Download MakeMKV 1.14.5

Download MakeMKV Terbaru Developer: MakeMKV
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 12MB


MakeMKV adalah software untuk menyalin isi DVD dan Bluray dengan metode ripping dan kemudian menyimpan hasilnya dalam format MKV. File MKV yang juga disebut Matroska Video atau Matroska ini merupakan format kontainer yang dapat menampung file audio dan video beserta file-file lain seperti subtitle ke dalam sebuah file.

Meskipun ada beberapa format kontainer lain, MKV memiliki keunggulan berupa dukungan terhadap soft subtitle, open source, mampu menampung beberapa audio track yang dapat anda pilih ketika menonton video, kualitas video yang dikonversi persis seperti aslinya, mendukung variable bitrate audio (VBR) dan variable framerate video (VFR), proses konversi format yang lebih cepat, dan mendukung streaming melalui LAN dan internet.

Fitur dan Keunggulan MakeMKV

Download MakeMKV Terbaru

Tampilan MakeMKV Terbaru

MakeMKV mampu membaca dan menyalin Bluray yang diproteksi dengan enkripsi AACS dan BD+. Jadi, anda tidak perlu menggunakan software terpisah untuk menembus proteksi tersebut.

Buffer size juga dapat diatur sesuai kondisi. Buffer size yang rendah akan mempercepat proses ripping DVD dan Bluray tapi prosesor akan bekerja ekstra keras saat melakukannya. Sebaliknya, buffer size yang tinggi akan membuat proses ripping menjadi lebih pelan tapi proses tersebut tidak begitu membebani sistem sehingga anda pun bisa multitasking sambil menunggu ripping sampai selesai.

Selanjutnya klik pada icon DVD drive yang berukuran besar untuk memindai DVD. Dalam proses analisis ini MakeMKV akan memeriksa beberapa hal seperti mekanisme proteksi yang diterapkan pada DVD, mengecek kemungkinan terjadinya error, serta memindai seluruh file yang ada baik itu berupa video, audio maupun subtitle. Proses analisis cukup memakan waktu sehingga anda harus bersabar. Sebuah keping Bluray yang kapasitasnya sekitar 46 GB membutuhkan waktu sekitar 15 menit, tapi perlu diingat bahwa kecepatan baca dan tulis untuk setiap optical drive tidak selalu sama.

Tahap berikutnya adalah memilih file mana saja yang ingin anda copy. Terkadang sebuah film memiliki lebih dari satu subtitle yang bahasanya berlainan. Anda bisa pilih satu atau dua bahasa yang diinginkan. Demikian pula halnya dengan audio track, misalnya memilih antara  TrueHD Surround 7.1 atau Dolby Digital 5.1.

Tahap terakhir adalah memilih folder untuk menyimpan output sebelum kemudian memulai proses ripping. Lagi-lagi, anda harus bersabar menunggu. Untuk DVD mungkin hanya butuh beberapa menit tapi untuk Bluray bisa menghabiskan waktu hingga 30 menit atau lebih jika anda juga ikut menyalin semua bonus feature dan commentary track yang ada.

Download MakeMKV Terbaru

MakeMKV membuat ripping menjadi begitu mudah sehingga seorang pemula pun hanya perlu diberi sedikit arahan untuk bisa menggunakannya. Pertama-tama tentunya keping DVD atau Bluray sudah harus siap sedia di dalam optical drive. MakeMKV akan mendeteksi dan menampilkannya secara otomatis. Download MakeMKV terbaru dan gratis melalui link dibawah ini:

Sending
User Review
0 (0 votes)

Leave a Reply

Send this to a friend