Fitur Tab File Explorer Kurangi Penggunaan RAM Windows 11

Fitur Tab File Explorer Kurangi Penggunaan RAM Windows 11

NESABAMEDIA.COMWindows 11 akhirnya mendapatkan dukungan untuk Tab di File Explorer dengan hadirnya Sun Valley 2 atau versi 22H2, yang akan diluncurkan pada musim gugur nanti.

Dukungan tab seperti yang ada di browser pada File Explorer akhirnya akan membuat pengguna lebih mudah untuk beralih antar jendela yang berbeda. Selain Tab, File Explorer juga mendapatkan sidebar navigasi yang baru. 

Microsoft mengirimkan File Explorer yang baru ke Windows 11 di saluran Beta dan Pengembang. Fitur tab yang baru, yang diaktifkan secara default, memungkinkan anda untuk beralih antar jendela File Explorer yang berbeda dengan mudah. Dengan kata lain, anda tidak perlu lagi membuka jendela baru yang terpisah setiap kali anda ingin menjelajahi lebih dari satu folder atau direktori di waktu yang sama.

Jika dibandingkan dengan membuka jendela baru, tab baru di dalam File Explorer menggunakan memori yang minimal. Perilaku ini telah diuji coba dan pengguna lain juga melaporkan hasil yang sama. Misalnya, jika anda meluncurkan tab baru, ini hanya akan menambahkan beberapa MB dari proses File Explorer yang sudah ada. 

Faktanya, jumlah memori yang digunakan File Explorer hanya bertambah sebesar 1MB saja. Ini akan sangat berguna jika anda memiliki kebiasaan membuka beberapa jendela File Explorer secara bersamaan. Dengan membuka tab baru, anda bisa bisa mengurangi penggunaan sumber daya perangkat dan tetap produktif. 

Pembaruan ini dikirimkan secara bertahap dan terjadwal, sehingga ada kemungkinan nantinya Microsoft akan menambahkan penyempurnaan lebih lanjut ke kinerja File Explorer. Semua pengguna akan mendapatkan fitur ini bersamaan dengan hadirnya Windows 11 22H2 pada musim gugur nanti. 

Microsoft tampaknya menguji File Explorer baru ini dengan beberapa pengguna di Windows 11 22H2 atau yang lebih baru. Menurut penjelasan Microsoft, File Explorer dengan Tab dan sidebar navigasi akan mulai meluncur ke lebih banyak pengguna dalam beberapa pekan mendatang.

Jika dukungan tab menjanjikan kinerja yang lebih baik, maka panel navigasi baru File Explorer akan mengurangi kekacauan tampilan. Layout yang telah diperbarui untuk sidebar menjadikan lebih mudah bagi pengguna untuk menjelajahi direktori. Ini menyediakan akses cepat ke folder yang sering digunakan dan juga profil awan OneDrive yang telah ditambahkan ke Windows.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend