Pembaruan Windows Server 2022 Bulan Juni Tambahkan Dukungan WSL 2

Pembaruan Windows Server 2022 Bulan Juni Tambahkan Dukungan WSL 2

NESABAMEDIA.COMMicrosoft mengatakan dukungan untuk distro Windows Subsystem for Linux (WSL 2) sekarang bisa ditambahkan ke mesin apa pun yang menjalankan Windows Server 2022, dengan memasang pembaruan Patch Tuesday bulan ini.

Pengumuman ini muncul setelah perusahaan mengungkapkan pada bulan Mei bahwa dukungan WSL 2 tersedia bagi mereka yang ingin mengujinya, sebelumnya peluncuran umum setelah memasang pembaruan pratinjau kumulatif KB5014021.

Manajer Program Platform Pengembang Windows, Craig Loewen secara resmi mengungkapkan ketersediaan umum untuk semua pengguna Windows Server 2022. 

“Sekarang anda bisa menggunakan distro tipe Windows Subsystem for Linux (WSL) 2 di Windows Server 2022. Kami senang membuat perubahan ini sehingga sekarang anda bisa memiliki pengalaman WSL modern yang sama baiknya, dengan menggunakan Windows di Server atau Desktop SKU,” ungkap Loewen. 

Untuk mendapatkan dukungan WSL 2 pada sistem, anda harus mengklik Check for Updates, pada mesin Windows Server untuk memperbarui ke versi terbaru. Untuk memastikan bahwa perangkat anda sudah siap dan memiliki pembaruan yang menyebarkan dukungan WSL 2, anda wajib memeriksa apakah anda telah memasang pembaruan KB5014678 atau belum.

Sejarah WSL

Microsoft merilis WSL pada tahun 2018 silam, sebagai lapisan kompatibilitas yang memungkinkan pengguna Windows untuk menjalankan binary Linux di format ELF pada komputer mereka secara asli, dengan bantuan dari PowerShell atau Command Prompt Windows 10.

WSL 2 dirilis satu tahun setelahnya, pada bulan Mei 2019, sebagai peningkatan utama yang secara signifikan meningkatkan kinerja file sistem, menambahkan dukungan untuk kompatibilitas panggilan sistem penuh, dan menggunakan kernel Linux yang berjalan di dalam mesin virtual ringan.

Jika anda ingin memasang dan menguji WSL di perangkat anda, yang harus dilakukan adalah menjalankan perintah wsl –install dari jendela PowerShell dengan hak istimewa admin. 

WSL 2 juga menambahkan dukungan untuk penggunaan aplikasi Linux berbasis GUI dengan diperkenalkannya WSLg, yang diluncurkan ke Windows 10 Insider pada bulan Mei 2021.

Microsoft juga memberikan panduan terperinci tentang cara pemasangan dan menjalankan aplikasi GUI Linux di PC. Setelah terpasang, anda bisa meluncurkan aplikasi Linux dari Start Menu atau jendela Command Prompt.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend