Contoh Karangan Laporan

Contoh Karangan Laporan yang Baik dan Benar (Mudah Dipahami)

Pernahkah Anda membuat sebuah laporan? Jika sudah, maka laporan apa yang Anda buat? Disekolah, pasti kita pernah membuat sebuah laporan, baik itu laporak praktikum maupun laporan tugas yang lainnya. Laporan merupakan sebuah bentuk dari pertanggungjawaban atas sesuatu yang sudah kita perbuat dan kemudian disusun berdasarkan dari data-data yang objektif.

Laporan biasanya disusun dan kemudian dibuat menjadi sebuah karangan yang tersusun rapi, sehingga orang dengan nyaman untuk membacanya. Didalam laporan tersebut tertulis segala informasi mengenai seuatu yang sudah berhasil kita buat.

Nah, pada artikel kali ini, saya akan menjelaskan mengenai karangan laporan beserta dengan conroh-contohnya. Berikut adalah contoh karangan Laporan.

Contoh Karangan Laporan

Contoh Karangan Laporan

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, laporan merupakan sebuah bentuk dari pertanggungjawaban atas sesuatu yang sudah kita perbuat dan kemudian disusun berdasarkan dari data-data yang objektif. Begitu juga dengan karangan laporan, kita dapat membuat karangan laporan berdasarkan dari data-data yang sudah kita dapatkan.

Dan dibawah ini adalah contoh dari karangan Laporan :

LAPORAN LAWATAN KE KEBUN BINATANG MEDAN

            Pada program pendidikan di sekolah SMA Negeri 1 Bahorok sudah mengadakan satu lawatan atau kunjungan sembari belajar ke Kebun Binatang Medan. Lawatan tersebut dijalankan bersamaan dengan beberapa sekolah, contohnya yaitu SMA Negeri 2 Bahorok, SMA Negeri 3 Bahorok dan SMA Swasta Bahorok. Dan lawatan tersebut sudah diselenggarakan pada tanggal 11 Maret 2020 di hari Rabu. Lawatan ini juga sudah diikuti oleh siswa SMA Negeri 1 Bahorok yang berjumlah 32 orang, 11 orang Guru, dan 5 orang Staff pembantu pengurusan murid-murid.

Murid-murid dari SMA Negeri 1 Bahorok beserta para guru dan staff pembantu pengawasan murid sudah berkumpul di lapangan SMA Negeri 1 Bahorok pada pukul 6.00 pagi. Pada lawatan ini para peserta yang ikut melaksanakan lawatan ini menggunakan 2 bus pariwisata dan berangkat pada pukul 6.30 pagi. Selanjutnya, kami bergerak menuju kota Binjai dan pada pukul 7.30 pagi, para guru dan staff pengurus murid memberikan makanan kepada para murid untuk sarapan pagi. Tepat pada pukul 8.00 pagi, rombongan kami sudah masuk ke kota medan selama perjalanan satu setengah jam dari Bahorok. Dan disepanjang perjalanan, murid-murid merasa senang karena sudah mendengarkan penjelasan tentang nama bangunan yang terdapat di sepanjang perjalanan ke Kebun Binatang Medan.

Tepat pada pukul 9.00 pagi, kami sudah sampai di Kebun Binatang Medan. Para peserta pun mengantre untuk bergilir masuk kedalam Kebun Binatang Medan, dan seorang staff pengurusan murid pun memberikan tiket tersebut kepada penjaga loket Kebun Binatang Medan. Dengan satu per-satu murid-murid pun memasuki Kebun Binatang Medan, dan mulai membuat 5 barisan agar lebih mudah untuk diatur. Beberapa Guru yang ikut acara lawatan ini pun menyampaikan beberapa prosedur dan apa yang harus dilakukan oleh para murid-murid pada saat mendengarkan penjelasan dari instruktur.

Dan pada pukul 9.30 pagi, para murid dipersilahkan untuk mengambil alat tulis berupa notes dan pena. Hal itu berguna agar para murid tersebut mencatat beberapa hal yang penting dan perlu dicatat pada saat instruktur memberikan penjelasan mengenai seekor hewan yang berada didepan mereka. Para murid akan mendengarkan penjelasan demi penjelasan dari instruktur yang menjelaskan mengenai hewan-hewan apa saja yang ada di Kebun Binatang Medan. Dan murid-murid tersebut mencatat hal-hal yang penting mengenai hewan tersebut di buku notes mereka.

Ada banyak sekali hewan-hewan yang ada di Kebun Binatang Medan, beberapa diantara hewan-hewan tersebut adalah hewan langka yang jarang sekali kita temui di hutan. Berbagai jenis hewan juga ada di Kebun Binatang Medan ini yaitu seperti 26 jenis dari spesies burung, 16 jenis spesies mamalia dan 6 jenis spesies reptil. Agenda tersebut berlangsung dalam waktu 1 jam. Pada pukul 10.30, instruktur memberikan waktu istirahat kepada para peserta selama 30 menit, para peserta diperbolehkan untuk membeli minuman atau jajanan yang ada dikantin Kebun Binatang Medan. Tetapi yang harus dan perlu diperhatikan yaitu sampah dari makanan dan minuman tersebut harus dibuang ke tempat sampah.

Setelah 30 menit waktu istirahat berlalu yaitu tepat pada pukul 11.00, instruktur memberikan perintah kepada ketua peserta SMA Negeri 1 Bahorok untuk mengumpulkan peserta kembali agar dapat mengikuti agenda selanjutnya. Dan para peserta harus mengeluarkan buku notes dan pena mereka kembali untuk mencatat apa saja yang penting dari penjelasan instruktur tersebut.

Instruktur pun mulai menjelaskan mengenai hewan yang ada di Kebun Binatang tersebut, mulai dari makanannya, kebiasaannya, keunikannya dan lain sebagainya. Penjelasan tersebut diakhiri dalam waktu 1 jam, yaitu pada pukul tepat jam 12.00 siang. Dan pada saat itu juga instruktur memberikan wewenang kepada ketua peserta untuk memberikan waktu istirahat kembali kepada para peserta. Dan murid-murid tersebut diarahkan oleh para Guru dan staff pengurusan murid untuk makan siang di pondok yang ada di Kebun Binatang Medan tersebut. Dan setelah makan siang, para murid dipersilahkan untuk melakukan ibadah sholat  Dzuhur yang didampingi oleh staff pengurus murid. Ibadah sholat dilaksanakan di masjid yang berada tidak jauh dari Kebun Binatang Medan.

Kemudian, setelah sholat selesai para peserta kembali berkumpul di Kebun Binatang Medan. Pada pukul 01.00 siang, para peserta dipersilahkan untuk melihat-lihat kembali hewan-hewan yang ada disana. Murid-murid tersebut juga diperbolehkan untuk mengambil foto bersama hewan yang ada di Kebun Binatang Medan, tetapi harus berada di jarak yang tidak membahayakan para murid. Para murid tersebut juga dibebaskan untuk melakukan hal tersebut dalam waktu 2 jam, mereka juga diperbolehkan untuk membeli makanan dan minuman yang ada di kantin Kebun Binatang Medan tersebut. Dan pada pukul 03.00 sore, para murid kembali dikumpulkan untuk ditinjau apa saja yang mereka ketahui mengenai hewan-hewan yang ada di Kebun Binatang Medan tersebut. Para Guru juga memberikan kuis mendadak kepada para murid pada saat itu, dan siapa yang berhasil menjawab akan mendapatkan sejumlah poin. Dimana poin tersebut berguna untuk bisa menambahkan nilai Biologi mereka.

Sembari memberikan beberapa pertanyaan kuis, Guru juga akan memberikan kesempatan kepada para murid untuk bertanya. Para murid tersbeut diperbolehkan untuk bertanya tentang apa yang mereka tidak ketahui mengenai hewan-hewan tersebut. Setelah sharing ilmu pengetahuan tersebut selesai pada pukul 04.00 sore, murid-murid tersebut juga dipersilahkan untuk melakukan ibadah sholat Ashar dimasjid yang tidak jauh dari lokasi Kebun Binatang Medan.

Kemudian, pada pukul 04.30 murid-murid tersebut dikumpulkan kembali di depan Kebun Binatang Medan untuk segera memasuki bus dan pulang ke Bahorok. Pada pukul 05.00 sore, akhirnya rombongan kami berangkat untuk pulang kembali ke Bahorok. Pada perjalanan pulang menghabiskan waktu selama 2 jam, dan tepat pukul 07.00 malam, kami sampai di SMA Negeri 1 Bahorok. Paa program lawatan ini, banyak sekali yang kami dapatkan dan para murid merasakan kesenangan yang luar biasa ketika melihat hewan yang jarang mereka lihat atau hanya bisa mereka lihat di televisi ini saja.

Dan pada program ini, para murid banyak belajar dalam menghargai waktu, dengan begitu murid akan lebih efektif dalam memanfaatkan waktu mereka.

 

Ditulis oleh,

 

——————————

Sri Mulyani

(Guru SMA Negeri 1 Bahorok)

Demikianlah contoh dari karangan laporan, semoga contoh diatas dapat menjadi referensi untuk Anda yang ingin membuat sebuah karangan laporan.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend