraksi, tergantung pada jenis elemen optik yang digunakan. Artinya, semakin banyak elemen yang harus dilewati cahaya, semakin buruk kualitas hasil gambar akhir.

Dalam istilah yang lebih sederhana, sistem prisma Apple bisa menerapkan sejumlah konfigurasi berbeda dari permukaan reflektif, permukaan anti reflektif, dan masker aperture untuk menghasilkan gambar yang diinginkan tanpa memerlukan banyak komponen optik, Tentu, anda akan kehilangan cahaya, dan karenanya dibutuhkan ISO yang lebih tinggi atau aperture yang lebih lebat, namun cahaya yang diterima oleh sensor sebagian besar tidak akan dibiaskan atau mengalami difraksi.

Lensa telefoto yang bisa digunakan di smartphone tanpa menambah ketebalan, diketahui sulit dibuat dan bahkan lebih sulit dikalibrasi. Selain itu, gambar yang didapatkan dari lensa ini tidak sebaik dari gambar yang diambil dari kamera biasa. 

Jika memang Apple berhasil membuat sistem baru kamera ini di perangkat iPhone mereka, maka perangkat tersebut akan memiliki sistem kamera terbaik yang pernah ada. Selain dari memotret gambar yang bagus hanya dari kamera utama, juga akan bisa mengambil gambar yang sangat menakjubkan dari lensa telefoto. Ini juga akan membantu Apple menghasilkan sistem zoom digital baru yang sangat dibutuhkan oleh kamera smartphone.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend