Microsoft Siapkan Akhir Dukungan Untuk Windows 8.1

Microsoft Siapkan Akhir Dukungan Windows 8.1

NESABAMEDIA.COMMicrosoft sedang mempersiapkan diri untuk mengirimkan pemberitahuan akhir dukungan Windows 8.1 pada para pengguna sistem operasi tersebut, mulai tanggal 10 Januari 2023 nanti. Pengiriman pemberitahuan ini akan dimulai pada bulan depan, dan ini akan menjadi pengingat pertama mengenai akhir siklus hidup dari Windows 8.1 yang akan segera terjadi.

Notifikasi yang dikirimkan itu nantinya akan mirip dengan yang digunakan oleh Microsoft di masa lalu, ketika memberitahukan pengguna Windows 7 sebelum mereka berhenti memberikan dukungan resmi untuk sistem operasi tersebut.

Microsoft mengakhiri dukungan untuk Windows 8 pada tahun 2016 silam, namun versi 8.1 yang direvisi bakal kehilangan akhir dukungan resminya pada bulan Januari mendatang. Di saat yang sama, dukungan yang diperpanjang untuk pengguna bisnis dengan paket Extended Security Update (ESU) juga akan dihentikan, sehingga tidak ada pilihan lain bagi pengguna tersebut selain memutakhirkan ke sistem operasi yang lebih modern. Di sisi lain, pengguna juga masih bisa menggunakan versi Windows ini, namun dengan segala risiko yang ditanggung sendiri.

Setelah dirilisnya Windows 8, karena Microsoft menargetkan pengguna yang memakai perangkat layar sentuh, mereka pun harus merilis sebuah pembaruan yang mengembalikan tombol Start dan fitur sejenis lainnya. Di tahun 2015, Microsoft akhirnya merilis Windows 10, dan sejarah dari seri ke delapan Windows pun akhirnya mulai memasuki masa-masa akhir layanan.

“Windows 8 telah sampai pada masa akhir dukungan resminya pada tanggal 12 Januari 2016, dan tidak akan lagi mendapatkan pembaruan keamanan. Namun, jika anda menggunakan Microsoft 365 di perangkat komputer yang menjalankan Windows 8 dan mengatur pembaruan menjadi otomatis, anda tidak akan lagi bisa mendapatkan pembaruan untuk aplikasi Office, termasuk fitur, keamanan dan pembaruan kualitas lainnya,” ungkap Microsoft.

Menurut Microsoft, kebanyakan perangkat yang menjalankan Windows 8 dan Windows 8.1 tidak mendukung Windows 11, jadi pengguna disarankan untuk membeli Windows 10 sebagai alternatifnya, yang akan tetap mendapatkan pembaruan sampai tanggal 14 Oktober 2025 mendatang.

Tentu saja, Windows 8.1 bukan berarti tidak akan bisa digunakan lagi sama sekali, setelah tanggal 10 Januari 2023. Namun tanpa adanya pembaruan resmi dari Microsoft, maka sistem operasi itu akan dengan cepat menjadi sangat rentan akan serangan dari luar. 

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend