Cara Menonaktifkan Facebook Sementara Maupun Permanen

2 Cara Menonaktifkan Facebook Sementara / Permanen yang Terbukti Berhasil!

Seperti yang kita tahu bahwa facebook merupakan monster jejaring sosial yang sangat populer. Facebook memiliki jutaan pengguna aktif setiap harinya.

Dengan adanya jejaring sosial ini, orang-orang dapat saling terhubung satu sama lain, entah dengan kerabat mereka, teman lama mereka atau bahkan teman baru yang mereka kenal di facebook. Tidak hanya itu, dengan adanya facebook ini, kita juga bisa berjualan dan memasarkan produk yang kita miliki.

Jadi menonaktifkan akun facebook merupakan hal yang perlu anda pikirkan matang-matang. Dengan menonaktifkan akun facebook, anda tidak bisa berinteraksi lagi dengan orang-orang yang ada di facebook atau menikmati berbagai manfaat positif di dalamnya seperti mudahnya menghubungi seseorang, mencari teman lama, memasarkan produk dan lain sebagainya.

Cara Menonaktifkan Facebook Sementara / Permanen

Melalui artikel berikut ini, saya akan menjelaskan bagaimana cara menonaktifkan facebook sementara maupun permanen.

Untuk yang menonatifkan secara sementara, profil facebook anda akan disembunyikan tetapi anda bisa dengan mudah mengaktifkannya kembali selama anda masih ingat email dan password anda.

Sedangkan untuk yang permanen, jika anda tidak login selama 14 hari lebih, maka profil dan semua data anda di facebook baik foto, status dan lain sebagainya akan dihapus selamanya dan anda tidak bisa diaktifkan kembali. Jadi silakan anda pertimbangkan, mau yang sementara atau permanen.

1. Cara Menonaktifkan Facebook di HP

Bagi anda pengguna HP, anda dapat menonaktifkan akun Facebook langsung melalui browser di HP anda dengan mudah. Untuk langkah-langkahnya bisa anda simak dibawah ini:

  1. Terlebih dahulu anda harus login ke akun Facebook anda melalui browser (gunakan Chrome saja). Kemudian klik Menu (ikon garis tiga) seperti yang ditunjuk tanda panah.
    cara menonaktifkan facebook
  2. Setelah itu, scroll sedikit kebawah kemudian pilih Pengaturan.
    menonaktifkan akun facebook 2
  3. Selanjutnya scroll lagi kebawah, pada Informasi Facebook Anda, silakan pilih Kepemilikan dan Kontrol Akun.
    cara menonaktifkan facebook
  4. Langkah selanjutnya pilih Penonaktifan dan Penghapusan.
    menonaktifkan akun facebook 4
  5. Akan ada 2 opsi yang tersedia, yakni menghapus akun Facebook sementara (Nonaktifkan Akun) atau permanen (Hapus Akun), silakan pilih yang sesuai dengan keinginan anda. Sebagai contoh, saya ingin menghapus akun Facebook secara permanen, jadi pilih Hapus Akun. Kemudian klik Lanjutkan ke Penghapusan Akun.
    cara menonaktifkan facebook di facebook
  6. Jika anda memutuskan untuk menghapus akun Facebook secara permanen, maka semua data / file anda baik itu foto, video maupun postingan anda selama menggunakan Facebook akan dihapus. Bahkan akun Facebook yang terhubung di Messenger juga akan dihapus.
  7. Jika anda siap menerima konsekuensinya, maka scroll sedikit kebawah dan klik Hapus Akun.
    menonaktifkan akun facebook 6
  8. Untuk memastikan bahwa yang melakukan penghapusan akun Facebook ini adalah sang pemilik Facebook yakni anda, maka silakan masukkan password Facebook anda. Selanjutnya klik Lanjutkan.
    menonaktifkan akun facebook 7
  9. Langkah selanjutnya klik Hapus Akun.
    menonaktifkan akun facebook 8
  10. Berhasil! Akun Facebook anda sudah berhasil dihapus secara permanen. Pastikan anda tidak login dalam kurun waktu 14 hari, karena jika anda login kembali, maka penghapusan akun Facebook anda akan dibatalkan.
    menonaktifkan akun facebook 9

2. Cara Menonaktifkan Facebook di Laptop / PC

Anda dapat menonaktifkan akun Facebook anda dengan mudah langsung melalui laptop / komputer anda. Selengkapnya bisa anda simak dibawah ini:

A. Menonaktifkan Facebook Sementara

  1. Terlebih dahulu silakan anda login ke facebook kemudian pilih Pengaturan.
    cara menonaktifkan facebook
  2. Anda akan dibawa ke pengaturan Umum akun anda. Kemudian pilih Sunting pada kolom Kelola Akun.
    pengaturan Umum akun
  3. Selanjutnya pilih Nonaktifkan akun Anda seperti yang telah saya lingkari merah.
    alasan kenapa anda ingin menonaktifkan akun facebook anda
  4. Anda akan melihat form seperti gambar dibawah ini, silakan pilih salah satu alasan mengapa anda memutuskan untuk keluar dari facebook. Sebagai contoh, saya memilih Lainnnya, jelaskan lebih lanjut:. Isi alasan utama anda mengapa ingin menonaktifkan akun facebook anda seperti contoh dibawah. Setelah itu, centang opsi Tolak Email agar anda tidak lagi menerima email pemberitahuan dari facebook. Selanjutnya pilih Tutup.cara menonaktifkan akun facebook sementara
  5. Jika anda mendapatkan notifikasi seperti ini, pilih Nonaktifkan Sekarang.
    Pilih Nonaktifkan sekarang
  6. Akun facebook anda berhasil dinonaktifkan. Jika suatu saat nanti anda ‘berubah pikiran’ dan ingin menggunakan facebook kembali, tinggal login di facebook seperti biasanya (dengan memasukkan email dan password anda).
    akun facebook berhasil dinonaktifkan

B. Cara menonaktifkan facebook permanen

  1. Pertama-tama login ke facebook anda kemudian kunjungi link berikut ini.
  2. Kemudian pilih Hapus Akun Saya.
    menonaktifkan akun facebook permanen
  3. Anda akan dihadapkan pada halaman sebagai berikut. Masukkan kata sandi anda beserta kode captcha yang telah disediakan, selanjutnya pilih OK.
    cara menonaktifkan facebook sementara dan permanen
  4. Akun facebook anda berhasil dinonaktifkan/ dihapus secara permanen. Semua data anda, baik foto, status, video dan lain sebagainya akan dihapus. Facebook masih memberikan waktu bagi anda selama 14 hari untuk membatalkan permintaan penghapusan akun anda. Dan jika selama 14 hari anda tidak login facebook, akun facebook anda akan dihapus selamanya dan tidak bisa dikembalikan.
    Akun facebook berhasil dinonaktifkan permanen

Itulah cara menonaktifkan facebook, baik sementara maupun permanen. Sepertinya yang sudah saya bilang sebelumnya, pikirkan ulang untuk menghapus akun facebook anda, karena facebook ini memiliki banyak manfaat yang mungkin ‘belum’ anda rasakan. Meskipun begitu, apapun keputusan anda, saya akan hargai itu.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

26 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Fcknerd
Fcknerd
4 years ago

Akun saya dinonaktifkan oleh musuh saya, krmudian saya sudah berkali kali mengajukan banding ke pihak facebook namun tidak berhasil. Maka saya berniat untuk menghapus akun saya tanpa log in ke akun saya. Apakah bisa? Tolong ya karena ini sangat mendesak

Menit info
Menit info
4 years ago

Informasinya sangan membantu min, soalnya sekarang ini facebook lagi rawan data pribadinya kena H*ck jadi ingin coba nonaktifkan dulu .

Puput
Puput
4 years ago

Maaf ni mau tnya,klu email dan sandi ny sudah di ganti dengan si pembajak,gi mna ya cara nya agar bisa di nonaktivkan kembali,biar akun yang sudah di bajak tidak lagi muncul di dunia maya?

Fauziah
Fauziah
4 years ago

Kalau di nonaktifkan sementara orang lain masih bisa melihat facebook kita kah? Atau macam kaya Instagram gitu?

Evifitt
Evifitt
4 years ago

Apa nanti kalo sudah nonaktif segala yg ada di fb hilang termasuk foto yang ada?

baizawi
baizawi
4 years ago

misal kalau kita ‘menonaktifkan fb sementara’ kemudian jika kita tidak login setelah 14 hari, apakah fb masih bisa diakses kembali?
limit 14hari itu berlaku untuk yang mana?
yang ‘menonaktifkan fb sementara’ atau ‘menghapus fb’ ?
atau malah untuk keduanya?

Tyas
Tyas
4 years ago

Saya tutup akun sementara yg tulisan akan aktif otomatis setelah 7 hari tak klik
Tp belum 7 hari saya udah coba aktifin g jadi
Laporannya anda menggunakan kata sandi yg dulu, masukan kata sandi yg sekarang
Itu gimana y??
Apa karna belum 7 hari

yang ingin tau
yang ingin tau
3 years ago

apakah jika kita hapus facebook deplovers
aplikasi yang terkait seperti game, IG dan lain2
akan hilang semua (delet)