• Our Partners:

Kakao Talk Akhirnya Ikuti Aturan Google Play Store

Kakao Talk Akhirnya Ikuti Aturan Google Play Store

NESABAMEDIA.COM – Platform pesan instan asal negeri ginseng, Korea Selatan, kini kembali memberikan pernyataan mereka bahwa akan segera mengikuti proses kebijakan pembayaran yang ada di Gooogle. Kakao Talk telah setuju untuk kembali memilih peraturan pembayaran sesuai dengan ketentuan Google, Jumat (15/7).

Google Play Store sebelumnya telah memblokir akses pembaharuan untuk aplikasi Kakao Talk di Korea Selatan. Hal ini disebabkan oleh kebijakan Google yang dilanggar oleh Kakao Talk, kebijakan ini  mengenai tata cara pengguna untuk berlangganan fitur premium.

Google Play Store memiliki tata cara metode pembayaran yang telah mereka tetapkan, di mana memungkinkan pengguna untuk dapat berlangganan menggunakan pembayaran kartu kredit/debit, Google Pay, dan lainnya.

Namun, informasi yang didapatkan ialah Kakao Talk memiliki metode pembayarannya sendiri, yang mana Google sebut sebagai Eksternal Payment. Pembayaran di luar pengetahuan Google tersebut tentunya melanggar kebijakan yang Kakao Talk setujui.

Maka dari itu, Google memutuskan untuk memblokir layanan Kakao Talk untuk melakukan pembaharuan kepada seluruh penggunanya, khususnya di Korea Selatan. Kakao Talk sendiri menjadi platform populer di Korea Selatan.

Dilansir dari TechCrunch, Kakao Talk telah mengikuti kebijakan Google untuk menghapus pilihan Eksternal Linkdalam metode pembayaran mereka. Pihak Kakao Talk menyatakan bahwa mereka menghapus dan memberlakukan kembali metode pembayaran sesuai TermGoogle Play, untuk kenyaman konsumen.

Menurut peraturan Google, Kakao Talk telah melanggar beberapa peraturan terkait pembayaran dan membahayakan sistem Google Play Store yang tidak memiliki integrasi pembayaran dengan Eksternal Link. Karena memang, Google telah menerapkan apa saja metode pembayaran yang dapat dilakukan oleh pengguna.

Pada akhirnya, pada awal Juni kemarin Google telah resmi memberhentikan Kakao Talk dari layanan pembaharuan mereka, khususnya untuk pengguna dari Korea Selatan. Ini membuat banyak pengguna yang memberikan tanggapan sinis atas tindakan kedua perusahaan.

Kakao Talk sendiri telah mengumpulkan oleh lebih dari 50 Juta pengguna dari seluruh dunia, dan didominasi oleh pengguna dari Korea Selatan. Baru-baru ini, Google juga telah merilis fitur piliah yang disebut sebagai “User Choice”, metode pembayaran pilihan yang mulai berlaku untuk pengguna Spotify.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend