• Our Partners:

Microsoft Edge Dengan Stabil Dapatkan Pangsa Pasar Baru

Microsoft Edge Dengan Stabil Dapatkan Pangsa Pasar Baru

NESABAMEDIA.COMMicrosoft Edge terus mengalami pertumbuhan jumlah pengguna di kalangan pemilik perangkat PC. Browser ini mencapai pangsa pasar sebesar 10,64% pada bulan Juni 2022, berdasarkan laporan dari Statcounter. Jumlah itu memang masih kalah jauh dibandingkan dengan pangsa pasar Google Chrome yang sebesar 66,93%, namun menjadi catatan yang baik di posisi kedua di antar browser desktop lainnya. 

Antara bulan Mei dan Juni tahun ini, browser Edge mengalami kenaikan pangsa pasar dari yang sebelumnya 10,12% menjadi 10,64%. Biasanya ada beberapa variasi dari bulan ke bulan, namun peningkatan sebesar 0,52% bisa dibilang sebagai peningkatan yang signifikan. Internet Explorer dipensiunkan pada tanggal 15 Juni 2022, yang memberikan kontribusi cukup besar pada peningkatan pangsa pasar Edge. 

Browser ini mampu menyalip Safari buatan Apple pada awal tahun ini, dan terus merangkak naik selama beberapa bulan terakhir, walaupun masih tertinggal dari Google Chrome dengan selisih yang sangat besar.

Di sisi lain, browser Edge memiliki Mode IE yang memungkinkan organisasi untuk bisa terus menggunakan software browser lawas itu. Ada kemungkinan juga bahwa pangsa pasar Edge masih akan terus mengalami peningkatan, karena proses migrasi oleh pengguna kalangan enterprise masih terus berlangsung hingga beberapa waktu ke depan.

Microsoft Edge secara stabil mendapatkan pangsa pasar baru sejak tahun lalu, jadi ada kemungkinan bahwa peningkatan itu memang benar-benar terpisah dari penghentian Internet Explorer. 

Pada kategori aplikasi seluler, browser Edge hampir tidak menjadi faktor dalam hal pangsa pasar. Browser ini bahkan tidak muncul sebagai browser bernama di Statcounter. Chrome sangat mendominasi kategori ini juga, berada di posisi paling nyaman dengan memiliki lebih dari 65% pangsa pasar. 

Kondisi tidak lebih baik bagi Edge, juga mereka alami dalam kategori perangkat tablet. Sekali lagi, browser ini bahkan tidak muncul sebagai entitas bernama di laporan Statcounter. Lima browser di posisi paling atas, atau Top 5, menguasai lebih dari 99% pangsa pasar. Tentunya jumlah itu menyisakan sangat sedikit sekali, kurang dari 1% untuk browser Edge. 

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend