Download Waterfox Terbaru

Download Waterfox 56.2.14

Download Waterfox Terbaru Developer: Waterfox
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 73MB



Waterfox adalah browser yang disediakan dalam dua versi, yaitu Waterfox Classic dan Current. Waterfox Classic mempertahankan fitur-fitur lama, sedangkan versi Current merupakan versi modern yang ditujukan untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi web.

Kedua versi tersebut sama-sama direncanakan akan terus diperbarui. Tetapi, ada bedanya. Versi klasik hanya akan mendapatkan update seputar perbaikan bug dan celah keamanan, sedangkan versi Current akan mendapatkan fitur-fitur baru yang tidak ada di dalam versi klasik. Meskipun demikian, bukan berarti versi klasik tertinggal jauh. Ada keuntungan tersendiri dalam menggunakannya dibandingkan versi Current.

Fitur dan Keunggulan Waterfox

Download Waterfox Terbaru

Tampilan Waterfox Terbaru

Versi klasik terus dipertahankan karena ditujukan untuk menyasar niche pengguna yang sangat spesifik, yaitu pengguna yang tidak bisa lepas dari fitur-fitur lama, terutama fitur-fitur yang diperoleh dari add-on klasik (legacy) yang tidak lagi didukung oleh Mozilla Firefox Quantum.

Waterfox memang merupakan fork dari Mozilla Firefox, tapi dibuat khusus untuk arsitektur 64-bit dan dioptimasi sedemikian rupa agar lebih cepat dan lebih nyaman. Faktor lain yang membuat pengguna lebih memilih Waterfox adalah tidak adanya telemetri di dalam browser tersebut. Praktik pengumpulan data yang dilakukan Mozilla Firefox melalui telemetri memang mengundang kontroversi di kalangan para geek sehingga sebagian di antara mereka beralih menggunakan browser lain.

Terlepas dari kontroversi tersebut, versi klasik Waterfox menyimpan daya tarik tersendiri bagi para pengguna yang sudah terbiasa dengan berbagai add-on populer jaman dulu seperti Tab Mix Plus, Add Bookmark Here, Classic Theme Restorer, Scrapboox, DownThemAll, All-in-One Sidebar dan lain-lain. Daya tarik versi klasik Waterfox didukung pula dengan dark theme, tapi sayangnya tidak sesempurna dark theme pada Waterfox Current.

Di sisi lain, menggunakan Waterfox Current terasa seperti menggunakan Mozilla Firefox versi terbaru. Tampilannya mirip, bagian-bagian konfigurasinya juga tidak jauh berbeda. Versi modern Waterfox ini pun dapat menginstall sebagian besar add-on dari halaman add-on Mozilla Firefox. Asalkan halaman add-on yang anda buka menampilkan tombol Add to Firefox, maka add-on tersebut bisa digunakan untuk Waterfox.

Download Waterfox Terbaru

Sebenarnya, tidak ada fitur yang inovatif di Waterfox. Setidaknya untuk saat ini. Hampir semua yang bisa anda lakukan di Waterfox juga bisa dilakukan di Mozilla Firefox. Berbeda sekali dengan browser lain seperti Vivaldi yang merupakan turunan Chromium tapi penuh dengan fitur-fitur baru.

Jadi, tidak banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan dari menggunakan Waterfox, kecuali jika memang anda benar-benar membutuhkan satu atau beberapa add-on klasik yang tidak lagi bisa digunakan di Mozilla Firefox. Keuntungan lainnya, penggunaan memori di Waterfox sedikit lebih ringan daripada di Mozilla FIrefox. Dan tentu saja, anda mendapatkan privasi yang lebih terjamin karena tidak ada telemetri di dalam Waterfox. Download Waterfox terbaru dan gratis melalui link dibawah ini:

Leave a Reply

Send this to a friend