Begini Cara Mention di Twitter dengan Sangat Mudah, Yuk Disimak!

Bagaimana cara mention di Twitter? Twitter merupakan aplikasi media sosial yang sudah ada bertahun-tahun yang lalu. Aplikasi mulai dikenalkan pada 15 Juli 2006 dan sampai sekarang masih tetap bertahan.

Meskipun sudah hadir beberapa aplikasi lainnya seperti Instagram dan Facebook, keberadaan Twitter tetap tidak bisa diabaikan. Para penggunanya pun juga masih banyak, bahkan artis dan pejabat pun masih tetap menggunakan Twitter.

Bagi sebagian orang, Twitter memang kalah populer jika dibandingkan dengan Instagram. Akan tetapi, dari Twitter inilah kita mengenal beberapa istilah seperti tag, hashtag, mention, dan lain sebagainya.

Meskipun istilah tersebut juga sekarang sudah digunakan di aplikasi lainnya, namun tetap saja yang menjadi pelopor istilah-istilah di atas adalah Twitter. Aplikasi Twitter juga memiliki beberapa fitur menarik yang membuat para penggunanya tetap menggunakan aplikasi ini.

Begini Cara Mention di Twitter

Berkaitan dengan mention, mungkin untuk pengguna baru masih belum tahu bagaimana cara mention di Twitter. Maka dari itu, anda bisa menyimak penjelasan yang kami berikan di bawah ini.

1. Masuk ke aplikasi Twitter pada HP anda. Kemudian silakan buat tweet baru dengan cara mengklik tombol yang dilingkari merah.

Cara Mention di Twitter - Nesabamedia 1

2. Untuk mention akun Twitter lain, anda cukup menggunakan simbol @nama-pengguna. Contohnya seperti gambar dibawah ini. Terakhir klik tombol Tweet.

Mention di Twitter - Nesabamedia 2

3. Tweet anda yang berisi mention ke akun lain pun berhasil dipublish.

Mention di Twitter - Nesabamedia 3

Fitur-Fitur Menarik di Twitter

Seperti yang sudah kami sebutkan bahwa Twitter memiliki beberapa fitur menarik yang membuat para penggunya betah menggunakan aplikasi ini. Hadirnya fitur-fitur Twitter yang menarik membuat percakapan yang terjadi bisa lebih posifit serta relasi antar pengguna bisa semakin erat dan sehat.

1. Thread 

Fitur menarik yang dimiliki oleh Twitter adalah thread. Fitur thread juga dinamakan fitur utas. Fungsi fitur ini adalah digunakan untuk berbagi cerita horor maupun pengalaman pribadi yang bertujuan untuk memberikan edukasi kepada audiens.

Fitur ini juga bisa digunakan untuk membuat sebuah rangkaian cuitan yang saling berhubungan antara satu dengan lainnya. Jika anda perhatikan,  Twitter telah memberikn kemudahan dalam menggunakan thread.

Anda bisa menambahkan tombol thread pada bagian komposer. Dengan begitu, pengguna bisa langsung mempublikasikan thread-nya dalam waktu yang bersamaan. Anda juga bisa membagikan utasan yang sudah dipublikasikan dengan menggunakan tombol “tambahkan tweet lain”.  Pengguna juga semakin dipermudah untuk menemukan utasan dengan adanya tombol “tunjukkan tweet ini”.

2. Tagar

Tagar atau yang lebih populer dengan istilah hashtag merupakan istilah yang sudah lama dimiliki oleh Twitter. Tagar (#) dapat digunakan untuk menghubungkan pengguna dengan komunitas dan juga untuk berbagi informasi dengan para pengguna yang lainnya. Biasanya, para pengguna Twitter Indonesia menggunakan fitur tagar ini untuk mengelompokkan percakapan, memancing, maupun mempopulerkan topik atau isu tertentu.

Hastag juga bisa digunakan untuk memberikan edukasi kepada publik seputar isu sosial dan juga kesadaran lingkungan. Fitur ini dapat digunakan juga untuk keperluan promosi produk dan masih banyak manfaat yang lainnya. Beberapa contoh hashtag yang ada di Twitter antara lain: #sakittakberdarah, #hutantanpaapi, #dipisahdirangkai, dan lain-lain.

3. Twitter Poll

Fitur yang tidak kalah keran yang dimiliki oleh Twitter adalah Twitter Poll. Fitur ini merupakan fitur jajak pendapat yang digunakan untuk menyaring aspirasi para followers terhadap apa yang dibahas. Dari fitur ini kita bisa tahu kira-kira seperti apa mayoritas pendapat followers terhadap seseorang, topik, atau isu-isu tertentu. Fitur ini terkadang juga dijadikan sebagai pembanding atau dua orang, seperti pemilihan Bupati, Walikota, atau bahkan Presiden.

Seperti itulah cara mention di Twitter dengan mudah. Mention adalah salah saatu fitur yang paling banyak digunakan oleh pengguna Twitter. Memang fitur mention ini sudah anda temukan di Instagram. Namun sebenarnya istilah mention ini lebih dulu populer di aplikasi Twitter. Dengan fitur ini, anda bisa menyebutkan seseorang agar mereka mendapatkan notifikasi tentang apa yang coba anda bagikan.

Leave a Reply

Send this to a friend