Cara Mengatasi The File Or Directory Is Corrupted And Unreadable di Windows

Cara Mengatasi The File Or Directory Is Corrupted And Unreadable di Windows

Tutorial cara mengatasi the file or directory is corrupted and unreadable pada harddisk, flashdisk dan media penyimpanan lainnya

Pernahkah Anda mendapatkan pesan error berupa “The File Or Directory Is Corrupted Or Unreadable”? Pesan error seperti itu tak jarang terjadi pada hardisk internal, eksternal maupun pada flashdisk. Maksud dari pesan error tersebut adalah file atau tempat direktori yang ingin Anda buka telah terjadi corrupt atau tidak bisa dibaca.

Artinya sistem pada PC atau laptop Anda tidak lagi bisa membaca file yang akan Anda buka. Error ini bukan hanya terjadi pada hardisk internal saja, tapi juga terjadi pada hardisk eksternal ataupun flashdisk. Jika error tersebut muncul saat ingin membuka file yang ada di hardisk eksternal atau flashdisk, bisa saja penyebabnya karena ketidaksengajaan Anda menyenggol kabel USB sampai copot sehingga file tidak bisa terbaca.

Cara Mengatasi The File Or Directory Is Corrupted And Unreadable

Lalu, bagaimana jika pesan error tersebut muncul saat Anda ingin membuka file yang ada di hardisk internal? Kemungkinan penyebabnya karena file tersebut memang sudah error. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena windows memiliki cara ampuh untuk mengembalikan file tersebut kembali ke semula. Bagaimanakah caranya? Langsung saja silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

1. Pertama, silahkan Anda buka CMD atau Command Prompt di PC atau laptop Anda. Seperti pada gambar dibawah ini. Atau Anda juga bisa membukanya melalui Run yaitu dengan menekan ikon windows + R di keyboard secara bersamaan, lalu ketikkan cmd.

cmd

2. Lalu, silahkan Anda ketikkan perintah chkdsk D: /F/R . Kemudian, tekan Enter.

ketikkan perintah

Keterangannya:

CHKDSK D :  Memeriksa harddisk eksternal D: (sesuaikan dengan hardisk yang ingin Anda perbaiki)

/F : Perintah ini digunakan untuk me-repair error tanpa melakukan scanning bad sector.

/R : Perintah ini digunakan untuk me-repair error, menemukan bad sector dan me-recover data.

3. Setelah Anda menekan Enter di keyboard, maka sistem akan melakukan Fix and Recovery secara otomatis. Seperti pada gambar dibawah ini.

tunggu proses

Proses ini memang akan memakan waktu lama tergantung dari besarnya kapasitas hardisk dan kemampuan PC atau laptop yang Anda miliki.

4. Jika proses sudah selesai, tampilan akan seperti gambar dibawah ini.

selesai

5. Kemudian, silahkan Anda buka Windows Explorer di PC atau laptop Anda.

6. Lalu, silahkan Anda klik kanan pada hardisk yang Anda scanning tadi. Kemudian, klik Properties. Seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah ini.

klik properties

7. Lalu, silahkan Anda kli tab menu Tools yang ada di bagian atas. Seperti pada gambar dibawah ini.

klik tools

8. Lalu, pada bagian Error Checking silahkan Anda klik Check Now. Seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah ini.

klik check now

9. Kemudian, silahkan Anda ceklis di pilihan yang Anda inginkan. Atau Anda abaikan saja mengikuti pilihan dari sistem. Lalu, klik Start untuk memulai. Seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah ini.

scan

10. Selesai. Sekarang coba Anda buka lagi file yang bermasalah tadi. Tadaaa.. File Anda sudah berhasil dibuka.

Namun, terkadang ada bisa saja file Anda yang corrupt tersebut sudah dihapus paksa oleh sistem. Sehingga Anda tidak akan bisa lagi membukanya. Jika file Anda belum juga kembali setelah mengikuti langkah-langkah diatas, coba Anda restart terlebih dahulu PC atau laptop Anda tersebut. Lalu, ulangi lagi langkah-langkah diatas. Selamat mencoba!

Sekian artikel kali ini yang membahas tentang bagaimana caranya mengatasi “The File Or Directory Is Corrupted And Unreadable”. Semoga langkah-langkah yang ada di artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda. Dan semoga file Anda bisa kembali utuh seperti semula. Terimakasih 🙂

Leave a Reply

Send this to a friend