• Our Partners:

Dukungan Resmi Untuk Office 2013 Berakhir Tahun Depan

Dukungan Resmi Untuk Office 2013 Berakhir Tahun Depan

Microsoft sedang bersiap untuk mengakhiri dukungan aplikasi Office 2013 suite yang telah dirilis sejak lebih dari 9 tahun yang lalu. Microsoft baru-baru ini juga telah memberitahu para pelanggannya, mengenai rencana mereka untuk berhenti merilis pembaruan keamanan, sehingga diharapkan para pelanggan itu memiliki cukup waktu untuk meningkatkan ke versi yang lebih baru.

Menurut dokumentasi resmi, Office 2013 akan mencapai masa akhir dukungan pada tanggal 11 April 2023. Produk-produk Microsoft biasanya menerima lima tahun dukungan utama, dan empat tahun dukungan perpanjangan untuk pembaruan keamanan dan penting.

Berikut pernyataan dari pihak Microsoft mengenai masa akhir dukungan Office 2013.

“Setelah lima tahun dukungan di arus utama dan lima tahun dukungan yang diperpanjang, aplikasi Office 2013 akan mencapai masa akhir dukungan yang diperpanjang pada tanggal 11 April 2023. Sesuai dengan kebijakan Fixed Lifecycle, setelah tanggal tersebut maka pembaruan keamanan untuk Office 2013 tidak akan tersedia lagi. 

Setelah Office 2013 mencapai masa akhir dukungan, Microsoft tidak akan lagi menyediakan pembaruan keamanan, dan penggunaan aplikasi tersebut pada saat itu mungkin akan meningkatkan risiko keamanan.”

Namun perlu diingat bahwa berakhirnya masa dukungan dari sebuah produk atau layanan, bukan berarti produk atau layanan itu akan berhenti berfungsi sepenuhnya. Pengguna masih akan bisa menggunakan produk tersebut setelah bulan April tahun depan, namun mereka tidak akan lagi mendapatkan dukungan resmi dari Microsoft, dan ini akan bisa meninggalkan celah keamanan yang berbahaya. 

Termasuk juga Microsoft tidak akan memberikan dukungan bantuan, apabila pengguna mengalami permasalahan dengan Office 2013 itu. Yang artinya pengguna harus mencari solusi sendiri jika suatu saat Office 2013 mereka tidak berjalan dengan semestinya. 

Ada juga kemungkinan risiko permasalahan dengan Microsoft 365, karena Office 2013 merupakan bagian dari produk tersebut. Namun, pengguna juga bisa beralih untuk menggunakan Microsoft 365 sepenuhnya, agar aplikasi Office mereka terus bisa diperbarui dan mendapatkan pembaruan secara rutin. 

Microsoft juga menjual lisensi Office 2021 secara terpisah, bagi para pengguna yang menginginkan pembelian sekali untuk selamanya. 

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend