Aplikasi Tangkapan Layar Snip & Sketch Windows 10

Microsoft Ganti Snipping Tool dengan Snip & Sketch, Screenshot di Windows 10 Semakin Mudah

NESABAMEDIA.COMSaat ini melakukan tangkapan layar atau screenshot di Windows 10 jauh lebih mudah dengan hadirnya sejumlah aplikasi baru. Baik itu aplikasi resmi dari Microsoft ataupun aplikasi pihak ketiga. Dalam hal ini yang dibicarakan adalah aplikasi bernama Snipping Tool dan Snip & Sketch. 

Pengguna Windows 10 yang biasa menggunakan aplikasi Snipping Tool untuk melakukan tangkapan layar, akan mendapatkan sebuah pesan dari Microsoft agar beralih ke Snip & Sketch. 

“Coba fitur yang telah ditingkatkan dan melakukan snip seperti biasanya dengan Snip & Sketch,” begitu bunyi pesan tersebut.

Pesan tersebut mengindikasikan bahwa aplikasi Snipping Tools akan segera digantikan oleh yang lebih baru dan kaya fitur yakni Snip & Sketch. Lalu, seperti apa Snip & Sketch ini dan perbedaanya dengan Snipping Tool?

Aplikasi Snipping Tool dibuat oleh Microsoft pada tahun 2002 sebagai sarana bagi pengguna agar lebih mudah dalam mengambil tangkapan layar atau screenshot di perangkat komputer berbasis Windows mereka. Fiturnya tidak hanya mengambil tangkapan layar seperti pada umumnya, namun pengguna bisa mengatur tangkapan layar itu dengan area yang bisa disesuaikan. 

Berbentuk kotak, bulat atau mengikuti garis semacam lasso untuk mengambil tangkapan layar, atau memberikan coretan untuk menegaskan area yang ingin difokuskan yang kemungkinan berisi informasi penting. 

Selama beberapa tahun, Snipping Tool menjadi aplikasi yang sangat efektif dan efisien. Baru pada tahun 2018, Microsoft merilis Snip & Sketch sebagai bagian dari pembaruan pada Windows 10.

Sama halnya dengan Snipping Tool, aplikasi tersebut memungkinkan pengguna untuk bisa membuat tangkapan layar yang lebih mendetail. Kedua aplikasi itu memiliki kemiripan satu sama lain, dan hal ini memunculkan keanehan karena Microsoft justru memilih membuat aplikasi baru daripada memperbaiki dan memperbarui aplikasi yang sudah ada. 

Meski secara keseluruhan Snip & Sketch terlihat seperti versi tingkat lanjut dan menjadi hal yang sangat wajar jika ternyata tujuannya untuk benar-benar menggantikan Snipping Tool. Seperti adanya fitur yang jauh lebih mendetail yang tidak dimiliki oleh Snipping Tool, yakni variasi warna dalam memberikan coretan yang lebih banyak, adanya penggaris virtual untuk mengukur dan memastikan tangkapan layar sudah lurus sesuai yang diinginkan, serta lebih terintegrasi dengan Windows 10. 

Jika Snipping Tool pengguna diharuskan membuka program terlebih dahulu di start menu atau ke file explorer, Snip & Sketch bisa dibuka dengan menekan tombol Windows + Shift + S. Atau dengan menekan icon pensil yang ada di bagian atas jendela layar.

Jadi, apabila anda saat ini masih melakukan tangkapan layar dengan metode kuno seperti menekan tombol PrtSc, dan membuka aplikasi image editor, percayalah dengan menggunakan aplikasi tersebut, melakukan tangkapan layar akan terasa jauh lebih mudah.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments