Download Unity 3D 2018.3.11

Download Unity Terbaru Developer: Unity Technologies
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 560MB


Unity 3D atau Unity adalah sebuah game engine berbasis cross-platform. Unity dapat dimanfaatkan untuk merancang dan membuat aplikasi game untuk perangkat komputer berbasis Windows, perangkat smartphone berbasis Android dan iPhone, serta untuk konsol game PS3 dan XBox.

Pada proyek pembuatan game yang dirancang untuk beberapa platform bersamaan, developer game bisa merasa cukup kesulitan karena terkendala perbedaan bahasa pemrograman yang digunakan, sehingga harus membuat script dan kode yang berbeda untuk tiap platform. Setelah berkembangnya teknologi game engine, developer bisa menjembatani perbedaan bahasa program ini, sehingga dapat memangkas dan mempersingkat panjangnya proses dan timeline pengerjaan proyek game tersebut.

Unity sudah dapat mendukung untuk beberapa bahasa development aplikasi seperti C#, UnityScript (berformat JavaScript), dan BooScript yang dapat berintegrasi dengan bahasa program Phyton. Dari ketiga bahasa tersebut, umumnya developer lebih banyak menggunakan C# dan UnityScript.

Unity mendukung untuk desain game jenis 2D (2 dimensi) maupun 3D (3 dimensi). Aset gambar objek pendukung yang tersedia pun beragam, mulai dari 2D yang sederhana hingga 3D yang rumit. Unity juga dapat melakukan import aset gambar dari software desain lainnya, seperti AutoDesk 3dsMax, AutoDesk Maya, Blender, Cinema 4D, Adobe Photoshop, Adobe Fireworks, dan sebagainya.

Fungsi dan Kegunaan Unity

Download Unity Terbaru

Unity adalah sebuah aplikasi game engine yang dasarnya tidak didesain untuk proses desain / modelling, Unity bukan bukan tool untuk mendesain objek. Untuk membuat model desain, seorang programmer disarankan sebaiknya menggunakan program modelling 3D di luar workspace Unity, seperti 3dsMax atau Blender. Sebagai game engine banyak yang bisa dikerjakan dengan Unity, diantaranya fitur audio reverb zone, particle effect, dan sky box.

Untuk scripting disediakan dukungan 3 bahasa pemrograman, UnityScript (Javascript), C#, dan BooScript. Flexible, easymoving, rotating, dan scaling objek bisa dilakukan hanya dengan satu baris kode. Begitu juga dengan duplicating, removing, dan changing properties. Visual properties variables didefinisikan dengan script dan ditampilkan pada editor. Bisa digeser, drag-drop, dan bisa memilih color menggunakan color picker.

Unity menggunakan konsep yang dinamakan Parenting. Konsep ini digunakan untuk membuat sebuah GameObject menjadi “child” dari GameObject yang lain. Jika Anda paham konsep hirarki pada penyusunan data pada Flash atau Dreamweaver dan rigging pada 3dsMax, Anda akan cepat sekali memahami konsep Parenting pada Unity ini. Karena pada dasarnya konsep hirarki ini terdapat pada semua bentuk alur pemrograman, hanya impementasinya saja yang berbeda-beda.

Project game hasil rancangan Unity ini dapat didukung untuk platform Android, iOS, Windows, Linux, Web Player, PS3, XBox, Wii U, dan masih banyak lagi. Dengan luasnya dukungan platform dari aplikasi Unity ini, para developer pun jadi lebih cepat dan efisien dalam berkarya serta mengupdate hasil karya mereka untuk segera dipublikasikan untuk aplikasi lintas-platform. Sejumlah judul game populer yang didesain menggunakan Unity ini diantaranya Temple Run, Three Kingdom Online, Galactic Rush, dan lain-lain.

Download Unity Terbaru

Unity adalah sebuah game engine yang menggunakan konsep Parenting yang notabene merupakan implementasi dari konsep hirarki yang umum digunakan pada aplikasi programming pendahulunya. Unity merupakan game engine yang mudah dipelajari untuk pemula sekalipun karena dukungan / support yang tersedia di dalam aplikasi ini. Download Unity terbaru dan gratis melalui link dibawah ini:

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5,00 out of 5)
Loading...

Leave a Reply

Send this to a friend