Berikut 2 Cara Mengunci BBM di Android, Cara Mana Yang Anda Suka?

Sebagai salah satu aplikasi chatting yang sangat populer hingga saat ini, BBM (BlackBerry Messenger ) banyak digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan penggunanya. Mulai dari berkomunikasi dengan orang lain, berbelanja, pembayaran sampai dengan bertukar dokumen dengan orang lain. Dengan begitu, akan banyak dokumen penting yang tersimpan pada aplikasi BBM ini yang tidak boleh diketahui oleh orang lain.

Keamanan merupakan suatu hal yang sangat diinginkan oleh setiap pengguna android. Mungkin Anda pernah mengalami kejadian seperti pembajakan atau penyalahgunaan aplikasi oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab. Dengan begitu, Anda perlu mengunci setiap aplikasi yang ada di smartphone. Namun sayangnya, aplikasi BBM tidak dilengkapi dengan fitur Lock (terkunci) agar orang lain tidak dapat mengakses aplikasi tersebut.

Walaupun demikian, Anda tidak perlu khawatir sebab kini sistem android telah dilengkapi dengan fitur “keamanan” untuk melindungi berbagai privasi penggunanya, termasuk penggunaan aplikasi didalamnya. Dengan dikuncinya aplikasi tersebut, maka orang lain tidak dapat mengakses aplikasi itu dengan mudah.

Cara Mengunci BBM di Android

Nah, dalam artikel kali ini akan dijelaskan 2 cara yang dapat Anda lakukan untuk mengunci BBM di android, yaitu dengan menggunakan aplikasi atau tanpa menggunakan aplikasi. Untuk itu, mari simak penjelasan cara mengunci BBM di Android berikut ini.

#1 Mengunci BBM Tanpa Menggunakan Aplikasi

Saat ini, setiap smartphone yang beredar di pasaran sudah menyediakan fitur yang memungkinkan penggunanya untuk meningkatkan keamanan sistem, termasuk keamanan aplikasi yang dipasang didalamnya. Berikut ini merupakan langkah-langkah untuk mengunci aplikasi BBM melalui pengaturan yang tersedia pada smartphone Vivo.

1. Pertama, silakan buka menu Settings atau Pengaturan yang terdapat di smartphone Anda.

Buka menu Setting

2. Kemudian, pilih Security atau Keamanan.

Tap pada Security

3. Tap pada Privacy and app encryption.

Pilih privacy and app encryption

4. Masukkan password baru yang akan digunakan untuk mengenkripsi atau mengunci aplikasi.

Masukkan password baru

5. Verifikasi kembali dengan memasukkan password yang sama dengan yang pertama Anda masukkan.

cara mengunci BBM di Android dengan mudah

6. Pilih dua pertanyaan sebagai opsi untuk lebih meningkatkan keamanan aplikasi pada smartphone Anda. Apabila telah selesai, silakan tekan Done.

Setting pertanyaan keamanan

7. Setelah itu, Anda dapat memilih aplikasi yang akan dikunci. Misalnya, disini kita akan mengunci aplikasi BBM. Caranya, Anda tinggal menggeser tombol hingga BBM dalam keadaan terkunci.

Pilih aplikasi BBM yang akan dikunci

Akhirnya, aplikasi BBM Anda sudah terkunci. Untuk mencobanya, silakan buka aplikasi BBM maka Anda diminta untuk memasukkan password yang telah Anda atur pertama kali.

#2 Mengunci BBM dengan Menggunakan Aplikasi

Dalam Google Play Store itu sendiri, telah menyediakan berbagai aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk mengunci aplikasi pada smartphone Anda. Salah satunya adalah AppLock.

1. Silakan download dan install aplikasi AppLock pada smartphone Anda terlebih dahulu.

Silakan install aplikasi AppLock

2. Buka aplikasi itu. Di halaman pertama, Anda diminta untuk menggambar pola yang akan digunakan untuk mengunci aplikasi (paling sedikit 4 titik yang dihubungkan).

cara mengunci BBM di Android untuk pemula

3. Masukkan kembali pola yang sama seperti sebelumnya.

Ulangi menggambar pola yang sama

4. Tentukan email Anda yang aktif untuk lebih meningkatkan keamanan aplikasi. Kemudian, tekan Save.

Security email Anda

5. Akan terlihat berbagai aplikasi yang terpasang pada smartphone, pilih aplikasi yang akan dikunci. Misalnya, BBM yang akan dikunci, maka tekan pada icon seperti gambar berikut.

Pilih aplikasi BBM

6. Untuk android versi 5.0 keatas, Anda harus mengizinkan sistem untuk dapat menggunakan aplikasi AppLock, tekan Permit.

cara mengunci BBM di Android

7. Aktifkan Allow access to the use record seperti dibawah ini.

Aktifkan allow access to use the record

8. Kemudian, tekan kembali icon kunci pada BBM untuk mengunci aplikasi BBM di smartphone Anda maka akan muncul notif yang menandakan bahwa aplikasi BBM telah terkunci.

cara mengunci BBM di Android

Aplikasi BBM yang terkunci dengan menggunakan cara kedua ini dapat dibuka dengan menggambarkan pola yang telah Anda atur diawal tadi.

Mudah, bukan cara mengunci BBM di Android? Anda tinggal memilih cara mana yang Anda suka. Kedua cara tersebut tidak hanya dapat digunakan untuk mengunci aplikasi BBM saja, melainkan berlaku pada semua aplikasi yang terpasang pada smartphone Anda.

Selain itu, dengan memberikan enkripsi pada aplikasi BBM, maka BBM Anda tidak dapat diakses oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Demikianlah artikel mengenai 2 cara untuk mengunci aplikasi BBM di android. Semoga artikel diatas dapat membantu Anda dan selamat mencoba.

Leave a Reply

Send this to a friend