Download Bluefish 2.0.0.1

Download Bluefish Terbaru Developer: Bluefish Dev Team
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 4MB


Meskipun website lebih mudah dibuat dengan editor WYSIWYG, masih ada yang tetap bersikukuh untuk menggunakan text editor seperti Bluefish. Alasannya, efisiensi kode. WYSIWYG editor memang memudahkan, tapi biasanya menghasilkan banyak kode yang tidak diperlukan yang ujung-ujungnya mempengaruhi performa website.

Bluefish itu sendiri adalah text editor berbasis GTK yang diklaim mampu membuka ratusan file dalam hitungan detik. Menurut keterangan dari website resminya, Bluefish mampu membuka lebih dari 10 ribu dokumen secara serentak dalam sebuah uji coba. Jumlah bahasa pemrograman yang didukungnya pun sangat banyak sehingga memudahkan anda yang sering menggunakan beberapa bahasa.

Fitur dan Keunggulan Bluefish

Download Bluefish Terbaru

Tampilan Bluefish Terbaru

Pertama-tama, Bluefish menyediakan beberapa template untuk membuat dokumen baru. Misalnya, template untuk dokumen HTML. Dokumen tersebut memuat struktur standar HTML yang diawali dengan <!DOCTYPE html> dan diakhiri dengan </html>.

Bluefish juga mempermudah anda dalam mengakses file dengan menyediakan panel navigasi yang letaknya di sebelah kiri area dokumen. Melalui panel tersebut, anda bisa membuka sebuah file dengan melakukan klik ganda pada file tersebut. File itu pun kemudian akan terbuka di dalam tab tersendiri yang ditempatkan di bagian bawah area dokumen.

Setiap folder yang anda buka di dalam panel itu juga akan menampilkan seluruh isi file didalamnya. Anda dapat membuka atau menghapus file serta merubah namanya seperti yang anda lakukan di dalam File Explorer.

Sedangkan untuk area dokumen, setiap barisnya diberi nomor. Di samping itu, fitur auto close dan auto complete dapat menghemat waktu anda dalam menulis kode serta bisa meminimalkan kesalahan yang terjadi karena lupa menutup sebuah tag. Misalnya, jika anda mengetik <h1> di dalam dokumen HTML, maka akan muncul pop-up yang memuat tag penutupnya. Anda bisa mengabaikannya atau memasukkannya dengan menekan Enter pada keyboard.

HTML toolbar adalah keistimewaan lain dari Bluefish. Fitur ini kelihatannya sepele tapi bisa sangat membantu pengguna yang sering lupa dengan tag tertentu atau lupa dengan cara penulisan sebuah tag, misalnya tag untuk memberi komentar.

Table Wizard yang ada di dalam HTML toolbar pun dapat sangat mempermudah pembuatan tabel. Begitu pula dengan fitur Quick List yang akan mempercepat pembuatan sebuah daftar baik yang bernomor (ordered list) maupun yang tidak (unordered list).

Download Bluefish Terbaru

Semua yang anda temui di dalam HTML toolbar bisa juga anda akses dari menu utama Bluefish. Cukup banyak diantaranya yang dapat anda masukkan ke dalam dokumen dengan keyboard shortcut. Misalnya, Ctrl + Alt + 1 untuk memasukkan tag <h1> dan </h1>. Anda pun bisa menggunakan Alt + T dan kemudian menggunakan tombol panah untuk mencari dan memasukkan tag yang anda inginkan.

Bluefish memang bukan editor WYSIWYG, tapi setidaknya tersedia fitur preview untuk melihat hasil coding anda di browser. Browser yang digunakan oleh Bluefish adalah Mozilla Firefox dan Internet Explorer. Anda bisa menambahkan Google Chrome, Vivaldi dan browser lain melalui Preferences. Download Bluefish terbaru dan gratis melalui link dibawah ini:

Leave a Reply

Send this to a friend