Download Java SE Development Kit (JDK) 10.0.2

Download Java SE Development Kit (JDK) Developer: Oracle Corp.
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 400MB


Java SDE Development Kit atau biasa disebut sebagi JDK Development Tools merupakan bagian dari paket software pengembangan berbasis Java yang dilengkapi berbagai macam fitur yang mendukung pengguna untuk mengembangkan aplikasi berbasis Java. Saat ini versi terbaru menurut yang diunggah di laman resminya merupakan versi ke-10 atau biasa disingkat sebagai Java Platform (JDK) 10. JDK 10 ini merupakan penyempurnaan dari versi sebelumnya, yaitu JDK 8.

Dalam paket Java Platform (JDK) telah terintegrasi tools-tools untuk pengembangan (developing), percobaan aplikasi dan pencarian error (debugging), serta untuk pemantauan aplikasi yang sudah ada (monitoring). Masing-masing tools memiliki fungsinya masing-masing sesuasi dengan keperluan pengguna ketika menjalankan Java Platform (SDK) ini. Untuk lebih jelasnya kita akan membahas satu persatu tools-tools yang terdapat pada Java Platform (SDK) tersebut.

Java SE Development Kit (JDK)

Pada dasarnya tools-tools yang terdapat dalam Java Platform (SDK) dapat dibagi menjadi beberapa kategori, meliputi tools dasar, security, internationalization, RMI, Java IDP dan RMI-IIOP, Java Deployment, Java Web Start, Java Troubleshooting, Java Web Services, Monitoring, dan Scripting.

Download Java SE Development Kit (JDK)

Tampilan Java SE Development Kit (JDK)

Tools paling dasar dari Java Platform (SDK) meliputi appletviewer yang dapat digunakan untuk melakukan debugging tanpa menggunakan sebuah browser. Bagi Anda yang tertarik untuk mengembangkan aplikasi Java, tidak perlu khawatir membuat kesalahan syntax karena terdapat tools extcheck yang akan mengecek apakah terjadi konflik pada file JAR yang dibuat. Tools berikutnya yang penting dari kategori tools dasar adalah Javadoc, yang memungkinkan pengguna untuk men-generate file dokumentasi API dari aplikasi Java yang dibuat.

Dari bagian security, Java Platform (SDK) memberikan beberapa tools seperti keytool, jarsigner, dan policytool. Keytool digunakan untuk mengatur sertifikat pengaman dan penyimpanan kode-kode pengamana pada aplikasi Java yang dibuat. Sedangkan keysigner dapat dikhususkan untuk mendapatkan dan memverifikasi tanda pengamanan file JAR yang dibuat. Sementara policytool digunakan sebagai tampilan antar muka pengguna untuk mengatur file-file terkait dengan policy.

Pada kategori Troubleshooting terdapat setidaknya empat tools, yaitu jcmd, jconsole, jmc, dan jvisualvm. Tools jcmd merupakan alat yang digunakan untuk melakukan diagnosis pada mesin virtual Java yang sedang dijalankan. Sementara jconsole digunakan sebagai tampilan antar muka untuk melakukan proses monitoring pada aplikasi berplatform Java, baik lokal maupun server. Tools jmc juga memiliki kegunaan untuk memonitor dan mengatur aplikasi Java yang sedang dijalankan. Sedangkan tools jvisualvm menyediakan tampilan grafis tingkat tinggi untuk menampilkan aktivitas yang sedang dijalankan melalui mesin virtual berbasis Java.

Download Java SE Development Kit

Berikutnya di bagian tools scripting, pengguna mendapati tools jjs dan jrunscript. Tools jjs digunakan untuk menjalankan script Nashorn melalui perintah command line. Sedangkan tools jrunscript dingunakan untuk menjalankan script yang telah dibuat. Namun tools ini tidak eksis di versi terbaru karena tidak didukung oleh sistem berbasis Java terbaru. Link download Java SE Development Kit (JDK) terbaru bisa anda dapatkan dibawah ini.

[Windows 32 Bit]

[Windows 64 Bit]
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5,00 out of 5)
Loading...

Leave a Reply

Send this to a friend