Pengguna Windows Masih Harus Menunggu GPU Baru Dari Nvidia Tahun Depan

Pengguna Windows Masih Harus Menunggu GPU Baru Dari Nvidia Tahun Depan

NESABAMEDIA.COMSaat ini sudah banyak pemain game yang beralih ke sistem operasi terbaru dari Microsoft, yakni Windows 11. Faktanya, Microsoft sendiri mengklaim bahwa Windows 11 akan menjadi masa depan gaming, yang artinya akan ada semakin banyak pengguna yang beralih ke OS baru ini nantinya. 

Namun kita juga pasti tahu bahwa sistem operasi yang hebat, belum cukup untuk sebuah sesi permainan yang lancar, karena dibutuhkan perangkat keras yang benar-benar mumpuni untuk itu. Meski banyak juga yang cukup puas dengan GPU lama mereka, namun beberapa juga banyak yang memilih untuk menggunakan GPU keluaran terbaru, dengan teknologi yang lebih canggih. Dan jika anda adalah pengguna Windows dan itu adalah GPU generasi baru dari Nvidia, sepertinya butuh waktu untuk lebih lama menunggu kehadirannya.

Ditunda Sampai 2023

Banyak yang sedang semangat untuk mendapatkan GPU baru Nvidia RTX 4090, namun yang perlu anda tahu adalah mungkin ini adalah satu-satunya GPU generasi baru yang dihadirkan tahun ini. Model lainnya, RTX 4080 dan di bawahnya, sepertinya baru akan tersedia tahun depan. 

Tipster terkenal, Greymon55, menginformasikan kepada penggemar perangkat keras dari Nvidia dan juga pengguna Windows, bahwa GPU baru favorit mereka mungkin akan ditunda sampai dengan tahun 2023 nanti. Teori di balik penundaan peluncuran ini adalah karena Nvidia akan mengumumkan RTX 4090 AD102 pada bulan September, menjelang peluncurannya pada bulan Oktober setelahnya. 

Sementara itu, AD103 (RTX 4080), AD104 (RTX 4070), AD106 (RTX 4060), tidak akan diluncurkan sebelum tahun 2023. Untuk lebih mudah memahaminya, penundaan perilisan itu diduga karena Nvidia mengalami fasilitas penyimpanan yang masih penuh, yang kemungkinan itu karena stok yang masih banyak dari RTX 3000. 

Perlu diingat juga bahwa retail dan pabrikan masih harus menjual, sebelum Nvidia bisa meluncurkan model generasi berikutnya tanpa meninggalkan mitra tersebut dalam kesulitan, karena stok yang belum terjual.

Meski demikian, ambil kabar ini sebagai rumor saja, karena sumber informasi berasal dari pihak ketiga, dan belum ada informasi resmi dari pihak Nvidia. Mungkin saja kita bisa mendapatkan semua model itu dirilis pada tahun ini, walaupun penundaan sampai 2023 jauh lebih masuk akal, mengingat semua faktor yang ada. 

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend