Download Microsoft Security Essentials 4.10.209

Download Microsoft Security Essentials Developer: Microsoft
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 15MB


Risiko terserang virus dan berbagai malware lainnya sangat tinggi ketika anda sedang browsing di internet, apalagi jika anda masih belum mengetahui bagaimana serangan-serangan malware pada umumnya dilakukan dan tidak begitu peduli dengan keamanan setiap situs yang anda kunjungi, atau jika anda terbiasa mengklik link yang anda terima di dalam pesan email. Untuk memperkecil risiko tersebut seminimal mungkin, Microsoft meluncurkan antivirus buatannya yang bernama Microsoft Security Essentials.

Berbeda dengan antivirus gratis pihak ketiga pada umumnya, Microsoft Security Essentials benar-benar gratis tanpa berusaha menjual apapun seperti tawaran untuk membeli versi profesional dan semacamnya serta tidak dijejali dengan iklan. Sebagai contoh anda bisa membandingkannya dengan Kaspersky Free yang setiap waktu tertentu selalu menampilkan pesan di atas taskbar yang mengingatkan anda untuk upgrade ke versi berbayar.

Fitur Microsoft Security Essentials

Download Microsoft Security Essentials

Tampilan Microsoft Security Essentials

Microsoft Security Essentials didesain sedemikian rupa agar dapat dijalankan dengan lancar di komputer yang spesifikasi hardwarenya rendah, jadi jangan heran jika antivirus gratis ini terasa lebih ringan daripada antivirus lainnya. Meskipun ringan, kemampuannya dalam mendeteksi dan membersihkan virus tidak bisa dianggap enteng.

Setiap hari database virus Microsoft Security Essentials selalu diupdate untuk memastikan tidak ada varian baru malware yang dapat menembus dan menginfeksi sistem Windows. Terkadang dalam sehari bisa terjadi update hingga dua kali apabila ada update yang dianggap kritis. Anda juga bisa melihat kapan terakhir kali update dilakukan oleh Microsoft Security Essentials.

Mengenai spesifikasi hardware yang dibutuhkan, tergantung dari versi Windows yang anda gunakan. Untuk Windows XP, hanya dibutuhkan prosesor dengan clock speed sebesar 500 MHz dan RAM 256 MB. Sedangkan untuk Windows 7, setidaknya di komputer anda harus terpasang prosesor 1 GHz dan RAM sebesar 1 GB.

Microsoft Security Essentials menyediakan empat mode scanning seperti real-time, quick, full dan custom. Sesuai namanya, real time scanning terjadi secara otomatis dan fitur inilah yang berperan besar dalam mencegah masuknya virus ke dalam sistem Windows. Metode scanning lainnya termasuk dalam kriteria on-demand scan dimana pemindaian dilakukan oleh pengguna secara manual, termasuk scanning yang dijadwalkan.

Download Microsoft Security Essentials

Juga ada fitur untuk memasukkan file ke dalam whitelist agar tidak discan. Fitur ini tidak hanya bermanfaat untuk mempercepat scanning, tapi juga untuk mengatasi terjadinya masalah klasik yang sering dialami oleh antivirus paling canggih sekalipun, yaitu false alarm. Sampai saat ini pun masih belum ada antivirus yang luput dari masalah false alarm tersebut.

Jika anda tertarik untuk menggunakan Microsoft Security Essentials, anda harus mencari tahu dulu versi Windows yang anda pakai. Alasannya, antivirus ini dibuat untuk versi Windows sebelum Windows 8. Sedangkan untuk Windows 8 dan Windows 10 sudah terinstall Windows Defender sebagai penggantinya yang juga sama-sama dikembangkan oleh Microsoft. Download Microsoft Security Essentials terbaru dan gratis melalui link dibawah ini:

[Windows 32 Bit]

[Windows 64 Bit]

[Windows XP Only]
Sending
User Review
5 (1 vote)

Leave a Reply

Send this to a friend