iPhone 15 Bakal Gunakan Antarmuka USB-C, Tinggalkan Lightning

iPhone 15 Bakal Gunakan Antarmuka USB-C, Tinggalkan Lightning

NESABAMEDIA.COMBaru-baru ini, Ming-Chi Kuo, yang merupakan analis Apple terkenal mengatakan dalam sebuah artikel bahwa perusahaan itu akan memilih menggunakan antarmuka USB-C untuk iPhone 15 di tahun 2023 mendatang. Berita ini pun menarik perhatian global, karena ini menjadi langkah besar Apple selama satu dekade terakhir. 

Menurut laporan tersebut, saat ini Apple masih menggunakan antarmuka Lightning, yang pertama kali diluncurkan dengan iPhone 5 pada tahun 2012 silam. Saat itu, antarmuka ini mendapatkan sambutan hangat dan apresiasi besar, karena manfaat yang dibawa. Ini begitu ringkas, dan memiliki penyisipan positif dan negatif yang lengkap.

Namun sepuluh tahun kemudian, atau pada 2022 ini, kecepatan transfer USB 2.0 dari antarmuka Lightning, dukungan pengisian cepat, dan lainnya yang ada di sana, telah menjadi kendala yang justru membatasi pengembangan iPhone.

Meski demikian, protokol MFi dari antarmuka Lightning bisa membawa manfaat besar bagi Apple setiap tahun. Sebab, mereka tidak perlu mengeluarkan biaya lisensi, dan ini menjadi alasan penting mengapa Apple terus mempertahankan antarmuka itu.

iPad secara bertahap mulai mengganti dengan penggunaan USB-C. Dengan demikian, penggunaan antarmuka USB-C pada iPhone 15 juga akan dilakukan. Ini akan memberikan peningkatan yang sangat besar dalam kecepatan pengisian daya. Terlepas dari semua hal positifnya, beberapa pengguna sebenarnya mengaku enggan untuk beralih ke USB-C.

Ada dua alasan utama mengapa beberapa pengguna tidak menginginkan antarmuka USB-C. Salah satunya adalah antarmuka Lightning sangat kecil, jauh lebih kecil dari USB-C. Yang kedua adalah karena antarmuka Lightning memiliki masa pakai yang lebih lama. Selama ini, jarang dikabarkan kerusakan pada antarmuka tersebut, namun di sisi lain antarmuka USB-C lebih rentan terhadap kerusakan.

Banyak produk Apple lain yang kini sudah beralih menggunakan USB-C dan mendukung Thunderbolt 3, dan bahkan Thunderbolt 4. Yang terakhir mungkin tidak hanya memiliki kecepatan transmisi yang tinggi, namun juga kompatibel dengan pengisian cepat dan sinyal video output DP. 

Sementara pengguna yang mendukung penggunaan USB-C, menilai peralihan ini akan semakin mendekatkan langkah dalam mewujudkan antarmuka terpadu, dan akan mengurangi limbah elektronik.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend