Download MKVToolnix Terbaru

Download MKVToolnix 51.0.0

Download MKVToolnix Terbaru Developer: MKVToolnix
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 18MB
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars Click to voteLoading...



Punya video yang ukuran filenya terlalu besar sehingga harus anda pisah menjadi beberapa bagian sebelum anda kirim ke orang lain melalui email? Atau mungkin ada beberapa file video berukuran kecil yang ingin anda gabungkan? Keduanya bisa dilakukan dengan MKVToolnix, dan kemampuannya tidak sebatas itu saja.

MKVToolnix adalah software berbasis GUI yang dibuat dengan bahasa pemrograman C++ untuk mengedit video. Dari namanya saja, mungkin banyak yang mengira MKVToolnix hanya mendukung file video MKV, tapi kenyataannya banyak format video lain yang juga didukung oleh software yang usianya sudah lebih dari 16 tahun ini.

Fitur dan Kegunaan MKVToolnix

MKVToolnix

Menggabungkan file video

MKVToolnix dapat menggabungkan beberapa video menjadi satu file saja, tapi hanya video-video yang memenuhi syarat yang bisa digabungkan secara lossless. Syarat-syarat tersebut antara lain semua video yang hendak digabungkan harus memiliki codec dan parameter encoding yang sama persis.

Memisahkan file video

Dengan menggunakan fitur split pada MKVToolnix , file video bisa dipisahkan berdasarkan durasi, ukuran file, timestamp, frame, dan chapter. Sebagai contoh, anggap saja anda memiliki file video berukuran 500 MB, lalu anda memilih opsi split berdasarkan output size sebesar 200 MB, maka file video tersebut akan dipisah menjadi tiga file.

Prosesnya juga relatif cepat. Sebuah file MKV berukuran 710 MB bisa dipisah menjadi 14 file hanya dalam waktu sekitar 45 detik.

Muxing dan Demuxing

MKVToolnix dapat menggabungkan data video, data audio, dan subtitle menjadi satu file MKV. Proses ini dinamakan multiplexing atau muxing dan biasanya berlangsung sangat cepat karena sama sekali tidak melibatkan encoding. Codec yang digunakan untuk mengkompres video dan audio tetap dipertahankan seperti apa adanya.

MKVToolnix juga bisa digunakan untuk demultiplexing atau demuxing, yaitu mengambil data video, audio, dan subtitle dari sebuah file video yang kemudian disimpan menjadi tiga file yang terpisah.

Menambahkan atau Menghilangkan Subtitle

Jika suatu saat anda menemukan film dengan subtitle berbahasa asing, subtitle tersebut dapat dihilangkan dengan MKVToolnix agar tidak muncul lagi. Anda dapat menggantinya dengan subtitle berbahasa Indonesia.

Download MKVToolnix Terbaru

Selain format MKV, MKVToolnix juga mendukung MP4, AVI, RealVideo, h264, MPEG, VC1, VP9. Sedangkan format audio yang didukung antara lain MP3, AAC, AC3, DTS, FLAC, RealAudio, MP2, dan Vorbis. Mengenai subtitle tidak perlu dikhawatirkan karena sebagian besar format subtitle sudah didukung oleh MKVToolnix.

Apabila anda ingin mengedit informasi chapter dan header, MKVToolnix juga mampu melakukannya tanpa harus melalui proses remuxing. Caranya yaitu dengan menyeret file ke dalam menu Header Editor atau Chapter Editor.

Secara default tampilan interface MKVToolnix mengikuti skema warna Windows. Jika Windows ditampilkan dalam dark mode, maka MKVToolnix juga akan ditampilkan dalam dark theme. Download MKVToolnix terbaru dan gratis untuk Windows melalui link dibawah ini:

Leave a Reply

Send this to a friend