• Our Partners:

reboot smartphone

Arti Reboot di HP Android Serta Fungsi dan Bedanya dengan Reset

NESABAMEDIA.COM – Berbicara mengenai barang elekrtonik, selalu ada istilah yang asing di telinga, terumata mengenai HP (handphone). Misalnya saja istilah reboot. Reboot adalah istilah yang sering kita dengar. Kata yang satu ini biasanya disangkutkan dengan HP android. Lalu, apakah arti reboot di HP android itu?

Arti Reboot di HP Android

Reboot berasal dari dua kata yakni “re” yang artinya “memulai ulang” dan “boot” yang artinya proses memuat sistem. Arti reboot di HP android bisa dikatakan memulai ulang atau menyalakan ulang sistem HP android.

Dalam arti yang luas, reboot itu merupakan proses pemberhentian sistem kerja android. Ketika HP android dalam posisi menyala, maka ada beberapa komponen yang bekerja.

Mulai dari sistem; jaringan, UI, dan WiFi, aplikasi; WhatsApp, galeri, Instagram, Shopee, komponen; RAM (Random Access Memory), dan lain-lain. Ketika kamu mencoba melakukan reboot di HP android, maka seluruh komponen yang sedang bekerja itu akan menghentikan kinerjanya dan dimuat ulang.

Melakukan reboot sendiri merupakan hal yang wajar. Hal ini karena reboot juga memiliki beberapa manfaat, salah satunya agar software yang berjalan pada hardware bisa berjalan seperti sedia kala. Selain itu, proses reboot juga membuat memori HP kita menjadi lebih besar karena kita menghentikan beberapa proses yang sedang berjalan seingga cache sementara akan ikut terhapus.

Jadi, sampah-sampah yang ada di dalam HP kita akan terhapus semua. Sementara, untuk file aselinya harus dihapus secara manual. Tentu hal ini sangat aman untuk kamu yang takut data di HPnya terhapus. HPnya yang sebelumnya berjalan lambat pun akan terasa lebih cepat karena RAM tidak terbebani.

Proses melakukan reboot di HP Android

Arti Reboot di HP Android

Setelah mengerti arti reboot di HP android, ada beberapa proses yang akan dilakukan oleh sistem android ketika kamu melakukan reboot di HP android

  1. Tekan tombol reboot di HP
  2. Android menghentikan proses seluruh sistem. Mulai dari aplikasi, komponen, dan lain-lain
  3. Android membatalkan seluruh proses yang tertunda
  4. Resource dari processor dan RAM menjadi lebih luas
  5. Processor akan memastikan bahwa tidak ada proses yang sedang berjalan.
  6. Proses mulai ulang sistem
  7. Sistem akan dimuat RAM dan processor
  8. Sistem akan memulai kembali aplikasi sistem UI
  9. Sistem akan memuat seluruh komponen yang dibutuhkan
  10. HP android siap digunakan

Itulah proses yang akan terjadi jika kamu melakukan reboot pada HP android. Kamu bisa melakukan reboot ketika sistem tidak berjalan dengan baik. Jangan khawatir, proses reboot ini tidak akan menghapus data.Untuk lebih mengetahui apa arti reboot di HP android, kamu juga harus tahu beberapa fungsi dari reboot.

Fungsi dari reboot di HP android

reboot smartphone

Ada beberapa fungsi dari reboot yang harus kamu ketahui, diantaranya :

1. Melakukan reboot membuat sistem di HP android kamu dalam keadaan HP agar berjalan dengan baik.

Sebelum kamu melakukan proses reboot, ada beberapa aplikasi yang sedang berjalan meski kamu tidak menggunakannya. Nah, proses reboot inilah yang membantu HP kamu mengehentikan aplikasi tersebut, sehingga sistem di HP berjalan lebih baik.

2. Mampu menjaga kekompakan kinerja seluruh komponen atau hardware yang ada di HP.

Reboot merupakan proses penghentian sistem kerja HP sehingga ketika kamu melakukan reboot, HP kamu akan meminimalisir adanya loading terlalu lama.

3. Merefresh aplikasi yang baru saja terpasang di HP android.

Hebatnya, reboot mampu menyegarkan aplikasi yang baru saja kamu pasang di HP serta menyegarkan aplikasi yang sudah terpasang sejak lama.

4. Menjaga kesehatan ponsel agar kinerjanya tetap prima.

Siapa sangka bahwa ternyata reboot bisa mengembalikan kesehatan ponsel agar kinerjanya tetap prima. Reboot sama seperti melakukan pengobatan ketika kamu sedang sakit.

5. Mengembalikan kinerja aplikasi maupun hardware yang sedang bermasalah.

Jika kamu mengalami masalah dengan aplikasi atau hardware di HP kamu, jangan ragu untuk melakukan reboot. Hal ini karena proses reboot mampu menyelesaikan permasalahan yang sedang terjadi pada aplikasi maupun hardware.

Perbedaan Reboot dan Reset

Reboot dan reset merupakan dua istilah yang melekat dengan HP android. Namun, ternyata keduanya memiliki perbedaan yang sangat jauh. Bahkan, fungsi dan cara penggunaannya pun sangat berbeda.

Reboot boleh dikatakan sama dengan tombol power on/off karena prosesnya tidak akan menghilangkan data-data atau memori pada HP kamu. Namun, berbeda dengan proses reset yang mampu menghilangkan sebagian data yang ada di HP android kamu. Reset sendiri artinya menghapus ulang atau mengatur ulang.

Sehingga jika kamu melakukan reset HP android maka yang akan terjadi HP kamu akan kembali ke keadaan yang sama seperti pertama kamu membeli HP atau bisa dikatakan kembali ke setelan pabrik.

Reset akan menghapus seluruh data di HP kamu. Mulai dari data-data yang tersimpan seperti kata sandi di berbagai sosial media, dan tentunya menghapus seluruh aplikasi yang pernah kamu dowload. Melakukan reset juga berarti mengembalikan pengaturan HP dan instalasi seperti saat pertama kali membeli HP. Maka dari itu, melakukan reset membuat HP kamu berjalan sangat baik seperti kamu baru membeli HP.

Manfaat Reset 

Sementara, ada beberapa keutamaan serta manfaat dari melakukan reset itu sendiri. Berikut ini keutamaan reset HP di android :

  • Terbebas dari virus dan malware

Salah satu cara agar HP kamu terhindar dari virus dan malware adalah dengan melakukan reset HP. Pasalnya, ada banyak file dan data rahasia yang tersimpan di dalam HP. Bahkan, ketika kamu melakukan log in akun internet banking pun menggunakan aplikasi di android yang tersimpan sebagai data di HP.

  • Performa adroid akan kembali seperti semula

Tanpa kita sadari, pengaturan yang kita lakukan, baik melakukan pengaturan terhadap HP atau pengaturan di beberapa aplikasi akan tersimpan dan berpengaruh terhadap kinerja HP android kamu. Untuk itu, melakukan reset diperlukan agar performa HP kembali seperti awal.

  • Menghapus aplikasi hingga ke akarnya

Ketika mendownload aplikasi biasanya terdapat beberapa file yang masuk ke HP. Ketika kita menghapusnya, data yang tersimpan masih ada di dalam HP. Namun, beda ketika kamu melakukan reset, maka sisa-sisa file atau residual file akan terhapus secara permanen.

  • Menghapus data yang tidak berguna yang dibuat oleh aplikasi

Ketika mendownload satu aplikasi, ada banyak file yang tersimpan di dalam HP, dan diantaranya banyak data yang tidak berguna. Melakukan reset membuat data-data ini akan hilang.

  • Ruang penyimpanan internal kembali luas

Dengan melakukan reset, data-data yang tersimpan di dalam memori internal akan sebagian terhapus. Hal inilah yang membuat ruang penyimpanan internal kamu menjadi lebih luas setelah melakukan reset.

Itulah beberapa arti dari reboot di HP android. Kamu juga sudah mengetahui apa perbedaan reboot dan reset sehingga jangan salah mengambil tindakan ya. Hal ini seperi yang kamu ketahui karena melakukan reset akan menghapus seluruh data di HP kamu. Jika hal iu tidak ingin terjadi, kamu bisa melakukan reboot sebagai gantinya.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend