Mengapa Microsoft Menambahkan Fitur Pencarian di Taskbar Windows 11

Mengapa Microsoft Menambahkan Fitur Pencarian di Taskbar Windows 11?

NESABAMEDIA.COMMicrosoft baru saja menambahkan sebuah fitur baru ke Taskbar Windows 11, namun mungkin ini bukanlah yang banyak dinantikan banyak pengguna.

Di saat mayoritas pengguna berharap kembalinya kemampuan drag and drop di Taskbar, dan kemampuan untuk mengubah ukuran serta memindahkan Taskbar, Microsoft justru menambahkan bilah pencarian mirip yang ada di Windows 10.

Seperti yang telah nesabamedia.com beritakan sebelumnya, muncul kotak pencarian di bagian kiri Taskbar Windows 11, yang dulunya merupakan tempat untuk Start Menu. Ini adalah kotak pencarian yang mirip dengan yang ada di Windows 10.

Ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan kotak pencarian Windows 10, dan lebih pas dengan tampilan keseluruhan Windows 11. Namun diyakini itu memiliki kegunaan yang sama. Jadi, itu bisa digunakan untuk mencari aplikasi, dokumen di komputer anda. Termasuk juga mencari website atau kata kunci tertentu ke internet.

Saat ini, fitur bilah pencarian itu masih dalam pengujian secara internal, dan tidak ada indikasi kapan itu akan bisa hadir ke Windows 11. 

Fakta bahwa alih-alih mendengarkan keluhan pengguna mengenai Taskbar yang begitu dibatasi di Windows 11, tampaknya Microsoft lebih memilih menghadirkan fitur yang pada dasarnya tidak diharapkan pengguna. Hal ini memicu rasa frustasi tersendiri di benak sejumlah pengguna untuk beberapa alasan.

Misalnya, Taskbar Windows 11 selama ini dinilai tidak memiliki fitur berguna yang sebelumnya ada di versi terdahulu. Ini seperti kemampuan drag and drop file ke aplikasi yang disematkan untuk membukanya. Anda juga tidak bisa mengubah ukuran Taskbar, atau memindahkannya ke bagian samping layar. Ini adalah fitur yang telah lama ditanyakan pengguna sejak peluncuran Windows 11.

Apa yang tidak diinginkan pengguna adalah, kotak pencarian. Pasalnya fitur ini di Windows 10 juga kurang populer, dan banyak pengguna menganggap bahwa hasil pencariannya tidak relevan karena lebih sering menampilkan hasil dari internet, padahal mereka sedang mencari sesuatu di komputer lokal. 

Juga fakta bahwa kotak pencarian itu pada dasarnya mengarahkan anda untuk menggunakan mesin pencari Bing dan browser Edge, tidak peduli bagaimana pengaturan default anda, hal ini juga menjadi keluhan tersendiri oleh para pengguna. 

Menambahkan kotak pencarian ke Taskbar Windows 11 juga dianggap tidak perlu, karena sudah ada ikon pencarian di sana. Anda juga bisa melakukan pencarian melalui Start Menu.

Lalu mengapa Microsoft menambahkan kotak pencarian baru? Mungkin perlu dicatat bahwa ini masih dalam pengujian awal, dan mungkin juga tidak akan benar-benar hadir ke pengguna publik. Namun jika ternyata memang muncul nantinya, Microsoft sepertinya harus menambahkan kemampuan untuk menghilangkan kotak pencarian itu, untuk menghindari menumpuknya fitur yang sama.

Di sisi lain, dengan adanya fitur pencarian itu, terlihat lebih menguntungkan bagi Microsoft ketimbang pengguna. Karena pengguna diarahkan untuk menggunakan Bing dan Edge, yang pada akhirnya meningkatkan penggunaan produk Microsoft.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend