Pembelian Lisensi Digital Windows 11 Sudah Tersedia, Mulai Rp3 Jutaan

Pembelian Lisensi Digital Windows 11 Sudah Tersedia, Mulai Rp3 Jutaan

NESABAMEDIA.COMMeski sudah lebih dari delapan bulan berlalu sejak peluncuran Windows 11 ke pengguna publik, Microsoft masih belum menjual lisensi digital dari sistem operasi itu.

Pengguna bisa membeli sistem operasi versi fisik, atau mendapatkan sistem operasi yang dibundel dengan pembelian perangkat PC baru, atau juga dengan meningkatkan dari Windows 10. Kini, dilaporkan bahwa lisensi digital untuk Windows 11 Pro dan Home sudah tersedia.

Rilisan resmi platform perangkat lunak Windows 11 dilakukan pada tanggal 5 Oktober 2021 silam. Meskipun sudah berlalu beberapa bulan, pengguna biasa tidak bisa membeli lisensi digital untuk memasang sistem operasi itu di perangkat PC di rumah mereka.

Sebaliknya, mereka harus memasang Windows 10 terlebih dahulu, dan kemudian dimutakhirkan ke Windows 11. Itupun juga baru bisa dilakukan jika perangkat telah memenuhi persyaratan minimal untuk bisa memasang sistem operasi tersebut.

Dalam situs resmi Microsoft, ada sebuah halaman khusus untuk melakukan pembelian lisensi digital Windows 11 Pro dan Home. Di saat yang sama, perusahaan asal Redmond itu sayangnya tidak membuat pernyataan resmi apapun mengenai hal ini. Halaman untuk melakukan pembelian lisensi untuk mengaktifkan Windows 11, ternyata sudah muncul sejak bulan Mei lalu, namun tidak ada seorang pun yang mengetahuinya saat itu, dan baru ada laporan beberapa hari yang lalu.

Dengan demikian, kini pengguna bisa membeli lisensi digital Windows 11 Home seharga $139 atau sekitar Rp2.999.999, dan untuk Windows 11 Pro seharga $200 atau Rp4.299.999.

Tentu saja, melihat harganya yang cukup mahal, para pengguna akhir lebih tertarik untuk membeli komputer baru yang sudah dibundel dengan sistem operasi itu, daripada harus membeli sendiri dan memasangnya di perangkat yang sudah ada. Kecuali ada kondisi khusus, yang mengharuskan mereka membeli lisensi digital secara langsung. 

Sebagai informasi tambahan, seperti yang telah diberitakan nesabamedia.com sebelumnya, Microsoft mengubah strategi peluncuran versi baru dari Windows. Disebutkan, bahwa versi baru dari Windows tidak akan diluncurkan satu tahun sekali, seperti yang direncanakan tahun lalu, namun menjadi tiga tahun sekali. Sehingga versi utama Windows berikutnya, kemungkinan akan hadir pada tahun 2024 mendatang, dan konon itu hadir dalam bentuk Windows 12.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend