Setelah 27 Tahun, Internet Explorer Menghembuskan Nafas Terakhir Pada 15 Juni 2022

Setelah 27 Tahun, Internet Explorer Menghembuskan Nafas Terakhir Pada 15 Juni 2022

NESABAMEDIA.COMMicrosoft akhirnya menghentikan dukungan untuk Internet Explorer di sejumlah versi Windows pada hari Rabu, 15 Juni 2022, hampir 27 tahun setelah itu pertama kali diluncurkan pada tanggal 24 Agustus tahun 1995 silam.

Setelah mencapai masa akhir dukungannya, aplikasi desktop Internet Explorer akan dinon-aktifkan, dan digantikan oleh Microsoft Edge berbasis Chromium yang baru. Pengguna juga akan diarahkan untuk menggunakan Edge ketika meluncurkan IE11.

Penghentian dukungan ini berdampak pada aplikasi desktop Internet Explorer 11 pada versi Windows 10 tertentu yang dikirimkan melalui Semi Annual Channel (SAC) ke sistem yang menjalankan SKU klien Windows 10 versi 20H2 dan yang lebih baru, serta Windows 10 IoT versi 20H2 dan yang lebih baru. 

Internet Explorer juga tidak akan tersedia di Windows 11, di mana Microsoft Edge baru berbasis Chromium adalah browser web defaultnya. Sementara untuk rilisan Windows di mana Internet Explorer akan tetap tersedia setelah tanggal 15 Juni 2022 adalah termasuk Windows 7 ESU, Windows 8.1, dan semua versi klien Windows 10 LTSC, IoT dan Server.

“Aplikasi desktop Internet Explorer 11 akan mengakhiri dukungan untuk semi-annual channel Windows 10 mulai tanggal 15 Juni 2022. Untuk sistem operasi yang didukung, Internet Explorer 11 akan terus menerima pembaruan keamanan dan dukungan teknis, untuk siklus hidup versi Windows yang dipasang,” ungkap Microsoft. 

Aplikasi dan layanan Microsoft lainnya juga telah mengakhiri dukungan untuk IE11 sejak beberapa tahun belakangan. 

Internet Explorer Akan Hidup Dalam Mode IE di Edge

Penghentian dukungan Internet Explorer sepertinya tidak mengejutkan sebagian orang, karena Microsoft telah lama mengajak pengguna untuk meninggalkan browser tersebut. Pada bulan Agustus 2020, mereka mengumumkan rencana untuk menghentikan dukungan browser web Internet Explorer di Windows 10 dan Microsoft 365, yang merupakan pengumuman resmi pertama dari pemensiunan IE.

Microsoft kemudian menghentikan dukungan IE di Teams pada 30 November 2020, dan menghentikan dukungan di semua aplikasi dan layanan Microsoft 365 pada tanggal 17 Agustus 2021.

Pengguna disarankan untuk beralih ke Microsoft Edge dengan mode IE jika memang masih membutuhkan. Mode IE memungkinkan kompatibilitas terbalik, dan akan mendapatkan dukungan setidaknya sampai dengan tahun 2029.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend