Download Postman 7.9.0

Download Postman terbaru Developer: Postdot Technologies, Inc.
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 60MB


Sebagian dari Anda mungkin bertanya, apakah API itu? Bagaimana cara kerja sebuah API? Apa yang menyebabkan API begitu populer di kalangan programmer? API adalah akronim dari Application Programming Interface. API merupakan sebuah web service, yaitu sebuah standar yang dipakai untuk mengaplikasikan pertukaran data pada jaringan internet yang ditulis dengan bahasa program yang berbeda atau berjalan pada platform yang berbeda.

API tersusun dari berlapis-lapis dan berbagai elemen seperti functions, protocols, dan tools yang memungkinkan pengembang untuk membuat aplikasi. Tujuan penggunaan API adalah untuk mempercepat proses pengembangan dengan menyediakan function terpisah sehingga pengembang tidak perlu mengulang-ulang membuat fitur yang serupa. Penggunaan API akan terasa ketika fitur yang diinginkan sudah kompleks. Terdapat bermacam-macam jenis sistem API yang dapat digunakan pengembang, termasuk sistem operasi, library, dan web.

Dengan API memungkinkan developer / pengembang untuk mengintegrasikan dua bagian aplikasi atau dengan aplikasi yang berbeda secara bersamaan. Implementasi dari API diantaranya yang terkenal adalah SOAP dan REST.

SOAP (Simple Object Access Protocol) merupakan sebuah protokol untuk melakukan pertukaran informasi terstruktur dalam implementasi web service pada jaringan komputer. SOAP menggunakan ekstensi XML (Extensible Markup Language) sebagai format pesannya, dan bergantung pada protokol layer aplikasi lainnya, terutama HTTP dan SMTP.

REST (REpresentational State Transfer) adalah sebuah arsitektur perangkat lunak untuk sistem terdistribusi berbasis web. Oleh Roy Fielding istilah representational state transfer dikenalkan tahun 2000 pada desertasi doktoralnya. Beliau adalah salah satu penulis utama spesifikasi HTTP versi 1.0 dan 1.1.

Fitur dan Keunggulan Postman

Download Postman terbaru

Tampilan Postman

Postman adalah sebuah plugin untuk browser Chrome yang berfungsi sebagai REST Client, sehingga bisa kita istilahkan Postman ini adalah aplikasi yang bisa digunakan developer / pengembang aplikasi berbasis web untuk melakukan uji coba implementasi API untuk jenis REST.

Ketika seorang programmer membangun sebuah REST API server, lengkap dengan arsitektur dan metode HTTP-nya, ia harus juga membuat REST API client untuk mengeksekusi perintah-perintah pada REST API server yang telah dibuatnya. Namun, proses pembuatannya pun tidak bisa sembarangan dan mungkin memakan waktu yang lama.

Dengan memanfaatkan Postman ini, programmer bisa segera dengan cepat mengetahui apakah metode-metode yang telah dipasang / disetting pada REST API servernya sudah bisa dan siap dugunakan atau belum tanpa membuat REST API clientnya terlebih dahulu. Sehingga, dengan demikian waktu proses development REST API server yang sedang dibangun jadi lebih efisien, karena proses instalasi Postman ini terbilang simple.

Download Postman Terbaru

Postman merupakan sebuah REST client berbasis web yang siap pakai dalam bentuk ekstensi Google Chrome. Apabila Anda adalah seorang programmer yang sedang membangun dan mengembangkan sebuah web servis dalam format REST API server, dan Anda ingin mengujinya namun belum membuat REST API client-nya. Maka, Anda bisa memanfaatkan plugin Postman untuk Chrome ini sebagai REST API client penguji. Download Postman terbaru dan gratis melalui link dibawah ini:

[Windows 32 Bit]

[Windows 64 Bit]
Sending
User Review
5 (1 vote)

Leave a Reply

Send this to a friend