• Our Partners:

Winamp 5.9 Kandidat Rilisan Hadir Dan Kompatibel Dengan Windows 11

Winamp 5.9 Kandidat Rilisan Hadir Dan Kompatibel Dengan Windows 11

NESABAMEDIA.COMSetelah hampir empat tahun sejak versi beta dari Winamp 5.8 tersedia, yang kemudian pengembangannya berhenti tanpa melalui tahap pengujian, kini pengembang aplikasi pemutar musik ikonik itu mempersembahkan Winamp 5.9 RC 1 sebagai kandidat rilisan yang kompatibel dengan Windows 11. Dengan demikian, para pengguna telah menunggu rilisan versi penuh baru Winamp hampir sembilan tahun lamanya. 

“Wacup yang bisa diucapkan dengan kata Wakeup atau wac-up, telah memiliki desain baru yang hanya kompatibel dengan Winamp versi 5.666 dalam menyediakan perbaikan bug, pembaruan fitur yang ada, dan yang terpenting fitur baru yang pada akhirnya bertujuan menjadi pemutar media yang sangat kompatibel,” bunyi deskripsi dalam versi baru Winamp tersebut.

Dari informasi pada penjelasan rilisan, Winamp versi baru itu menyatakan dukungan terhadap Windows 11, dan kemampuan untuk disinkronisasi dengan versi Androidnya. Pengembang telah meningkatkan dukungan untuk codec VP8, menambahkan direktori khusus untuk podcast, dan juga menerapkan dukungan untuk coded M38. Selain itu, optimasi dan perbaikan bug menempati urutan pertama dalam meningkatkan stabilitas dari aplikasi.

Winamp menjadi aplikasi pemutar media paling populer di era milenium. Winamp yang dikembangkan oleh Nullsoft muncul sekitar 25 tahun yang lalu sebagai bagian dari shareware Windows 95. Pemutar media ini pun sangat populer dan dengan cepat menjadi alat utama pengguna dalam memutar audio MP3 bagi jutaan pengguna di seluruh dunia. 

Setelah lebih dari 16 tahun penuh kesuksesan, Winamp akhirnya dimatikan pada tahun 2013. Versi 5.666 dirilis pada tanggal 12 Desember 2013, yang menjadi versi terakhir dari Winamp sampai sekarang. Pada bulan Oktober 2018, Radionomy mengumumkan rilisan penuh dari Winamp 6, namun itu pun tidak sampai terjadi.

Dengan slogan The Ultimate Media Player, perusahaan itu mencoba mengambil langkah offensive lagi pada September 2021, dengan secara aktif mencari para penguji beta. Sayangnya, statusnya tidak mengalami perubahan dan bahkan sebuah beta publik masih belum terlihat.

Saat ini, Winamp dikelola oleh WinAmp Community Update Project (WACUP), yang menyediakan paket plugin berbasis Winamp 5.666 melalui situs resminya, getwacup.com.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend