karangan

10+ Contoh Karangan Deskripsi Tentang Orang, Benda dan Alam

Ada bangak sekali jenis teks yang biasa kita jumpai, contohnya yaitu seperti teks prosedur, narasi, laporan, eksposisi dan juga deskripsi. Segala jenis teks itu juga mempunyai beberapa ciri-ciri, fungsi, kaidah penulisan dan juga cara membuat yang berbeda-beda.

Begitu juga yang ada di teks deskripsi, pada teks tersebut biasanya digunakan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan sesuatu hal. Dan teks ini juga dapat membuat para pembaca bisa masuk kedalam suasana yang sudah diceritakan pada teks deskripsi tersebut.

Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai contoh karangan deskripsi dalam berbagai tema. Dan berikut adalah beberapa contoh karangan deskripsi dalam berbagai tema.

Kumpulan Contoh Karangan Deskripsi

Teks deskripsi adalah salah satu jenis teks yang didalamnya terdapat beebrapa paragraf, dan didalam paragraf tersebut menjelaskan mengenai seuatu objek, kejadian, tempat dan lain hal dengan sangat detail. Pada teks deskripsi dibedakan menjadi 3 jenis, yakni deskripsi spatial, deskripsi subyektif, dan deskripsi objektif.

Nah, berikut adalah beberapa contoh dari karangan deskripsi :

1. Contoh Karangan Deskripsi Gaun

Contoh Karangan Deskripsi Gaun

Hari ini adalah harus ulang tahun Resya. Resya adalah teman sebangkuku di sekolah. Malam ini Resya mengenakan gaun yang berwarna merah muda, karena warna tersebut adalah warna kesukaannya. Gaun yang ia pakai sangat indah sekali dan sangat cocok ditubuhnya.

Gaun merah muda tersebut memiliki hiasan bunga yang unik di bagian dada dan juga roknya. Model kerah pada gaun merah mudah tersebut adalah V-neck yang dapat membuat anggun saat dipakai. Panjang lengan pada gaun itu juga hanya sampai pada bahu saja.

2. Contoh Karangan Deskripsi Pantai

pantai

Liburan semester kali ini aku pergi mengunjungi rumah nenekku di Banda Aceh. Saudara-saudaraku yang berada di Aceh senang sekali dan mengajakku untuk mengunjungi salah satu pantai yang ada di sana. Aku mengunjungi pantai Lampuuk di Aceh Besar. Pantai tersebut berada di sekitar 20 km dari kota Banda Aceh, sehingga dapat memudahkan kita untuk datang kesana.

Pantai Lampuuk ini sangatlah indah, dengan hamparan pasir putih yang sangat luas. Banyak sekali masyarakat yang berdatangan ke pantai ini untuk liburan dan berenang. Tidak hanya itu, kita dapat menyewa pondok yang ada dipinggir pantai dan menikmati berbagai hidangan laut seperti ikan bakar dan juga dapat menikmati es kelapa muda.

Di pantai Lampuuk juga terdapat tebing tinggi yang menjadi salah satu spot foto terfavorit bagi para wisatawan. Karena pada tebing tersebut memiliki nilai estetik tersendiri. Ombak-ombak yang menghantam pesisir pantai juga sangatlah indah dan sangat cocok sekali untuk orang yang hobi berselancar di tengah laut.

Tidak hanya itu, di pantai Lampuuk kita juga dapat melihat penyu-penyu yang sengaja di selamatkan oleh penduduk setempat. Penyu-penyu tersebut dikonservasi dan dirawat dan jika mereka sudah bisa bertahan hidup dilautan, maka mereka akan dilepas ke laut.

3. Contoh Karangan Deskripsi Pegunungan

Contoh Karangan Deskripsi Pegunungan

Gunung Bromo adalah gunung merapi yang masih aktif hingga sekarang yang terletak di Jawa Timur. Dan gunung ini juga mempunyai ketinggian sekitar 2.329 m diatas permukaan laut. Pemandangan pada gunung Bromo juga mampu membuat para pengunjung merasa terkesan, karena disekitar kawasan kawah sangat terlihat gersang serta dipenuhi dengan debu vulkanik. Oleh karena itu, gunung ini dapat membawa imajinasi kita menjadi ke kehidupan prasejarah.

Dan pada saat fajar muncul dan matahari tenggelam merupakan hal paling favorit bagi para pengunjung. Karena dari gunung Bromo kita dapat menikmati sunrise dan juga sunset yang sangat indah. Untuk bisa sampai ke puncak gunung Bromo kita dapat mengendarai mobil Jeep yang disewakan di sekitaran gunung Bromo.

Dengan  adanya lautan pasir yang membentang sepanjang perjalanan di gunung Bromo, tidak akan membuat kita merasa jenuh ketika mendaki gunung tersebut. Dan pengunjung juga dapat menikmati pemandangan indah kawah gunung Bromo yang mengeluarkan asap tebal berwarna putih.

4. Contoh Karangan Deskripsi Air Terjun

Air terjun adalah suatu formasi geologi dari air yang terus mengalir dari suatu formasi buatan dan mengalami berbagai macam erosi dan akhirnya jatuh dari ketinggian. Dengan kata lain, air terjun adalah formasi aliran air yang akhirnya jatuh daru ketinggian dan diakibatkan dari lintasan airnya yang seperti itu.

Wisata air terjun yang terkenal yaitu air terjun sri gethuk. Air terjun ini terletak di Gunung Kidul provinsi Yogyakarta. Disepanjang perjalanan kita dapat menikmati pemandangan tebing kapur dari kanan dan kiri serta pepohonan yang sangat rimbun.

Air terjun ini juga mempunyai tiga sumber mata air, yakni Dong Poh, Ngandong dan Ngumbul. Ketiga dari mata air tersebut akan berkumpul serta mengalir dari tebing tinggi sampai akan membentuk suatu air terjun yang dinamakan dengan Sri Gethuk. Tinggi dari air terjun ini yaitu sekitar 25 m.

5. Contoh Karangan Deskripsi Handphone

Sonya kemarin berulang tahun dan ia dihadiahi smartphone canggih oleh Ayahnya. Smartphone tersebut bermerk Samsung, dengan tipe Samsung Galaxy A71. Ukuran layar dari handphone Sonya yaitu sebesar 6,7 inch, dengan resolusi super Amoled.

Sistem operasi pada handphone tersebut juga sudah mendukung sistem Android terbaru yaitu Android 10. Besar RAM dari handphone tersebut adalah 8 GB dan penyimpanannya sebesar 128 GB. Dengan menggunakan handphone tersebut, Sonya tidak perlu lagi kehabisan baterai diperjalanan karena battery pada merk tersebut sebesar 4.200 mAH.

6. Contoh Karangan Deskripsi Hewan

Andi sangat menyukai hewan koala, kemarin ia pergi ke kebun binatang bersama keluarganya. Dan ia sangat gembira melihat koala yang sedang tidur di ranting pohon. Koala tersebut tidur meringkuk sambil memeluk dahan pohon didepannya.

Dengan ukurannya yang kecil membuat koala tersebut sangat menggemaskan. Dan bulu berwarna abu-abunya menyelimuti tubuhnya yang kecil tersebut. Ketika koala tersebut terbangun, kedua matanya yang bulat dan berwarna oranye tersebut terbuka sangat lebar.

7. Contoh Karangan Deskripsi Laptop

Kakakku sekarang sudah memasuki kelas 1 SMA, dan ia dibelikan ayah sebuah laptop. Tipe laptop yang dibelikan ayah untuk kakaku ialah Asus VivoBook Ultra A412. Tampilan laptop tersebut sangatlah trendi karena memiliki warna biru yang tidak terlalu menyala. Ukuran layarnya pun juga tidak terlalu besar yaitu sebesar 14 inch.

Processor laptop tersebut juga lumayan tinggi yaitu Intel Core i5 dengan RAM sebesar 4 GM dan besar SSD sebesar 512 GB. Lapto ptersebut juga sudah mendukung bluetooth, HDMI, Camera, Microphone, USB 2.0, Speakers, USB Typw C, USB 3.0, Card Reader, dan USB 3.1.

8. Contoh Karangan Deskripsi Orang

Contoh Karangan Deskripsi Orang

Kim Jongin atau biasa dikenal dengan Kai adlaah seorang anggota dari grup boyband EXO  yang berasal dari Korea Selatan. Ia lahir di Suncheon pada tanggal 14 Januari 1994. Ia sangat dikenal dengan kepiawaiannya dalam hal menari, dan ia menari sejak usia 8 tahun. Ia mempelajari tarian jazz sampai dengan tarian ballet.

Kai memiliki wajah yang khas sehingga setiap orang dapat mengenalinya secara cepat. Ia memiliki garis alis yang sangat tegas dan matanya dapat memancarkan aura yang baik ketika ia menari diatas panggung. Tubuhnya sangat lentur ketika menari dan membuatnya menjadi penari paling baik didalam grupnya.

9. Contoh Karangan Deskripsi Rumah

rumah

Ayu baru saja pindah rumah ke komplek sebelah rumahku. Rumahnya lumayan besar dan memiliki halaman yang cukup luas. Cat rumah Ayu yang baru yaitu berwarna abu-abu dan krem. Rumahnya juga memiliki dua lantai, didalamnya terdapat 4 kamar yaitu dua kamar diatas dan 2 kamar dibawah. Dekorasi rumahnya juga sangat keren.

Tak jauh dari rumahnya terdapat musholla komplek yang lumayan besar. Dan tepat didepan rumah Ayu adalah rumah Andi.

10. Contoh Karangan Deskripsi Mainan

bus tayo

Adikku membeli mainan dipasar bersama Ibu. Ia membeli sebuah mainan berbentuk bus yang berwarna biru. Mainan tersebut mirip seperti tokoh kartun di televisi, yaitu Tayo. Ukuran mainan tersebut tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil.

Untuk dapat menyalakan mainan tersebut, harus dipasang dua baterai dibagian bawahnya. Dengan begitu, maka mainan tersebut dapat berjalan dan memunculkan tema lagu dari kartun Tayo.

Demikianlah 10 contoh karangan deskripsi, semoga artikel kali ini dapat menjadi referensi Anda dalam membuat karangan deskripsi.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments