• Our Partners:

Microsoft Berupaya Jadikan Menu Konteks Windows 11 Lebih Memudahkan

Microsoft Berupaya Jadikan Menu Konteks Windows 11 Lebih Memudahkan

NESABAMEDIA.COMAda banyak hal yang bisa dicintai dari Windows 11. Sistem operasi ini menawarkan antarmuka yang bersih dan modern, peningkatan produktivitas yang banyak sampai optimasi kinerja.

Namun Windows 11 pada dasarnya adalah Windows, di mana itu berarti masih memiliki inkonsistensi pada desain dan antarmuka yang aneh. Menu Konteks (klik kanan) adalah salah satu hal aneh yang ada di Windows 11, yang belum bisa diperbaiki oleh Microsoft lebih dari sepuluh tahun ini. 

Untungnya, ada beberapa langkah kecil yang tepat yang diambil oleh Microsoft, dan build pratinjau terbaru dari Windows 11 akan membuat Menu Konteks lebih sederhana dan tidak lagi membuat pengguna kebingungan.

Pengguna Windows paham betul bahwa menu konteks di Windows sangat tidak konsisten. Hanya perlu beberapa klik untuk menemukan lebih dari lima gaya visual yang berbeda dengan sangat sedikit kesamaan. Microsoft berusaha memperbaiki masalah dengan memperkenalkan menu konteks modern di Windows 11, sayangnya solusi baru justru memperburuk masalah yang ada.

Banyak aplikasi yang tidak mendukung menu konteks yang baru, sehingga pengguna harus membuka dua menu konteks untuk bisa mendapatkan opsi yang mereka butuhkan. Saat ini yang dilakukan pengguna adalah mengklik kanan untuk memunculkan menu konteks, dan kemudian memilih Show More Options untuk membuka menu yang lama. 

Sebagai opsi, Microsoft mengizinkan pengguna menekan Shift+F10 untuk membuka menu klasik untuk file atau folder yang dipilih. 

Pada build 22572, Windows 11 masih memiliki sebuah menu di dalam menu, namun membuka menu klasik jauh lebih sederhana dan cepat. Alih-alih mengklik Show More Options atau menekan Shift+F10, anda bisa menahan tombol Shift dan mengklik kanan di area manapun untuk secara langsung membuka menu konteks yang lama. 

Tentu saja, menu di dalam menu itu masih ada dan menjadi masalah, namun peningkatan terbaru itu akan menjadikan semuanya lebih mudah, bagi pengguna yang sering menggunakan menu konteks lama, khususnya pada perangkat laptop yang keyboardnya membutuhkan tombol Fn, untuk bisa menggunakan tombol F1-F12. 

Meski demikian, variasi desain yang tidak konsisten masih ada di banyak area Windows 11. Semoga saja, Microsoft akan mencoba mengurangi masalah yang ada ini, dan menjadikan Windows 11 lebih nyaman di pembaruan yang akan datang.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend