• Our Partners:

Windows 8.1 Kini Tampilkan Peringatan Masa Akhir Dukungan Dalam Layar Penuh

Windows 8.1 Kini Tampilkan Peringatan Masa Akhir Dukungan Dalam Layar Penuh

NESABAMEDIA.COMWindows 8.1 kini akan menampilkan pemberitahuan dalam layar penuh ketika pengguna masuk ke sistem operasi, memperingatkan jika sistem operasi itu akan memasuki masa akhir dukungan pada bulan Januari 2023, dan tidak akan lagi mendapatkan pembaruan keamanan. 

Notifikasi itu diperkenalkan beberapa hari yang lalu, sebagai bagian dari pembaruan kumulatif Windows 8.1 KB5015874 yang menyertakan program EOSnotify.exe baru untuk menampilkan peringatan bahwa sistem operasi akan segera berakhir masa dukungan resminya. 

“10 Januari 2023 adalah hari terakhir Microsoft akan menawarkan pembaruan keamanan dan dukungan teknis untuk PC yang menjalankan Windows 8.1. Kami berterima kasih atas loyalitas anda dan akan membantu anda mempersiapkan apa berikutnya,” bunyi notifikasi yang muncul di Windows 8.1.

Ketika notifikasi itu muncul, pengguna bisa mengklik pada opsi Remind me Later, yang akan menyebabkan notifikasi akan dimunculkan lagi dalam waktu 35 hari berikutnya. Pengguna juga bisa mengklik pada opsi Remind Me After The End of Support Date, yang hanya akan menampilkan notifikasi setelah Windows 8.1 mencapai masa akhir dukungannya. 

Mengklik pada tombol Learn More, akan membawa pengguna ke halaman web Microsoft.com, yang menjelaskan bahwa Windows 8.1 akan segera mencapai masa akhir dukungan resmi. Perlu dicatat bahwa Microsoft menyatakan apabila notifikasi itu tidak akan muncul untuk perangkat dengan lisensi Pro dan Enterprise, termasuk juga Windows Embedded 8.1 Industry Enterprise dan Windows Embbeded 8.1 Industry Pro. 

Soal EOSnotify.exe

Seperti halnya notifikasi layar penuh yang ada di Windows 7, yang memperingatkan pengguna untuk memutakhirkan ke Windows 10, notifikasi baru yang ada di Windows 8.1 menggunakan program EOSnotify. 

EOSnotify ini terletak di folder C:\Windows\System32 dan diluncurkan dalam dua tugas penjadwal bernama EOSNotify dan EOSNotify2. EOSNotify akan diluncurkan setiap kali pengguna melakukan login ke Windows, sedangkan EOSNotify2 dijalankan sekali sehari. 

Ketika program EOSNotify.exe berjalan, itu akan memeriksa value LastRunTimestamp yang ada di HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\EOSNotify, dan jika itu sudah dijalankan pada hari tersebut, itu tidak akan memunculkan pemberitahuan. 

Jika pengguna mengklik pada tautan Remind Me Later yang ada di notifikasi, EOSNotify.exe akan membuat value RemindMeLater dan menyetel pada angka 1 yang mengindikasikan bahwa Windows tidak akan mengirimkan pemberitahuan lagi untuk 35 hari berikutnya.

Jika pengguna mengklik pada tautan Remind Me After the End of Support Date, EOSNotify akan membuat value RemindMeAfterEndOfSupport dan menyetel ke angka 1, menyebabkan notifikasi hanya akan ditampilkan ketika Windows 8.1 mencapai masa akhir dukungan pada tanggal 10 Januari 2023. 

Memungkinkan untuk mencegah notifikasi itu tampil sepenuhnya dengan mengkonfigurasi value DiscontinueEOS di kunci registry HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVision\EOSNotify dan menyetel Dword menjadi 1. 

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend