Pengertian IaaS Beserta Cara Kerja dan Contoh Penyedia IaaS

Pernahkah kalian mendengar tentang istilah komputasi awan? Jika memang belum pernah, maka tidak masalah karena layanan teknologi seperti ini memang masih tergolong baru apalagi di Indonesia ini mulai populer baru beberapa tahun kebelakang.

Komputasi awan itu ibarat kita memiliki komputer secara fungsional, namun kita tidak bisa melihat fisiknya secara langsung, kita hanya bisa mengendalikannya lewat layanan remote yang di berikan oleh penyedia komputasi awan atau cloud computing. Dan pada kesempatan kali ini yang akan di bahas adalah tentang layanan Infrastructure as a Service. Lalu apa itu Infrastructure as a Service? Berikut penjelasan mengenai pengertian IaaS:

Pengertian IaaS

Pengertian IaaS atau Infrastructure as a Service adalah sebuah layanan cloud computing yang menangani infrastruktur Teknologi Informasi seperti perangkat yang secara umum berada dalam paket komputer yaitu CPU (Control Processing Unit), RAM (Random Access Memory), Storage / Disk (Penyimpanan), dan Bandwidth dengan disertai konfigurasi seputar komputer yang lain. Komponen yang di sebutkan tadi merupakan perangkat yang menyusun cloud computing yang nantinya bisa anda gunakan sesuai kebutuhan, sebelum itu anda juga bisa melakukan instalasi sistem informasi apa yang ingin anda pasang dalam komputer awan tersebut.

Persis seperti komputer pada umumnya, namun yang membedakanya hanya komputasi awan tidak bisa kita lihat secara fisik, hanya bisa kita rasakan dengan mengoperasikanya. Terdengar aneh memang untuk orang yang masih awam dengan teknologi komputer, namun bagi anda yang sudah cukup lama berkecimpung di dunia IT tentu sudah tidak asing lagi, atau bahkan sudah pernah mengoperasikanya.

Keuntungan dengan menggunakan layanan komputer awan tentunya yang pertama adalah, anda tidak perlu membawa komputer secara fisik kemanapun, juga tidak perlu menyiapkan gedung atau ruangan khusus untuk menjadi tempat meletakan komputer.

Pengertian IaaS

Selain itu keuntungan menggunakan layanan komputasi awan adalah anda tidak perlu memikirkan biaya pemakaian listrik yang jika di bandingkan dengan komputer biasa akan memakan dana yang sangat besar, karena komputasi awan adalah layanan komputer yang berjalan secala 24 jam penuh selama layanan itu anda aktifkan. Jika anda ingin menambahkan sumber daya pada perangkat komputasi awan juga tidak perlu repot-repot membeli perangkat kemudian memasangnya dengan membongkar komputer seperti komputer pada umumnya, karena jika anda menggunakan layanan komputasi awan dan ingin menambahkan storage, cpu, ram atau perangkat pendukung lainya anda cukup menambahkan lewat menu yang tersedia.

Namun tentunya jika anda ingin menambahkan sumber daya maka anda harus menambahkan biaya sewa, karena layanan komputasi awan tersedia dengan metode sewa, tidak ada hak milik penuh. sistem sewa komputasi awan mirip dengan layanan server yang biayanya di tanggung perbulan atau tahun.

Namun ada juga yang menerapkan seperti pulsa listrik di perumahan, dimana kita harus menyiapkan dana yang di tampung pada saldo harian, dan setiap jam dana itu akan terus berkurang jika layanan komputasi awan di jalankan, tentunya jika kita membayangkan sistem pembayaran seperti ini akan terlihat mahal, tetapi pengguna layanan komputasi awan memang bukan perorangan, tetapi perusahaan-perusahaan besar yang membutuhkan sistem penyimpanan data yang terjamin dari segala sisi.

Contoh Penyedia IaaS

Pengertian IaaS

Infrastructure as a Service

Sampai saat ini sudah banyak sekali perusahaan penyedia layanan Infrastructure as a Service komputasi awan yang menyewakan produknya ke pelanggan, sebagian besar penyedia Infrastructure as a Service merupakan perusahaan yang sudah lama bergerak di bidang IT dan memang sudah tahan banting dalam menghadapi perubahan dan perkembangan zaman.

Mengingat perubahan di bidang IT sangat cepat, maka perusahaan-perusahaan dibawah ini akhirnya juga ikut memanfaatkan teknologi ini untuk kebutuhan pengguna di masa depan yang kemungkinan akan banyak di gunakan, berikut di bawah ini adalah perusahaan yang menyediakan layanan komputasi awan Infrastructure as a Service:

1. Amazon, Inc – Amazon EC2

Siapa sih yang tidak kenal dengan perusahaan raksasa IT ini? perusahaan internet yang bergerak di berbagai macam bidang layanan ini memang sudah tidak di ragukan lagi, pemiliknya saja saat ini menjadi orang terkaya di bumi berkat layanan amazon.com yang menyediakan berbagai macam produk dari produk rumah tangga sampai dengan produk IT berkelas tinggi, amazon menyediakan berbagai macam kebutuhan komputasi, baik server biasa, hosting, layanan web, sampai dengan yang saat ini kita sedang bahas yaitu layanan komputasi awan,.

Anak perusahaan amazon yang menangani layanan komputasi awan Infrastructure as a Service adalah AMAZON EC2, pelangganya tidak tanggung-tanggung, beberapa perusahaan IT yang bergerak di situs jual beli online, layanan ojek online dan masih banyak lagi adalah pengguna dari komputasi awan Amazon.

2. Telkom – TelkomCloud

Jika anda berfikir bahwa penyedia layanan super seperti ini hanya ada di luar negeri maka anda salah besar, karena perusahaan milik negara Indonesia Telkom juga menyediakan layanan cloud komputing Infrastructure as a Service, jadi bagi anda yang tipikal pecinta produk lokal tidak ada salahnya untuk mencoba produk dari telkom ini, soal performa dari produk telkom tidak kalah dengan layanan penyedia Infrastructure as a Service lainya. Karena produk telkom cloud juga terbukti banyak di gunakan oleh perusahaan-perusahaan besar di Indonesia bahkan di luar negeri, pengguna layanan Infrastructure as a Service ini rata-rata menggunakanya untuk menjadi layanan komputer pusat yang mengelola data-data dari berbagai macam muara data.

Jika dari tadi contoh pengguna layanan ini adalah perusahaan besar anda jangan berfikir ini hanya untuk perusahaan, karena banyak juga di luar sana para personal seperti programmer dan praktisi IT juga menggunakan layana seperti ini untuk kebutuhan masing-masing, karena harga yang di tawarkan beragam.

Cara Kerja Infrastructure as a Service

Pengertian IaaS dan Cara Kerja IaaS

Cara Kerja IaaS

Jika anda masih bingung setelah membaca pengertian IaaS, lalu apa sebenarnya layanan komputasi awan Infrastructure as a Service ini, maka anda bisa memahaminya dengan cara kerja dari Infrastructure as a Service sendiri itu seperti komputer biasa hanya saja anda tidak dapat melihat secara fisik, hanya bisa mengoperasikanya lewat layanan pengendali yang di sediakan oleh perusahaan penyedia. Ketika anda pertama kali menyewa, maka yang anda liha hanya menu yang menampilkan spesifikasi komputer yang anda sewa, selanjutnya anda harus menginstall sistem operasi yang anda inginkan, bebas mau lnux atau windows.

Biasanya dari penyedia sudah menyediakanya anda hanya tinggal pilih, jika sudah di install maka anda dapat menyalakan komputer yang belum ada aplikasinya, mau install aplikasi? tidak perlu khawatir, biasanya di sana sudah tersedia, atau jika belum anda dapat menginstallnya sendiri dengan akses internet berkecepatan dewa.

Nah itulah penjelasan tentang layanan komputasi awan dan contoh-contohnya yang di sertai tentang perjelasan cara kerja singkat dari layanan ini, berdasarkan pengalaman penulis, jika anda ingin menikmati layanan komputasi awan ini, anda harus menyiapkan dana kurang lebih Rp. 1.300.000 atau $100 dengan menyewa layanan cloud computing Infrastructure as a Service di Microsoft Azure.

Leave a Reply

Send this to a friend