Di Balik Penghentian Dukungan Windows 8.1 Oleh Microsoft

Di Balik Penghentian Dukungan Windows 8.1 Oleh Microsoft

NESABAMEDIA.COMSebelumnya Microsoft mengumumkan bahwa mereka akan segera mengakhiri masa dukungan dari Windows 8.1. Apa alasannya? Dan berapa banyak waktu yang tersisa dari sistem operasi Windows 8.1 ini?

Era Windows 8 secara bertahap meredup, dengan Microsoft mengakhiri dukungan untuk Windows 8 pada bulan Januari 2016 silam, dan baru-baru ini mereka mengumumkan bakal mengakhiri dukungan untuk saudara Windows 8 itu, yakni Windows 8.1.

Windows 8.1 memberikan pengalaman pengguna yang lebih stabil dan merupakan peningkatan dari Windows 8. Namun, seperti setiap produk Windows pada umumnya, itu ditakdirkan akan berakhir di saat waktunya tiba. 

Kapan Hari Itu Akan Tiba?

Dukungan resmi untuk Windows 8.1 akan berakhir pada tanggal 10 Januari 2023. Tak lama setelah mengucapkan selamat tinggal pada Internet Explorer, Microsoft kemudian mengungkapkan tanggal untuk menandai berakhirnya dukungan untuk Windows 8.1, yaitu sekitar 5 bulan dari sekarang.

Mereka juga mengumumkan bahwa pengguna akan melihat pemberitahuan pembaruan Windows 8.1 mulai bulan Juli ini yang menginformasikan lebih mendetail mengenai akhir dukungan untuk sistem operasi tersebut.

Dengan demikian, pengguna Windows 8.1 harus segera memutuskan apa yang akan mereka lakukan berikutnya, sebelum akhir tanggal dukungan itu tiba. Microsoft menyarankan agar pengguna segera melakukan pembaruan, untuk membantu menghindari risiko yang mungkin muncul saat memutakhirkan ke versi Windows yang lebih baru, atau beralih ke sistem operasi alternatif seperti macOS atau Linux.

Mengapa Dukungan Dihentikan?

Microsoft memutuskan untuk mengakhiri masa dukungan untuk Windows 8.1 karena masalah antarmuka pengguna yang ada di dalamnya. Selain itu, Microsoft juga ingin lebih bisa berfokus dalam menyediakan lingkungan yang lebih stabil untuk pengguna Windows 10 dan 11. 

Microsoft menghadapi kritikan tajam untuk desain antarmuka bergaya mobile saat Windows 8 dirilis pada tahun 2012 silam. Mereka kemudian merilis Windows 8.1 dengan desain antarmuka mirip desktop untuk mengatasi masalah tersebut. 

Meskipun versi baru itu menyediakan pengalaman pengguna yang lebih baik, namun Windows 8.1 tidak sepenuhnya memperbaiki masalah antarmuka yang ada. Oleh karenanya, Microsoft membutuhkan versi baru lagi untuk mengatasi keterbatasan pada antarmuka pengguna, dan untuk bisa mendapatkan kembali hati pengguna mereka yang sebelumnya meninggalkan Windows untuk sistem operasi alternatif lainnya.

Untuk mengakhiri kekacauan ini, Microsoft merilis versi terbaru Windows, yakni Windows 10 dan 11, yang menyediakan pengalaman antarmuka yang lebih baik, dengan mengkombinasikan fitur desktop dan mobile. 

Meski Microsoft ingin sekali untuk memberikan Windows 8.1 kesempatan, banyak pengguna yang mengalami masalah dengan perangkat mereka, dan akhirnya memutuskan untuk meningkatkan ke Windows versi. Sebagai konsekuensi, Microsoft pun akhirnya memutuskan untuk tidak lagi melanjutkan dukungan untuk Windows 8.1.

Apa Artinya Bagi Pengguna Windows 8.1?

Dengan mengakhiri dukungan resmi pada sistem operasi, Microsoft mengirimkan pesan yang sangat jelas kepada pengguna Windows 8.1. Mereka yang masih menggunakan sistem operasi tersebut, harus dengan cepat memutuskan apakah akan meningkatkan ke sistem operasi versi baru, atau beralih ke sistem operasi alternatif. 

Setelah tanggal 10 Januari 2023, pengguna Windows 8.1 tidak akan lagi menerima pembaruan keamanan dan pembaruan terkait lainnya dari Microsoft. Anda mungkin masih bisa menggunakannya, namun akan ada resiko masalah keamanan yang mengancam. Selain itu, beberapa aplikasi utama dari Microsoft tidak akan lagi bisa digunakan di Windows 8.1.

Apa Saja Aplikasi Itu?

Setelah dukungan resmi berakhir, Microsoft 365 dan versi Office lainnya tidak akan lagi mendapatkan dukungan dari Microsoft, mengikuti Modern Lifecycle Policy Microsoft. Jika anda masih menggunakan Microsoft 365 di Windows 8.1, anda tidak akan lagi mendapatkan pembaruan aplikasi, termasuk fitur, perbaikan bug dan pembaruan keamanan lainnya.

Lebih lanjut, Microsoft tidak akan lagi menyediakan program Extended Security Update (ESU) untuk Windows 8.1 setelah tanggal 10 Januari 2023. Dan sebagai konsekuensinya, penggunaan berkelanjutan dari Windows 8.1 akan meningkatkan ancaman keamanan atau berdampak pada kemampuan untuk bisa memenuhi standar penggunaan yang ada. 

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend