7 Manfaat Mempelajari Ilmu Komputer yang Harus Anda Ketahui

Perkembangan IT pada saat sekarang ini telah berkembang pesat, karena semua hal pasti memerlukannya. Contohnya saja saat kamu ingin buru-buru ke suatu tempat tetapi tidak memiliki kendaraan pribadi, kamu dapat mengatasinya dengan menggunakan transportasi online seperti Gojek maupun Grab.

Kamu hanya memesan transportasi online apa saja seperti motor maupun mobil hanya menggunakan smartphone. Bukan hanya dapat diandalkan pada saat mendesak tapi transportasi online juga sangat membantu orang-orang yang ingin pergi ke suatu tempat tanpa memikirkan kendaraan.

Manfaat Mempelajari Ilmu Komputer

Nah, untuk kita bisa menghasilkan produk-produk IT lainnya kita juga harus mempelajari ilmu komputer. karena komputer merupakan alat untuk memudahkan kerja manusia dalam waktu yang lebih singkat dan dapat mengolah data, menghitung serta sebagai sarana menyampaikan informasi secara akurat.

Adapun manfaat-manfaat dari mempelajari ilmu komputer lainnya yaitu :

1. Terlihat Lebih Keren

murid

Image : Lifewire

Manfaat pertama yang dirasakan oleh orang yang mempelajari Ilmu komputer adalah sering dianggap lebih keren daripada orang yang mempelajari ilmu lainnya. Karena mempelajari ilmu komputer sering dianggap canggih dan penggunaannya sering sekali membantu orang banyak.

Dan biasanya orang yang mempelajari ilmu komputer sering dimintai untuk mengajarkan seseorang mengoperasikan komputer ataupun mengerjakan sesuatu terkait dengan komputer. Mempelajari ilmu komputer juga sering dianggap berbakat dan gaul.

Hal itu lah yang mendasari orang-orang menganggap orang yang mempelajari ilmu komputer terlihat lebih keren.

2. Prospek Kerja yang Luas

komputer

Image : hallo sehat

Tidak dipungkiri lagi bahwasanya komputer adalah alat yang sering di gunakan pada setiap perusahaan. Karena dengan komputer, perusahaan dapat menyimpan data, mengolah data dan mengirimkan data. Maka dari itu, kita harus mempelajari ilmu komputer agar mendapatkan nilai plus saat memasuki dunia pekerjaan.

Contohnya saja di lowongan pekerjaan biasanya akan lebih diutamakan untuk orang yang menguasai Microsoft Office seperti word, excel maupun power point.

Tidak hanya itu,  kamu dapat berkarir dengan hanya mempelajari ilmu komputer seperti menjadi seorang blogger, dan apabila tulisan kamu bermanfaat dan dapat menginspirasi setiap orang, maka kamu akan mendapatkan uang dengan menjadi blogger. Dan juga kamu dapat menjadi seorang youtuber.

Menjadi youtuber di era digital sekarang ini sangatlah menjanjikan. Karena semua orang telah menonton youtube dan apabila kamu ingin menjadi seorang youtuber kamu harus memiliki skill editing video, dan jadilah youtuber yang bermanfaat untuk orang lain.

Penghasilan youtuber sekarang ini pun termasuk banyak apabila jumlah viewsnya melonjak naik secara signifikan.

3. Memudahkan Pekerjaan Kamu

belajar

Image : u-planner

Seperti yang dibilang pada poin nomor dua, setiap instansi perusahaan pasti selalu menggunakan komputer untuk proses pengerjaannya. Karena komputer adalah alat yang dapat memudahkan pekerjaan manusia, dan proses kerja pun dilakukan menjadi lebih cepat dan mudah.

Apalagi ditambah dengan adanya akses internet, maka semua data yang ada di komputer dapat dikirimkan dengan mudah ke komputer lain. Maka dari itu, apabila kamu ingin mempelajari ilmu komputer, maka kamu dapat mempelajarinya dari sekarang.

Baca Juga: Begini Cara Mengaktifkan Fitur God Mode di Windows 10

Dan juga ketika mengerjakan sesuatu menggunakan komputer, kita dapat mengeditnya saatitu juga. Contohnya saja apabila kita mengetik pada mesin tik pasti kita tidak dapat menghapusnya. Sedangkan menggunakan komputer kita hanya tinggal mengetik backspace saja.

4. Terlihat Lebih Pintar

murid

Image : Newsroom – University of Richmond

Kedokteran biasanya di cap sebagai jurusan yang memiliki mahasiswa dan mahasiswi terpintar. Karena kedokteran termasuk jurusan yang mengadopsi semua cabang ilmu seperti matematika, biologi, kimia dan fisika. Dan juga mahasiswa kedokteran harus terampil dalam mengoperasi seseorang.

Terlebih lagi passing grade dari setiap Universitas, jurusan kedokterannya pasti yang paling pertama. Tetapi tahukah kamu bahwasanya pilihan kedua dari jurusan yang di cap memiliki mahasiswa dan mahasiswi terpintar adalah jurusan komputer ?

Ini dibuktikan dari passing grade pada setiap jurusan komputer di Universitas yang ada di Indonesia selalu menjadi tertinggi yang kedua setelah kedokteran.

5. Dapat Meningkatkan Karir

belajar

Image : Arkansas Money and Politics

Manfaat dari mempelajari ilmu komputer lainnya yaitu dapat meningkatkan karir. Menyambung dari yang sebelumnya, karena dengan menggunakan komputer dapat memudahkan pekerjaan setiap manusia, maka kita sebagai pengguna dapat bekerja lebih produktif dengan tenaga dan waktu yang minim. Jadi, kita dapat lebih banyak menghemat waktu dan bekerja lebih produktif lagi.

Baca Juga: 2 Cara Menghilangkan Search Protect dari Laptop / Komputer

Tidak hanya itu, mempelajari ilmu komputer juga merupakan investasi masa depan. Tidak dipungkiri lagi bahwa penggelut dunia IT saat ini sangatlah banyak dan banyak juga wadah yang  menerima orang-orang yang memiliki skill komputer.

6. Dapat Mendirikan Start-Up Digital

start up

Image : Sacred Heart University

Dunia start up saat ini sangatlah banyak menjadi pusat perhatian. Contohnya saja seperti Gojek, BukaLapak, Tokopedia hingga Blibli. Tidak hanya itu, awalnya perusahaan-perusahaan besar yang ada di Indonesia awalnya adalah dari Start up.

Start up adalah merujuk pada perusahaan yang belum lama beroperasi. Perusahaan-perusahaan start up tersebut adalah perusahaan yang baru di dirikan dan berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat. Perusahaan Start up kian populer setelah masa gelembung dot-com. Dimana banyak perusahaan-perusahaan yang menggunakan dot-com didirikan secara bersamaan.

Nah, lebih sederhananya lagi bisnis start up adalah bisnis yang baru berkembang. Biasanya bisnis start up ini identik dengan perusahaan yang berbau teknologi, web, internet dan lain-lain.

Untuk mendirikan sebuah start up kita harus mempelajari ilmu komputer, karena kita harus melakukan coding untuk membuat sebuah produk digital seperti aplikasi dan web. Untuk itu, kamu dapat mempelajari coding dengan cara otodidak ataupun dengan cara belajar di perkuliahan.

7. Membuka Usaha

usaha

Image : XJTLU

Manfaat terakhir yang bisa kamu dapat dalam mempelajari Ilmu komputer adalah kamu dapat membuka usaha. Usaha yang dekat dengan dunia komputer yaitu kamu dapat membuka usaha jasa rental komuter, percetakan, warnet, jasa editing video, pembuatan animasi, service komputer hingga jasa pembuatan grafis untuk advertising.

Baca Juga: Begini Cara Mengirim SMS Lewat PC / Laptop di Windows

Kamu dapat membuka usaha tersebut di rumah ataupun menyewa sebuah ruko. Penghasilan dari beberapa usaha diatas termasuk lumayan dan kamu pantas untuk mencobanya.

Kamu dapat mempelajari ilmu komputer dari sekarang dan rasakan manfaatnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba !

Leave a Reply

Send this to a friend