• Our Partners:

Beberapa Jenis-Jenis Teks Eksposisi

8 Jenis-Jenis Teks Eksposisi Beserta Contohnya, Yuk Disimak!

Teks eksposisi merupakan jenis teks yang digunakan untuk menjelaskan hal tertentu dengan padat, singkat dan jelas. Hal ini dapat mempermudah pembaca dalam memahami apa maksud atau pesan yang terdapat dalam paragraf tersebut.

Hal ini juga dapat membantu penulis untuk lebih mudah dalam menulis. Karena pesan yang disampaikan harus jelas agar semua pembaca dapat memahami dengan benar dan tidak ada kesalahpahaman dalam penafsirannya.

Sehingga dalam mengembangkan tulisan yang mengandung teks eksposisi perlu dicermati setiap kata yang akan dituliskan. Berikut merupakan jenis-jenis teks eksposisi yang dapat mempermudah pemahaman kita mengenai teks eksposisi tersebut:

1. Teks Eksposisi Definisi

Jenis-Jenis Teks Eksposisi Definisi

Teks eksposisi definisi merupakan jenis kalimat eksposisi yang mengandung penjelasan atau pengertian terhadap suatu topik atau hal tertentu. Informasi yang dimuat dalam teks eksposisi dapat dijadikan sebagai referensi mengenai penjelasan yang mudah dimengerti. Berikut contoh teks eksposisi definisi:

  • Lagu anak adalah lagu yang mengandung nilai-nilai yang sesuai untuk usia anak-anak. Sehingga pemilihan katanya pun terkesan sederhana dan mudah dipahami oleh anak-anak yang berusia 6 – 12 tahun. Sehingga tidak semua lagu yang dapat dinyanyikan oleh anak-anak dikategorikan sebagai lagu anak.
  • Indonesia merupakan negara republik yang beribukota Jakarta. Indonesia menjadi salah satu negara di bagian Asia Tenggara yang dilintasi garis khatulistiwa. Dikenal sebagai negara kepulauan dan memiliki sekitar 17.504 Pulau yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Indonesia menjadi negara dengan penduduk terbesar keempat di Dunia dengan jumlah lebih dari 230 juta jiwa.

2. Teks Eksposisi Analisis

Teks Eksposisi Analisis

Teks eksposisi analisis merupakan jenis kalimat eksposisi yang mengandung penjelasan mengenai analisis suatu topik yang menjadi gagasan utama. Eksposisi analisis dapat digunakan sebagai kalimat-kalimat dalam penelitian, pengungkapan peristiwa, dan sebagainya. Pembahasan masalah dari suatu gagasan utama yang diulas dibagi-bagi menjadi subbagian dan diceritakan atau dijelaskan secara berurutan. Berikut contoh teks eksposisi analisis:

  • Banyak teori yang mengulas tentang kematian Merilyn Monroe. Beberapa informasi tersebut mencari latar belakang kematian tersebut. Ada beberapa pendapat yang menyatakan bahwa dia diancam oleh mafia. Sumber lain mengatakan terdapat seorang deketif yang mengungkapkan bahwa Merilyn memiliki hubungan dengan J.F Kennedy. Sehingga dia dibunuh untuk menutupi kejadian yang dapat merusak nama baik tokoh-tokoh penting di Amerika Serikat (AS)
  • Malaysia Airlines mengalami kecelakaan lagi dan terjadi di Ukraina. Dengan Pesawat MH17 Boeing 777 (Malaysia Airlines) yang jatuh di Ukraina masih belum dievakuasi oleh pemerintah setempat. Hal ini disebabkan pesawat tersebut terjatuh tepat di daerah konflik. Muncul spekulasi bahwa pesawat tersebut jatuh bukan karena kerusakan mesin, melainkan karena ditembak jatuh oleh para pemberontak Ukraina yang mengira pesawat tersebut adalah pesawat milik pemerintah Ukraina.

3. Teks Eksposisi Berita

Jenis-Jenis Teks Eksposisi Berita

Teks eksposisi berita merupakan jenis kalimat eksposisi yang berisikan berita mengenai suatu peristiwa/kejadian, acara atau hal-hal serupa. Teks eksposisi berita dapat digunakan sebagai media penyampaian peristiwa yang sudah atau sedang terjadi. Berikut contoh teks eksposisi berita:

  • Pada tanggal 1 April 2015, Nepal mengalami bencana alam gempa. Pada kejadian tersebut, terdapat beberapa Warga Negara Indonesia yang hilang dan belum ditemukan. Mereka adalah para pendaki anggota Taruna Hiking Club atau THC Bandung, yaitu Jeroen Hehuwat, 39 tahun; Kadek Andana, 26 tahun; dan Alma Parahita, 31 tahun. Mereka kehilangan kontak dengan teman-temannya saat gempa berlangsung. Namun, diperkirakan para pendaki ini berada di daerah Langtang. Sehingga dengan adanya informasi tersebut, Pemerintah segera memberikan instruksi ke BASARNAS dan TNI untuk melakukan evakuasi.
  • Pada tanggal 25 Desember 2016 yang bertepatan hari minggu, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur diguncang gempa berkekuatan 6,6 Skala Richter pada pukul 02.30 WIB. Getaran dari gempa yang terjadi terasa hingga Pulau Bali. Selain itu, Gempa juga dirasakan sedang hingga kuat di Sumbawa Barat, Bima, Lombok, Praya, Kota Mataram hingga Pulau Bali, jelas Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan bahwa gempa terjadi pada Jumat, 30 Desember pukul 05.30 WOB dengan hiposenter gempa pada koordinat 9,37 Lintang Selatan, 118,63 derajat Bujur Timur. Sumber gempa berasal dari subduksi pertemuan lempeng Hindia Australia dan Eurasia serta kabarnya tidak berpotensi tsunami.

4. Teks Eksposisi Proses

Teks Eksposisi Proses

Teks eksposisi proses merupakan jenis paragraf eksposisi yang menjelaskan mengenai urutan pembuatan, tata cara, atau langkah-langkah dalam membuat atau melakukan sesuatu. Dengan adanya teks eksposisi proses ini, kita dapat melakukan atau membuat sesuatu dengan lebih mudah karena ada langkah-langkah yang jelas. Berikut contoh teks eksposisi proses:

  • Cara membuat teh: pertama siapkan peralatan dan bahannya seperti gelas, air panas, sendok, gula atau madu, teh celup, dan bahan tambahan seperti lemon. Dapat disesuaikan dengan keinginan. Kedua, masukkan teh celup kedalam gelas yang berisi air panas. Kemudian tambahkan gula atau madu, dan aduk-aduk agar tercampur rata. Dapat juga ditambahkan perasan air lemon sesuai dengan selera.
  • Cara memasak mie instant: pertama siapkan peralatan bahannya seperti panci kecil, air, piring, sendok, garpu, mie instant, dan toping sesuai selera. Kedua, panaskan air hingga mendidih, kemudian masukkan mie kedalam air mendidih, dan masak 3-5 menit. Ketiga, tuangkan bumbu ke piring, dan tiriskan mie instant. Lalu aduk semua bumbu agar tercampur rata. Setelah itu juga dapat ditambahkan toping seperti telor mata sapi, sayuran dan sebagainya.

5. Teks Eksposisi Ilustrasi

Jenis-Jenis Teks Eksposisi Ilustrasi

Teks eksposisi ilustrasi merupakan jenis paragraf eksposisi yang menjelaskan mengenai gambaran singkat mengenai suatu peristiwa atau hal lain agar dapat dipahami oleh pembaca dengan mudah. Berikut contoh teks eksposisi ilustrasi:

  • Kebijakan yang diterapkan oleh Pemerintah terkadang berat dijalani oleh masyarakat kalangan menengah ke bawah. Contohnya seperti kenaikan BBM yang membuat masyarakat gelisah. Kenaikan BBM ini dapat membuat beragam harga jasa dan produk menjadi naik. Sehingga masyarakat harus memutar otak untuk tetap dapat memenuhi kebutuhannya.
  • Pada zaman yang sangat canggih ini, semakin sulit untuk menemukan orang yang benar-benar baik dan jujur. Seperti mencari jarum didalam jerami. Sulit untuk mendapatkannya. Butuh ketelitian dan kejelian yang ekstra untuk mendapatkan hal tersebut.

6. Teks Eksposisi Pertentangan

Teks Eksposisi Pertentangan

Teks eksposisi pertentangan merupakan jenis kalimat eksposisi yang berisikan gagasan-gagasan yang saling bertentangan atau tidak saling mendukung. Sehingga terdapat perbedaan sudut pandang atau tanggapan. Berikut contoh teks eksposisi pertentangan:

  • Alam semesta memiliki banyak komponen didalamnya. Contohnya seperti bumi dan langit. Keduanya memiliki perbedaan yang sangat signifikan. Pada umumnya, langit terletak diatas, dan bumi akan terletak dibawah. Sehingga langit akan terlihat lebih tinggi daripada bumi. Ketika kita setiap hari dapat memijakkan kaki di bumi, namun kita tidak akan bisa memijakkan kaki di langit.
  • Olahraga yang dilakukan dengan cepat tidak hanya lari saja. Terdapat dua jenis olahraga yang biasanya dipandang sama namun nyatanya berbeda. Seperti lari dan jalan cepat. Lari membutuhkan usaha yang lebih besar dibandingkan dengan jalan cepat. Perbedaan lainnya adalah posisi kaki ketika lari, akan ada tahap dimana kaki tidak sepenuhnya menapak di tanah. Namun, jika pada jalan cepat, posisi kaki selalu menapakkan di tanah. Jalan cepat dilakukan dengan biasa saja seperti cara jalan pada umumnya namun dengan ritme yang agak lebih cepat dari kondisi normal.

7. Teks Eksposisi Perbandingan

Teks Eksposisi Perbandingan

Teks eksposisi perbandingan merupakan kalimat eksposisi yang berisikan gagasan kalimat utama yang dibandingkan dengan beberapa hal lain yang serupa. Berikut contoh teks eksposisi perbandingan:

  • Bakso merupakan makanan yang banyak digemari masyarakat. Proses pengolahannya pun semakin bervariasi. Kini bakso tidak hanya disajikan dengan kuah, namun ada juga yang dibakar dan digoreng. Tidak hanya bakso saja, makanan serupa bakso yang dinamakan cilok juga begitu. Cilok merupakan jenis makanan yang berbahan dasar tepung menjadi cemilan favorit masa kini. Dulu cilok hanya tersedia dengan kuah saja, namun saat ini sudah banyak variasi cilok seperti cilok bakar dan cilok goreng. Sehingga dapat dinikmati dengan beragam variasi sesuai dengan selera masing-masing.
  • Sekolah dasar terdapat 2 jenisnya yaitu Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI). Kedua sekolah dasar ini memiliki pelajaran agama. Pada SD hanya difokuskan pada pelajaran agama saja tanpa ada spesifikasi. Namun ketika di MI, pelajaran agama terdapat spesifikasinya seperti Ilmu Fiqih, Al-Quran dan Hadist, dan sebaianya.

8. Teks Eksposisi Klasifikasi

Jenis-Jenis Teks Eksposisi Klasifikasi

Teks eksposisi klasifikasi merupakan jenis kalimat eksposisi yang berisikan pengelompokan terhadap sesuatu. Sehingga penggolongan ini dilakukan untuk mempermudah pemahaman atau disesuaikan dengan tujuan masing-masing. Berikut contoh teks eksposisi klasifikasi:

  • Kata imbuhan dapat dikelompokkan menjadi 2 jenis yaitu imbuhan awalan dan imbuhan akhirn. Imbuhan awalan merupakan imbuhan yang dibubuhkan di awal suatu kata. Imbuhan yang biasa disebut dengan prefiks ini terdiri atas beberapa macam seperti me- ke-, di-,dan juga ter-. Sedangkan pada imbuhan akhiran atau sufiks adalah imbuhan yang justru dibubuhkan di akhir sebuah kata. Seperti contohnya adalah -an, -kan, -nya, -lah, -kah, -tah, dan juga -pun.
  • Sampah dapat dikelompokkan menjadi 2 jenis yaitu sampah organik dan an-organik. Sampah organik dikhususkan untuk jenis sampah yang mudah membusuk seperti sayuran, makanan, dan sebagainya. Sedangkan sampah an-organik dikususkan untuk jenis sampah yang tidak bisa membusuk seperti plastik, kertas, pembungkus makanan, dan sebagainya.

Adanya pemahaman mengenai jenis-jenis teks eksposisi serta dilengkapi dengan contohnya dapat membantu mempermudah anda dalam mendapatkan isi pesan yang terkandung dalam setiap paragraf teks eksposisi yang dimaksudkan. Tidak semua teks eksposisi ditujukan ke semua orang dalam konteks yang umum, namun kasus spesifik juga bisa dituliskan melalui paragraf eksposisi untuk tipe pembaca yang spesifik. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih.

Leave a Reply

Send this to a friend