• Our Partners:

Microsoft Uji Coba Widget Pencarian Baru di Taskbar Windows 11

Microsoft Uji Coba Widget Pencarian Baru di Taskbar Windows 11

NESABAMEDIA.COMBuild Pratinjau teranyar dari Windows 11 yang ada di saluran Pengembang, telah memperkenalkan beberapa fitur dan perubahan antarmuka penting.

File Explorer dengan Tab akhirnya hadir untuk pengujian ke beberapa pengguna Insider, dan Taskbar menampilkan lebih banyak widget dan informasi. Sepertinya, ada widget baru lainnya yang tersembunyi dari mata publik.

Seperti yang ditemukan oleh pengguna bernama Rafael Rivera, Microsoft kedapatan sedang melakukan eksperimen dengan bilah pencarian baru lainnya di Windows 11. Pada Windows 11 Build 25136, terdapat sebuah tombol pencarian di bagian pojok kiri bawah layar, berdampingan dengan widget cuaca. 

“Microsoft sedang bereksperimen dengan sebuah widget pencarian di Taskbar. Windows 11 Build 25136 memiliki fitur SearchBoxLowerLeft, dengan Vivetool Addconfig 37010913 2,” tulis Rafael dalam akun Twitternya. 

Widget pencarian baru itu tidak diaktifkan secara default, jadi anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu secara manual menggunakan aplikasi Vivetool, namun akan ada resikonya sendiri. Berikut cara melakukannya:

  1. Unduh Vivetool dari Github dan pasang di perangkat.
  2. Jalankan Command Prompt dengan hak akses admin, dan buga folder dengan Vivetool menggunakan perintah CD C:\vivetool misalnya. 
  3. Ketik vivetool addconfig 37010913 2 dan ketik Enter.
  4. Restart perangkat komputer untuk menerapkan perubahan.

Widget pencarian baru di Taskbar ini bergabung dengan bilah pencarian kontroversial di desktop, yang baru-baru ini juga diumumkan oleh MIcrosoft untuk pengguna Windows Insider di saluran Pengembang. Tampaknya, Microsoft berpikir bahwa pengguna membutuhkan fitur pencarian lagi di Windows 11, sehingga mereka pun menambahkan widget pencarian baru ini.

Perlu dicatat bahwa mengaktifkan fitur eksperimental yang tersembunyi dalam versi pratinjau Windows 11 bisa menimbulkan kekacauan perangkat. Selain itu, eksperimen yang dilakukan Microsoft nantinya belum tentu akan dihadirkan ke saluran Stabil.

Bisa saja setelah Microsoft mengumpulkan masukan dari pengguna, mereka berubah pikiran dan melakukan sejumlah perubahan untuk penyempurnaan. Namun di sisi lain, bisa saja mereka juga membatalkan kehadiran fitur baru tersebut ke saluran stabil atau ke pengguna publik atau umum Windows 11.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend