Youtube Menindaklanjuti Komentar Palsu dan Spam

Youtube Menindaklanjuti Komentar Palsu dan Spam

NESABAMEDIA.COM – Youtube mengalami banyak masalah, terkait laporan yang menyatakan banyaknya pembuatan konten yang melakukan penipuan, seperti menggunakan ulasan palsu, komentar palsu, hingga Giveaway palsu, Jumat (1/7).

Pada awal tahun 2022 ini, Youtube setidaknya telah menerima banyaknya laporan mengenai para pembuat konten yang melakukan penipuan. Melalui kontennya, Jacksepticeye dan MKBHD menyoroti berbagai macam ulasan dan komentar palsu, yang banyak tersebar di konten video Youtube.

Youtube menyoroti hal ini, karena menurut mereka banyaknya akun falsu yang memenuhi komentar dari konten video yang diunggah di kanal Youtube mereka. Ada banyak komentar yang seakan-akan menerima hadiah dari pembuat konten, nyatanya tidak.

Youtube telah menerima dan menanggapi kelihan ini, dan mulai hari ini akan diumumkan bahwa adanya perubahan kebijakan, untuk mencoba membendung dan memblokir tindakan yang berpotensi penipuan.

Youtube kini memberikan peraturan baru yang harus diikuti oleh para pembuat konten, Pertama sebuah kanal tidak boleh menyembunyikan akun Subscriber mereka, yang mana bisa menjadi sasaran penipu yang mencoba untuk menutupi akun mereka. Cara ini terbilang berguna, untuk memeriksa apakah akun tersebut benar-benar dimiliki oleh pengguna atau sebaliknya.

Kedua, Youtube akan membatasi penggunaan karakter dalam menuliskan judul konten atau semacamnya, terkadang ada banyak kreator yang menuliskan kalimat atau kata menggunakan karakter khusus. Youtube akan segera menindaklanjuti hal ini, jika terindikasi karakter yang merepresentasikan kalimat.

Ketiga, Youtube akan menyempurnakan pengaturan yang lebih luas terkait komentar pada tahun ini. Untuk mengatasi adanya pembuatan komentar palsu dan penipuan, pemilik kanal youtube dapat mengatur “Increasi Strictness”, untuk menyaring komentar yang tidak diinginkan.

Pihak Youtube juga menyatakan bahwa, fitur ini untuk menekankan jumlah komentar yang terindikasi spam dan penipuan. Meskipun memang, saringan komentar ini dibuat dengan lebih ketat, namun dampak positifnya akan ada lebih banyak komentar asli yang ditemukan.

Perubahan yang diberikan Youtube memang terkesan sedikit, namun untuk dampak kedepannya akan lebih baik. Pengguna tidak akan terganggu dengan banyaknya komentar spam dan palsu, di mana mengarah kepada penipuan yang tidak diinginkan.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend