Google Rusia Terancam Bangkrut? Ini Penyebabnya!

Google Rusia Terancam Bangkrut? Ini Penyebabnya!

NESABAMEDIA.COM – Google telah melaporkan sebuah pengajuan atas ketidakmampuan mereka untuk melanjutkan kerjasama Google cabang Rusia. Mereka telah kehabisan dana, akibat membayar gaji karyawan di negara Rusia.

Setelah akhirnya membuka cabang di Rusia, pada hari ini, Senin (20/6/2022), dikabarkan bahwa Google Rusia telah mengajukan sebuah pengajuan bangkrut kepada pengadilan Rusia. Meskipun memang, pengajuan ini telah lebih awal diumumkan oleh Google sejak Mei 2022 lalu.

Hal ini bermula ketika pihak berwajib dari Rusia akhirnya menyita sejumlah rekening yang digunakan Google di Rusia. Alhasil, sejumlah rekening yang menjadi pemutaran ekonomi Google di Rusia akhirnya menghambat berbagai macam hal yang mereka kelola, termasuk gaji karyawan.

Pada akhirnya, penyitaan rekening ini berlangsung lama dan Google Rusia tidak dapat mengelola keuangan mereka. Karena memang, sumber dana mereka berasal dari rekening yang telah lama mereka gunakan.

Setelah beberapa bulan disita, akhirnya pihak Google memberikan sebuah pengajuan kepada pengadilan atas kebangkrutan mereka, karena memang sisa dana telah digunakan untuk membayar sebagian gaji dari karyawan mereka di Rusia.

Melalui juru bicara, Google Rusia menyatakan bahwa masyarakat Rusia memang telah lama dan banyak menggunakan layanan gratis Google, seperti Google Search, Gmail, Gmaps, Play, hingga Youtube.

“Warga Rusia telah banyak menggunakan layanan kami yang gratis, seperti Youtube, Gmail, hingga Google Maps,” katanya.

Google juga menyatakan bahwa pihak berwajib di Rusia yang menyita rekening mereka, membuat kantor Google tidak dapat beroperasi sebagaimana semestinya.

“Pihak berwajib menyita sejumlah rekening bank yang kami gunakan di Rusia, kantor tidak dapat berjalan seperti biasa. Maka dari itu, kami mengajukan kebangkrutan.” Tambahnya.

Peraturan yang dilanggar Google ialah terkait penggunaan Data Center.  Google didenda karena tidak mengikuti peraturan di Rusia, yang mana harus mewajibkan sebuah perusahaan untuk mengalokasikan data pengguna mereka, ke Data Center di Rusia.

Hingga saat ini, layanan Google memang tidak diblokir di Rusia, seperti Youtube dan Google Maps. Sejak invasi Rusia ke Ukraina, layanan Google tersebut memang sedang berada didalam ancaman dan tekanan yang besar.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend