• Our Partners:

Pengembang Ini Janjikan Windows 11 Berjalan di Perangkat Apple M1

Pengembang Ini Janjikan Windows 11 Berjalan di Perangkat Apple M1

NESABAMEDIA.COMWindows 11 pada platform Apple M1 sebenarnya bukan sesuatu yang wah, setidaknya itu tidak asli. Microsoft telah jelas tidak akan menyediakan sistem operasi itu untuk mesin Mac yang berjalan dengan CPU M1.

Pengguna memiliki alternatif, seperti menjalankan Windows 11 pada M1 melalui bantuan Parallels, atau melakukan modifikasi lewat Windows 10. Terbaru, pengembang independen sedang mencoba mengerjakan cara baru untuk bisa menjalankan Windows 11 secara native di Apple M1. 

Arminder Singh mengatakan bahwa dirinya sedang mengerjakan sebuah proyek yang akan membuat Windows 11 di mesin Apple menjadi kenyataan. Namun, dia mengakui bahwa solusi yang dia buat itu masih berada di tahap yang sangat awal, dan ada sejumlah kendala yang harus diatasi.

“Sangat berbeda dengan seperti apa yang terlihat di permukaan, chipset Apple secara arsitektur sangat berbeda dengan chipset ARM64 standar, dari perusahaan seperti Qualcomm atau MediaTek. Sebagai hasilnya, banyak pengaktifan perangkat keras yang perlu dilakukan. Untungnya, banyak pekerjaan yang telah dilakukan di area ini untuk Linux, melalui proyek Asahi Linux. 

Ini tidak akan menjadi sebuah proyek sepele yang akan dengan mudah bisa diselesaikan, sebab ada banyak hal yang berbeda yang dibawa Apple, yang harus dipertanggungjawabkan dan sejumlah hal lain yang perlu dilakukan untuk bisa memastikan chipset M1 mampu melakukan booting Windows dengan cara yang stabil.”

Asahi Linux merupakan petunjuk utama untuk proyek semacam ini agar bisa sukses. Sebagai informasi, keberadaannya memungkinkan pengguna untuk menjalankan Linux di mesin Apple.

Tentu saja, Apple tidak terlalu menyukai hal semacam ini di sebagian besar ekosistem mereka yang tertutup. Dengan demikian, ada kendala tertentu yang melekat pada perangkat keras Apple yang menimbulkan tantangan tersendiri bagi para pengembang. 

Singh kemudian menunjuk pada Apple Interrupt Controller (AIC) sebagai masalah utamanya. Lebih lanjut, dia menunjukkan bahwa Input-Output Memory Management Unit (IOMMU) yang ada di M1 hanya mendukung 16K halaman dan bukannya 8K.

Singh dengan jujur mengatakan bahwa dirinya akan mendorong lebih keras upaya pengembangan yang dia lakukan, walaupun dalam titik tertentu dirinya mengaku mengalami sejumlah kegagalan. Oleh karena itu, dia tidak bisa memastikan kapan waktu yang tepat Windows 11 bisa dijalankan di Apple M1. 

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend