Download Geany 1.36

Download Geany Terbaru Developer: Enrico Tröger
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 16MB


Geany merupakan text editor multi bahasa yang disertai dengan sejumlah fitur IDE, tidak selengkap Eclipse namun sangat ringan sehingga mampu loading lebih cepat. Lebih dari 50 bahasa pemrograman didukung oleh Geany seperti CSS, PHP, Javascript, C, C#, C++, dan Phyton.

Geany memiliki beberapa skema warna untuk membedakan antara kode yang satu dengan yang lainnya. Yang juga termasuk fitur Geany antara lain syntax highlight, auto close untuk menutup tanda kurung dan tanda kutip,  keybinding untuk mengedit keyboard shortcut dan beberapa fitur lainnya yang bisa anda simak di bawah ini.

Fitur dan Keunggulan Geany

Download Geany Terbaru

Tampilan Geany Terbaru

Geany menampilkan dokumen dalam tab sehingga anda dapat mengedit beberapa file sekaligus. Untuk berpindah dari satu tab ke tab lain, anda tidak perlu mengklik tab karena Geany menyediakan keyboard shortcut untuk melakukannya, yaitu Ctrl + Page Up dan Ctrl + Page Down. Geany juga dapat mengkloning dokumen yang sedang anda kerjakan. Hasil pengkloningan tersebut akan terbuka sebagai dokumen baru di tab lain. Yang dikloning bukan hanya teks, tapi juga posisi kursor pada dokumen tersebut saat anda mengkloningnya.

Selain mengkloning isi dokumen secara keseluruhan sehingga menghasilkan dokumen baru yang identik, Geany juga dapat mengkloning hanya bagian dokumen yang anda pilih. Caranya, sorot teks yang ingin dikloning, klik pada menu Document, lalu klik pada opsi Clone.

Apabila anda mengerjakan sebuah dokumen yang sangat panjang, fitur folding yang disediakan Geany dapat mempermudah pengeditannya. Fungsi dari folding adalah untuk menyembunyikan dan menampilkan bagian-bagian dokumen. Folding bisa dilakukan dengan menggunakan tombol min dan plus yang berjejer secara vertikal di samping kiri dokumen dan di sebelah kanan nomor baris.

Sebuah bagian dokumen bisa saja terdiri dari beberapa titik folding. Jika anda mengaktifkan opsi  “Fold/Unfold all children of a fold point” di dalam menu Preferences, maka semua titik folding tersebut juga akan ditampilkan secara otomatis ketika anda menampilkan (unfold) bagian dokumen yang disembunyikan.

Fitur selanjutnya yang dapat mempermudah anda dalam mengedit dan menelusuri dokumen adalah bookmark. Setiap baris di dalam dokumen dapat anda bookmark dengan mengklik kolom margin di samping kiri dokumen. Bookmark itu sendiri dilambangkan dengan tanda plus pada margin.

Dengan membuat bookmark, anda dapat meloncat dari satu bagian ke bagian lain di dalam sebuah dokumen dengan menggunakan keyboard shortcut Ctrl + . (Ctrl dan titik) dan Ctrl + , (Ctrl dan koma). Setiap bookmark dapat anda hapus secara individu dengan mengklik masing-masing tanda plus. Bisa pula dihapus semuanya secara serentak melalui menu Document, lalu mengklik opsi Remove Markers.

Download Geany Terbaru

Geany juga mendukung penggunaan plugin dan lebih dari 30 plugin tersedia untuk anda install. Semua plugin tersebut dapat diunduh dalam satu paket. Secara keseluruhan, Geany jauh lebih mudah digunakan daripada Vim sehingga waktu anda tidak akan tersita terlalu banyak untuk mempelajari cara menggunakannya. Download Geany terbaru dan gratis melalui link dibawah ini:

Leave a Reply

Send this to a friend