Pengertian Microsoft SQL Server

Pengertian Microsoft SQL Server : Fungsi, Kelebihan dan Kekurangannya

Pengertian Microsoft SQL Server

Microsoft SQL Server adalah salah satu software jenis Relational Database Management System (RDBMS) yang cukup sering digunakan. Sesuai namanya, software ini dikembangkan oleh perusahaan besar Microsoft dan cukup scalable. Maksudnya adalah untuk pemakaiannya Microsoft SQL Server bisa dimana – mana dari laptop manapun, ke jaringan server cloud dan lain – lain. Namun istilah scalable ini tetap saja harus memperhatikan persyaratan hardware maupun software.

Sejak rilis pertama kali pada tahun 1989, Microsoft SQL Server sudah menjadi pilihan dari para pengguna database dan hingga saat ini masih banyak dipakai. Perkembangannya pun cukup menjanjikan mulai dari versi SQL Server 1.0 yang pertama dirilis dan hingga saat ini. Fungsinya pun sekarang tidak hanya sebagai RDBMS (Relational Database Management System) saja tapi bisa lebih dari itu, termasuk alat built-in intelijen bisnis, serta bisa juga digunakan sebagai analisis dan pelaporan.

Fungsi Microsoft SQL Server

Sebagai salah satu produk dari perusahaan besar Microsoft, tentunya keberadaan Microsoft SQL Server ini memiliki fungsi yang vital dalam dunia management database. Sesuai dengan namanya software ini melakukan pengelolaan database dengan menggunakan query atau perintah SQL. SQL atau Structures Query Language merupakan suatu bahasa komputer yang diakui dunia dan digunakan untuk mengakses data – data yang tersimpan dalam suatu database.

Pengertian Microsoft SQL Server dan Fungsinya

Fungsi ini juga sangat lekat dengan aktifitas dalam dunia pemrograman, oleh karena banyak developer atau programmer yang memakai Microsoft SQL Server. Meskipun tidak di semua bahasa pemrograman namun keberadaan Microsoft SQL Server juga sangat membantu dalam pengembangan program atau aplikasi yang menggunakan server database. Salah satu fitur lain yang dicari dari Microsoft SQL Server adalah kemampuannya dalam membuat mirroring dan clustering basis data.

Kelebihan dan Kekurangan Microsoft SQL Server

pengertian microsoft SQL server

Saat ini Microsoft SQL Server sudah diluncurkan lebih dari 7 generasi  dan terbukti available di segala jenis komputer baik 32 bit maupun 64 bit serta masih banyak keunggulan lainnya. Namun meskipun menjadi produk perusahaan besar Microsoft juga bukan berarti aplikasi ini tidak memiliki kekurangan. Dibawah ini adalah uraian kelebihan dari Microsoft SQL Server :

Bekerja dengan sangat baik pada OS Windows segala versi

Hal ini sangatlah wajar mengingat dikelola dan dikembangkan sendiri oleh Microsoft maka sudah seharusnya semua produk yang diluncurkan berjalan sangat baik pada OS Windows, tak terkecuali pada Microsoft SQL Server. Mulai dari Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8 dan bahkan sampai Windows 10 bisa diinstal Microsoft SQL Server serta dapat dipastikan akan berjalan dengan sangat baik.

Dapat membuat clustering data

Clustering data adalah suatu bentuk pengelompokan data menjadi beberapa cluster. Seperti yang sempat disinggung sebelumnya Microsoft SQL Server memiliki kelebihan dalam hal clustering data sehingga ini menjadi nilai tambah bagi para programmer atau developer. Dengan adanya clustering data ini maka dapat lebih meringankan pekerjaan management database yang anda lakukan.

Pengendalian database secara terpusat

Dengan menggunakan Microsoft SQL Server ini maka pengelolaan database akan dilakukan secara terpusat. Hal ini akan meminimalisir terjadinya miss komunikasi atau kesalahan dalam mengolah serta mengimplementasikan database, karena hanya melibatkan penggunaan satu komputer saja sebagai pusat kendali.

Dapat melakukan backup database

Di dalam Microsoft SQL Server ini juga terdapat fasilitas backup database sebagai langkah pencegahan apabila terjadi gangguan selama proses implementasi. Selain itu fungsi backup database ini juga agar bisa digunakan lebih dari sekali, jika di kemudian hari membangun system yang mirip. Proses pemindahan database ke perangkat lain juga pastinya akan sangat dipermudah.

Memiliki fitur Recovery dan Restore data

Selain terdapat fitur backup ternyata dalam Microsoft SQL Server juga terdapay fitur recovery dan restore data. Hal ini berguna ketika ada sebagian data dari database anda mengalami kerusakan maka dapat dilakukan recovery lalu restore data.

Selain beberapa kelebihan diatas juga terdapat beberapa kelemahan yang sampai saat ini belum dapat diatasi atau memang dibiarkan tetap pada batasannya. Uraian lengkapnya adalah dibawah ini :

 

Hanya bisa digunakan di OS Windows saja

Bagi anda pengguna LINUX ataupun MAC OS maka harus menahan diri untuk menggunakan Microsoft SQL Server ini, karena hingga saat ini hanya bisa digunakan di OS Windows saja meskipun disemua versinya. Untuk kekurangan ini mungkin bisa diasumsikan bahwa Microsoft memang membiarkan penggunaan Microsoft SQL Server terbatas hanya di Windows saja mengingat masih dalam satu lingkup perusahaan.

Harga belinya mahal

Hampir semua software dari Windows memang dibanderol dengan harga lumayan tinggi, termasuk juga pada Microsoft SQL Server ini. Namun hal ini tentunya juga ditunjang dengan kemampuan yang cukup signifikan serta fitur yang menarik sehingga wajar diberi harga mahal.

Bahasa pemrograman yang terbatas

Microsoft SQL Server ini sudah cukup terkenal karena memiliki kecocokan dengan bahasa pemrogrman .Net saja. Oleh karena itu jika anda programmer yang terbiasa memakai bahasa selain .Net maka harus bersiap menanggung resiko kesulitan dalam penggunaannya karena memang sepertinya Microsoft mendesain software ini lebih menitik beratkan pada implementasi bahasa .Net saja.

Kurang cocok pada database skala besar

Meskipun dibawa oleh nama perusahaan besar sekelas Microsoft namun ternyata Microsoft SQL Server ini kurang bisa mendukung penggunaan database skala besar. Memang sampai sekarang hanya Oracle Database lah yang dianggap mampu menahan penggunaan skala besar dan belum ada yang mampu menyaingnya.

Itulah penjelasan tentang pengertian Microsoft SQL Server beserta fungsi, kelebihan dan kekurangannya. Semoga bermanfaat dan mudah dipahami!

Leave a Reply

Send this to a friend