Kaby Lake-G Dapatkan Sertifikasi Driver Untuk Windows 11

Kaby Lake-G Dapatkan Sertifikasi Driver Untuk Windows 11

NESABAMEDIA.COMDalam sebuah keputusan yang tidak terduga di menit-menit terakhir, Intel telah sepenuhnya mengkonfirmasi bahwa mereka dan AMD sedang berupaya untuk merilis driver grafis yang diperbarui untuk jajaran APU hybrid Kaby Lake-G. Informasi dari forum Intel, driver tersebut sudah selesai dan telah ditransfer ke AMD untuk pengujian akhir. Kabar baiknya lagi adalah, driver tersebut telah bersertifikasi Windows 11.

Arsitektur Kaby Lake-G lahir dari kolaborasi paling aneh yang pernah ada di industri semikonduktor dengan AMD dan Intel yang mengerjakan satu produk bersama-sama. Kedua perusahaan mengesampingkan sifat kompetitif mereka untuk membuat APU baru yang menampilkan grafis Vega RX di dalam SoC Kaby Lake. APU baru ini berfokus untuk bisa menjadi pesaing dari kartu grafis Pascal Max-Q generasi pertama Nvidia.

Perangkat flagship pertama yang memanfaatkan kekuatan Kaby Lake-G adalah Hades Canyon NUC 8, yang menampilkan Core i7-8809G dengan empat core, delapan thread, dan 24 unit komputasi Vega RX GPU. Kinerjanya cukup mengesankan dalam sasis kompak yang begitu kecil dan kinerja gamingnya secara mengejutkan mendekati GPU kelas desktop GTX 1060 6GB, dengan peringkat daya hanya 100W.

Terlepas dari semua ini, sayangnya dukungan driver untuk chip Kaby lake-G hampir tidak dimaintain dengan baik. Pada tahun 2019 Intel membiarkan pengguna terkatung-katung selama setahun penuh sebelum driver grafis Game-Ready baru keluar untuk Kaby Lake-G. Bahkan saat itu ‘driver baru’ hanyalah PDF reader yang mengarahkan pengguna ke portal unduhan AMD, yang memungkinkan pengguna mengunduh driver Adrenalin 2020 alih-alih driver Intel.

Sayangnya hal itu juga berumur pendek. Beberapa bulan kemudian pada Juni 2020, AMD diam-diam mematikan dukungan driver Kaby Lake-G dalam program driver Adrenalin utamanya. Membiarkan pengguna terdampar dengan driver lama yang tidak memiliki peningkatan driver untuk pembaruan Windows 10 2004 yang baru.

Mengingat rekam jejak Intel dan AMD, sungguh menakjubkan mendengar pembaruan driver baru akan datang ke Kaby Lake-G dan ini juga merupakan driver yang didukung Windows 10 dan 11. Dukungan ini akan memberi Kaby Lake-G sedikit dukungan ekstra untuk pemilik lama.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend