5 Fakta Terselubung Internet yang Jarang Sekali Diketahui Banyak Orang

Zaman sekarang siapa yang tidak mengetahui yang namanya Internet ? semua orang pasti tahu, bahkan orang yang tinggal dipelosok negeri pun sudah bisa merasakan yang namanya Internet.

Internet adalah topik yang cukup menarik untuk di bahas. Karena didalamnya kita dapat menemukan fakta yang terselubung dan tak pernah kita sangka-sangka. Fakta apa sajakah itu ?

1. Gmail

Gmail

Image : TechPP

Internet sangat berhubungan sekali dengan Gmail. Surat elektronik yang satu ini memiliki sejarah yang cukup unik dan mungkin tidak pernah kamu sangka. Gmail dahulunya adalah situs dari kartun kucing oranye terkenal yang memiliki sifat pemalas yaitu Garfield.

Paws Inc, studio kartun milik kreator karakter kucing tambun Garfield, Jim Davis menggunakan Gmail untuk mengirim aneka komik-komik strip Garfield ke para pembacanya. Namun dikutip dari Gizmodo, walau layanan pesan yang dimiliki Jim Davis ini ditulis dengan G-mail, tetapi domain yang digunakan adalah gmail.garfield.com, bukan gmail.com.

Kecurigaan bahwa Google membeli domain bekas Garfield tersebut lalu mejadikannya layanan pesan digitalnya pun terbantahkan. Tetapi dahulunya Gmail memang identic dengan nama Garfield, bukan Google. Dan semakin bertambahnya waktu, pamor Garfield menurun dan pamor Google semakin menanjak naik. Sehingga sampai sekarang Gmail diidentikkan dengan Google, bukan Garfield lagi.

2. Pengguna Internet Dunia saat Ini

Pengguna Internet

Image : Merdeka.com

Semakin bertambahnya hari semakin canggihlah teknologi yang dibuat oleh para developer-developer IT dunia. Karena semakin canggih teknologi saat ini, beberapa manusia tidak bisa menahan untuk tidak menggunakan Internet dalam sehari saja.

Menurut survey yang telah dilakukan beberapa website, bahkan lebih banyak orang yang rela ketinggalan dompet daripada ketinggalan smartphonenya. Itu menunjukkan teknologi sangat membantu masyarakat karena dengan smartphone kita dapat melakukan banyak hal dan menghubungi orang yang berada jauh dari kita.

Jumlah pengguna internet di seluruh dunia kian meningkat drastis. Menurut data  yang dirilis We Are Social per Agustus 2017, jumlah pengguna internet global menyentuh angka 3,8 miliar dengan penetrasi 51 persen dari total populasi di dunia. Dan pada tahun 2018, pengguna internet mencapai 4,02 milliar serta ada lebih dari 1,24 miliar situs web di seluruh dunia.

Pertumbuhan pengguna Internet ini didukung dari pengguna Facebook. Diketahui, jumlah pengguna aktif media sosial yang identik dengan warna biru itu kini mencapai lebih dari 2 miliar, di mana 87 persennya mengakses dari perangkat mobile.

Tak cuma itu, laporan juga memuat data di mana 59 persen pengguna Facebook memakainya setiap hari. 44 persen di antaranya adalah pengguna wanita, sedangkan 56 persen merupakan pengguna pria. Banyak sekali bukan ?

3. Dark Net

darknet

Image : TheWindowsClub

Dark net merupakan salah satu tempat di Internet yang tanpa aturan. Tidak ada jaminan keamanan mengenai apa yang kamu beli atau download. Tingkat penipuan di Dark net sangatlah tinggi.

Dark net juga sering di sebut dengan jalan gelap Internet. Untuk menemukan jalur ini bukan saja diperlukan pengetahuan mengenai teknologi internet, namun juga harus terjun mengeksplorasi cara-cara yang ingin ditempuh di jalur ini. Karena dalam Darknet tidak terdapat Google atau mesin pencari lain.

Di sana hanya ada semacam katalog, yang bahkan tidak memuat semua halaman yang ada. Dan memang jalur seperti inilah yang diinginkan perancang Darknet: jalur yang terutama menawarkan anonimitas.

Perbedaan besar antara internet biasa dan Darknet adalah, Darknet bergerak secara lokal dan benar-benar anonim. Artinya, pada dasarnya kedua jaringan ini memiliki struktur yang sangat berbeda. Di internet biasanya diatur secara terpusat.

Misalnya, untuk memanfaatkan Facebook, user diharuskan untuk login ke sistem. Dan user lain, yang ingin melihat informasi di Facebook, juga harus login terlebih dahulu. Dalam hal ini, server milik Facebook lah yang menjadi titik fokus, karena semua data yang ditinggalkan user disimpan. Dengan begitu maka kamu harus berhati-hati dengan Dark Net.

4. Penyebaran Virus Jahat

ransomware

Image ; Spasikamu

Bukan virus jahat yang mematikan manusia, tetapi virus yang dapat mematikan PC maupun perangkat yang digunakan ketika menelelusuri Internet. Pada Mei 2017 lalu, Kominfo Indonesia menghimbau seluruh rakyat Indonesia untuk waspada terhadap serangan virus ransomware wannacry.

Penularan virus diketahui melalui penyebaran file atachment email dan link ke situs malware. Ransomware mengenkripsi data di komputer dan menggunakan kunci enkripsi yang hanya diketahui penyerang. Apabila tebusannya tidak dibayar, maka seringkali data dihapus secara permanen.

Ketika virus ransomware telah mengambil alih computer, maka para penyerang akan terang-terangan meminta yang ia butuhkan. Biasanya, mereka mengubah wallpaper computer dan memberi instruksi spesifik yang menginformasikan kepada pengguna cara membayar tebusan untuk memperoleh kembali akses ke file-file mereka.

Ini membuat pengguna Internet pada bulan Mei tahun lalu sangat berhati-hati dan puasa untuk menggunakan Internet dalam jeda waktu beberapa hari sampai virus tersebut tidak mengancam seluruh masyarakat lagi. Maka dari itu, kita sebagai pengguna internet harus lebih hati-hati dan memperhatikan dengan benar apa yang kita isi dan kirim ke Internet.

5. OnlineShop dilarang sebelum tahun 1992

OnlineShop

Image ; BloggerAgusTutorial

OnlineShop saat ini sudah di kategorikan sebagai lifestyle pada sebahagian masyarakat. Maraknya OnlineShop juga mampu membantu masyarakat untuk memilih barang yang sulit didapatkan di daerahnya dan dengan menggunakan OnlineShop akhirnya masyarakat dapat membeli barang yang ia inginkan dengan harga yang terjangkau, bahkan dengan potongan ongkos kirim yang berlaku jika membeli barang dengan ketentuan berlaku sesuai (OnlineShop yang dipilih).

Tidak sebebas sekarang, pada tahun sebelum 1992, masyarakat tidak bisa menikmati OnlineShop seperti sekarang ini. Kongres Amerika baru menyetujui Scientific Advanced Technology Act di tahun 1992 yang memungkinkan orang-orang melakukan perdagangan di internet. Betapa beruntungnya kita dapat menikmati OnlineShop seperti sekarang ini.

Itulah dia 5 fakta terselubung dari Internet yang mungkin kamu belum tahu. Beberapa masyarakat sangat terbantu dengan adanya Internet seperti saat ini. Tetapi disamping itu semua, kita harus lebih berhati-hati lagi dalam menggunakan Internet.

Leave a Reply

Send this to a friend