• Our Partners:

Pengertian LinkAja adalah

Apa itu LinkAja? Kenali Pengertian LinkAja Beserta Fungsi & Kelebihannya

Perkembangan teknologi yang semakin canggih memudahkan kita dalam melakukan segala hal termasuk melakukan transaksi atau pembayaran secara offline ataupun online. Kemudahan tersebut dikarenaka adanya metode pembayaran dengan menggunakan uang digital atau uang elektronik.

Saat ini banyak sekali aplikasi yang bermunculan yang digunakan untuk melakukan pembayaran. Salah satu aplikasi tersebut adalah LinkAja. Aplikasi ini menggunakan uang digital untuk melakukan transaksi pembayaran. Untuk lebih jelasnya, silahkan Anda simak artikel ini yang membahas tentang aplikasi LinkAja.

Pengertian LinkAja

pengertian LinkAja

LinkAja merupakan sebuah layanan uang elektronik yang berbasis aplikasi yang digunakan untuk melakukan berbagai transaksi nontunai dengan mudah, efisien dan praktis. Layanan aplikasi ini dapat Anda gunakan sama seperti layaknya layanan keuangan berbasis digital lainnya. Layanan aplikasi ini dapat membuat berbagai transaksi keuangan Anda bisa dilakukan dengan waktu yang cepat dan mudah pastinya.

Aplikasi LinkAja dahulunya bernama Telkomsel Cash atau disebut TCASH yang merupakan layanan keuangan digital milik Telkomsel dan anggota BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang berupa e-money atau uang digital.

Pada tanggal 21 Februari 2019, TCASH sebagai layanan dompet digital resmi berubah nama menjadi LinkAja. Bagi Anda yang merupakan pengguna layanan TCASH tidak perlu melakukan registrasi ulang untuk menggunakan layanan LinkAja. Anda hanya  perlu mengunduh aplikasi LinkAja lewat Google Play Store atau AppStore secara gratis.

Jika sebelumnya Anda memiliki saldo di dalam akun TCASH, Anda tidak perlu khawatir saldo akan hangus karena saldo Anda akan otomatis terkonversi ke aplikasi LinkAja dan Anda tinggal menggunakannya saja. Apabila Anda ingin berhenti berlangganan, Anda bisa langsung ke gerai GraPARI Telkomsel terdekat untuk melakukan penutupan akun LinkAja. Saldo yang tersisa pun dapat Anda langsung tarik dengan syarat Anda cukup membawa kartu identitas pelanggan saja.

Pengisian saldo di aplikasi LinkAja pun sangat mudah, Anda bisa mengisinya dengan mengunjungi GraPARI atau melalui ATM, mobile banking, internet banking, ataupun toko retail (seperti Alfamart). LinkAja tidak memberikan minimum saldo, tapi ada minimum top up. Anda bis melakukan pengisian saldo dengan minimum sebesar Rp 10.000.

Ada batasan penyimpanan saldo di aplikasi LinkAja, jika Anda menggunakan Basic Service maksimum saldonya sebesar Rp 2.000.000 dan jika Anda menggunakan Full Service maksimum saldonya adalah Rp 10.000.000.

Tidak hanya itu saja, masih banyak keuntungan yang Anda dapatkan jika menggunakan Full Service. Apabila Anda berniat untuk mengubah Basic Service menjadi Full Service caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengunjungi kantor GraPARI dan membawa kartu identitas asli (seperti KTP atau Passport).

Untuk Anda yang membutuhkan layanan keuangan digital secara praktis dan mudah, aplikasi LinkAja merupakan pilihan yang sangat tepat. Anda dapat mengaktifkan dan menikmati berbagai macam kemudahan dalam melakukan transaksi nontunai melalui aplikasi LinkAja ini. Nikmati berbagai macam kemudahan dan kenyamanan dalam menggunakan aplikasi LinkAja, Anda bisa melakukan transaksi hanya menggunakan handphone di dalam genggaman Anda.

Fungsi dan Kegunaan LinkAja

fungsi dan kegunaan LinkAja

LinkAja merupakan aplikasi dompet digital sama seperti aplikasi saingannya yang lain. Aplikasi LinkAja juga mempunyai banyak fungsi dan kegunaan yang bisa Anda rasakan dalam melakukan transaksi atau pembayaran. Tapi ada hal yang membuat aplikasi LinkAja berbeda dari aplikasi lainnya yaitu LinkAja memiliki dua tipe layanan yang bisa Anda gunakan.

Tipe layanan yang pertama adalah Basic Service. LinkAja Basic Service merupakan jenis layanan LinkAja yang mana data identitas pemegangnya belum terdaftar dan belum tercatat di Finarya. Berikut ini fasilitas yang dimiliki pengguna Basic Service, antara lain:

  1. Pengisian saldo atau top up. Anda bisa mengisi saldo dengan batas maksimum adalah 2 juta rupiah.
  2. Melakukan transaksi atau pembayaran. Anda bisa melakukan pembayaran seperti belanja online, membeli serta membayar handphone, dan melakukan transaksi di merchant atau toko yang sudah bekerja sama dengan LinkAja.
  3. Melakukan pembayaran tagihan. Anda bisa melakukan pembayaran tagihan seperti PDAM, PLN, pengisian pulsa, dan lain sebagainya dengan menggunakan LinkAja.
  4. Fasilitas lainnya berdasarkan persetujuan dari Bank Indonesia.

Tipe layanan yang kedua yang dimiliki LinkAja adalah Full Service. LinkAja Full Service merupakan jenis layanan LinkAja yang mana data identitas pemegangnya sudah terdaftar dan sudah tercatat di Finarya. Berikut ini beberapa fasilitas yang bisa Anda gunakan bagi pemegang layanan Full Service:

  1. Sama seperti layanan Basic Service, layanan ini juga bisa melakukan pengisian saldo atau top up melalui layanan yang sudah disediakan. Adapun batas maksimum pengisian saldo adalah sebesar 10 juta rupiah.
  2. Anda juga bisa melakukan transaksi atau pembayaran seperti belanja online, membeli serta membayar handphone, dan melakukan transaksi di merchant ataupun toko yang sudah bekerja sama dengan LinkAja.
  3. Anda juga dapat melakukan berbagai macam pembayaran tagihan seperti PLN, PDAM, Asuransi, isi pulsa, dan lain sebagainya.
  4. Ada dapat melakukan transfer dana atau uang. Anda dapat melakukan transfer ke akun rekening bank Anda atau ke sesama pengguna LinkAja
  5. Anda dapat melakukan tarik tunai. Jika Anda ingin menarik saldo, Anda bisa melakukannya. Fasilitas ini hanya dimiliki bagi pengguna layanan Full Service.
  6. Fasilitas lainnya berdasarkan persetujuan dari Bank Indonesia.

Itulah beberapa fungsi dan kegunaan dari dua tipe layanan LinkAja. Jika Anda ingin melakukan upgrade dari basic service ke full service, Anda bisa mengungjungi GraPARI terdekat di lokasi Anda. Dana jangan lupa Anda wajib membawa kartu identitas.

Banyak sekali manfaat yang bisa Anda manfaatkan dengan menggunakan aplikasi LinkAja. Para gamer pun bisa membeli vouche game di aplikasi LinkAja, sampai membayar tagihan listrik, kuota internet, dan lain sebagainya. Anda juga bisa mendapatkan berbagai macam promo menarik hingga potongan diskon di aplikasi LinkAja.

Kelebihan dan Kekurangan LinkAja

kelebihan dan kekurangan LinkAja

Selain memiliki fungsi dan kegunaan yang cukup banyak, aplikasi LinkAja sama seperti aplikasi lainnya yang memiliki kelebihan dan kekurangan tentunya. Beriku ini beberapa kelebihan dan kekurangan dari aplikasi LinkAja.

Kelebihan LinkAja :

1. Pengisian saldo yang mudah dan dapat menggunakan banyak cara. Aplikasi LinkAja memudahkan penggunanya dalam hal pengisian saldo. Pengguna dapat mengisinya melalui transfer antar rekening bank, mobile banking, toko retail (seperti alfamart, alfamidi, circle K), GraPARI, dan lain – lain.

2. Transaksi pembayaran belanja online semakin lebih mudah. Bagi Anda yang  suka berbelanja online, LinkAja adalah pilihan yang tepat. Anda hanya perlu memasukkan nomor handphone dan PIN LinkAja untuk melakukan transaksi pembayaran online. Lalu, Anda tinggal menunggu SMS verifikasi bahwa transaksi Anda sudah berhasil dilakukan.

3. Proses registrasi atau pendaftaran yang sangat mudah. Anda hanya mengunduh aplikasi LinkAja di Google PlayStore ataupun AppStore secara gratis. Lalu, daftarkan nomor handphone Anda dan buatllah PIN LinkAja. Perlu diingat PIN bersifat rahasia. Terakhir, Anda tinggal mengisi saldo dan Anda bisa langung menggunakannya.

4. Bisa Bayar Pajak. Bagi Anda yang ingin membayar pajak (PBB), Anda bisa langsung membayarnya melalui aplikasi LinkAja. Cara membayarnya pun cukup mudah dan proses yang dilakukan pun cukup cepat.

Kekurangan LinkAja :

1. Sayangnya merchant atau toko yang bekerja sama dengan LinkAja masih sedikit belum menyeluruh. Tapi jangan khawatir, LinkAja sudah bisa menembus beberapa merchant atau toko yang bisa ditemukan dengan mudah di hampir seluruh wilayah Indonesia.

Demikian artikel kali ini yang membahas tentang pengertian LinkAja serta fungsi dan kegunaannya, dan kelebihan serta kekurangannya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda. Terimakasih 🙂

Leave a Reply

Send this to a friend