• Our Partners:

10 Contoh Laporan Kegiatan Sekolah, Pelatihan, Seminar dan Lain-lain

Setiap kegiatan tentu akan membutuhkan sebuah laporan untuk menginformasikan terkait terselenggaranya suatu kegiatan yang dilakukan tersebut.

Sehingga kebutuhan akan pembuatan laporan menjadi salah satu hal yang penting dilakukan jika telah melaksanakan suatu kegiatan. Tidak hanya itu saja, laporan kegiatan juga bisa dijadikan sebagai bukti fisik bahwa kegiatan telah diikuti dengan baik dan sesuai dengan rencana.

Pada kasus nyata, jenis laporan tidak hanya yang ditemui pada sekolah saja, melainkan banyak jenis laporan yang ada. Berikut merupakan beberapa contoh laporan kegiatan yang sering dibutuhkan:

1. Contoh Laporan Kegiatan Sekolah

Sekolah menjadi salah satu tempat belajar siswa yang memiliki berbagai macam kegiatan didalamnya. Sehingga setiap kegiatan yang diselenggarakan tentunya harus memiliki laporan kegiatan setelah acara diselenggarakan.

Laporan kegiatan ini berguna untuk melaporkan bagaimana hasil dari kegiatan yang telah diselenggarakan. Sehingga pihak-pihak yang terlibat dapat mengetahui bagaimana rincian dana yang digunakan, acara yang diselenggarakan, dan lain sebagainya. Hal-hal tersebut akan dijelaskan secara rinci dan detil dalam laporan kegiatan sekolah. Berikut merupakan contoh dari laporan kegiatan sekolah:

Contoh Laporan Kegiatan Sekolah

Dengan adanya laporan kegiatan sekolah ini, dapat dijadikan masukan dan saran untuk menyelenggarakan kegiatan yang lebih baik. Sehingga setiap evaluasi yang ada bisa dijadikan bahan pelajaran untuk kedepannya. Oleh karena itulah laporan kegiatan sekolah harus dibuat setelah acara selesai diselenggarakan.

2. Contoh Laporan Kegiatan Pelatihan

Pelatihan merupakan salah satu kegiatan pengembangan diri yang memiliki banyak manfaat. Pelatihan diadakan untuk meningkatkan softskill dan hardskill masing-masing individu ataupun organisasi. Sehingga dengan adanya suatu pelatihan dapat diambil banyak pelajaran untuk meningkatkan kemampuan diri.

Dalam menyelenggarakan pelatihan, setelah acara berhasil diselenggarakan harus ada laporan kegiatan pelatihan tersebut. Hal ini dilakukan untuk memberitahukan terselenggaranya kegiatan pelatihan yang dimaksudkan. Berikut merupakan contoh laporan kegiatan pelatihan:

Contoh Laporan Kegiatan Pelatihan

Dengan adanya laporan kegiatan pelatihan ini, dapat dijadian bahan evaluasi, saran dan masukan untuk menyelenggarakan pelatihan lainnya dengan inovasi-inovasi lain. Sehingga pelatihan yang terselenggara dapat memberikan dampak yang berarti.

3. Contoh Laporan Kegiatan Seminar

Seminar menjadi salah satu kegiatan yang diselenggarakan untuk memperoleh pengetahuan dan wawasan yang lebih luas. Adanya kegiatan seminar ini kebanyakan terbuka untuk umum sehingga setiap orang dapat berpartisipasi.

Namun ada juga seminar yang ditujukan untuk audience tertentu. Setelah kegiatan seminar berhasil dilakukan, maka wajib adanya untuk membuat laporan kegiatan seminar. Hal ini dibutuhkan untuk pertanggungjawaban kegiatan yang diselenggarakan. Berikut merupakan contoh dari laporan kegiatan seminar:

Contoh Laporan Kegiatan Seminar

Dengan adanya contoh laporan kegiatan seminar ini, pembuatan laporan akan menjadi lebih mudah. Pembuatan laporan kegiatan seminar harus dilakukan karena untuk memberikan gambaran nyata bagaimana kegiatan terselenggara. Sehingga pihak-pihak yang terkait dapat mengetahui bagaimana acara tersebut diselenggarakan.

4. Contoh Laporan Kegiatan Lomba

Lomba menjadi ajang kompetisi yang biasanya dispesifikasikan dalam beberapa kategori dan jenis lombanya. Menyelenggarakan kegiatan lomba menjadi sangat menarik karena dapat melatih kekompakan, jiwa kompetisi dan lainnya.

Sehingga kegiatan ini akan lebih seru dan menarik. Setelah kegiatan lomba selesai diselenggarakan, maka laporan kegiatan lomba tersebut harus dibuat untuk menjelaskan bagaimana cara tersebut terselenggara. Berikut merupakan contoh laporan kegiatan lomba:

Contoh Laporan Kegiatan Lomba

Dengan adanya laporan kegiatan lomba, dapat dijadikan sebagai laporan pertanggungjawaban kepada pihak-pihak yang bersangkutan. Sehingga pihak-pihak tersebut dapat mengetahui secara detil dan jelas bagaimana kegiatan diselenggarakan.

5. Contoh Laporan Kegiatan Sosialisasi

Sosialisasi menjadi salah satu kegiatan untuk memberitahukan mengenai berbagai hal tergantung dari masing-masing topiknya. Dalam menyelenggarakan sosialisasi, dapat memperoleh banyak pengetahuan dan wawasan baru yang sebelumnya mungkin belum dipelajari.

Tidak hanya itu saja, dengan adanya sosialisasi, juga dapat menambah relasi baru. Namun, pada saat kegiatan sosialisasi telah diselenggarakan, pihak penyelenggara harus membuat laporan kegiatan sosialisasi untuk menjelaskan bagaimana kegiatan tersebut terlaksana. Berikut merupakan contoh laporan kegiatan sosialisasi:

Contoh Laporan Kegiatan Sosialisasi

Dengan adanya contoh laporan kegiatan sosialisasi, maka bisa digunakan untuk menambah referensi mengenai bagaimana membuat laporan kegiatan sosialisasi itu sendiri. Sehingga ketika acara sudah terselenggara, tidak ada alasan tidak bisa membuat laporan karena sudah tersedia contoh yang dapat digunakan.

6. Contoh Laporan Kegiatan Pramuka

Kegiatan pramuka biasanya selalu diadakan pada masing-masing sekolah. Dengan adanya kegiatan pramuka ini, masing-masing siswa dapat mempelajari berbagai hal baik itu dalam tim maupun individu. Sehingga dengan terselenggaranya kegiatan pramuka ini dapat meningkatkan nilai masing-masing siswa untuk belajar hal-hal yang diajarkan dalam pramuka.

Untuk itu, setelah kegiatan terselenggara, maka panita kegiatan pramuka biasanya harus melaporkan kegiatan tersebut dalam bentuk laporan kegiatan. Berikut merupakan contoh dari laporan kegiatan pramuka:

Contoh Laporan Kegiatan Pramuka

Dengan adanya laporan kegiatan pamuka yang jelas, maka pembaca laporan juga akan menjadi lebih paham terkait bagaimana penyelenggaraan kegiatan tersebut. Dengan begitu akan mempermudah birokrasi kedepannya. Sehingga tidak ada salah komunikasi dalam penulisan laporan kegiatan pramuka.

7. Contoh Laporan Kegiatan Dinas

Setiap kegiatan dinas yang terselenggara harus dilengkapi dengan laporan kegiatan. Hal ini akan sangat penting karena akan berhubungan dengan laporan pertanggungjawaban kegiatan dan lainnya. Sehingga pembuatan laporan kegiatan dinas menjadi prioritas yang harus selalu dilakukan setiap selesai terselenggaranya suatu kegiatan Dinas. Berikut merupakan contoh laporan kegiatan dinas:

Contoh Laporan Kegiatan Dinas

Dengan adanya laporan kegiatan dinas, maka alur kegiatan yang telah diselenggarakan dapat dipahami dengan mudah. Tidak hanya itu saja, melainkan laporan ini akan digunakan sebagai pertanggungjawaban dana yang digunakan. Karena setiap kegiatan dinas tentu akan membutuhkan dana kegiatan masing-masing.

8. Contoh Laporan Kegiatan Usaha

Contoh Laporan Kegiatan Usaha

Laporan kegiatan usaha menjadi salah satu hal penting yang harus dimiliki setiap usaha yang dijalankan. Sehingga detil dan rincian kegiatan usaha dapat dipahami, dipelajari dengan seksama dan teliti. Laporan kegiatan usaha ini dapat membantu meningkatkan profit dari usaha tersebut. Sehingga laporan kegiatan usaha tersebut harus dibuat setelah melaksanakan kegiatan usaha yang dimaksudkan. Berikut merupakan contoh laporan kegiatan usaha:

Dengan adanya laporan kegiatan usaha ini, dapat digunakan sebagai bahan evaluasi, saran dan masukan untuk menjalankan usaha yang lebih baik. Sehingga kedepannya usaha yang sedang beroperasi akan lebih maju dan dapat meningkat profitnya.

9. Contoh Laporan Kegiatan Study Tour

Study tour merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan bagi siswa atau mahasiswa diseluruh sekolah atau universitas. Karena dengan adanya hal ini, setiap siswa/mahasiswa bisa mendapatkan berbagai pengalaman menarik dan seru.

Setiap kegiatan study tour yang dilaksanakan tentu akan memiliki panitia penyelenggara kegiatan. Sehingga untuk lebih mudah memastikan dan mengkoordinir peserta yang mengikuti kegiatan study tour. Untuk itu, panitia kegiatan akan membuat laporan kegiatan begitu acara sudah selesai diselenggarakan. Berikut merupakan contoh laporan kegiatan study tour:

Contoh Laporan Kegiatan Study Tour

Dengan adanya laporan kegiatan study tour tersebut, akan lebih mempermudah proses pertanggungjawaban kegiatan ke pihak-pihak yang terlibat. Selain itu, juga dapat digunakan untuk memperoleh saran, masukan dan kritik yang mendukung untuk terselenggaranya kegiatan study tour yang lebih baik.

Dengan adanya laporan kegiatan ini akan mempermudah anda jika sedang mencari bagaimana contoh laporan untuk masing-masing kegiatan. Sehingga tidak perlu dikhawatirkan untuk tidak bisa membuat laporan karena susahnya mencari referensi. Dengan informasi ini, diberikan banyak contoh laporan kegiatan yang sering dilakukan oleh masing-masing individu atau bahkan organisasi. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Send this to a friend