• Our Partners:

Meta Mulai Tutup Layanan Tuned

Meta Mulai Tutup Layanan Tuned

NESABAMEDIA.COM – Meta kembali menghapus fitur dari hasil eksperimen mereka, di mana akan segera menutup fitur Private Messaging yang diberi nama Tuned. Fitur ini akan menjadi eksperimen selanjutnya dari Meta yang akan segera dihapus dari Facebook, Rabu (27/7).

Tuned diluncurkan pada 2020 silam, fitur ini dibuat untuk memudahkan pengguna dalam berkomunikasi secara lebih rahasia. Memungkinkan untuk dapat terhubung dengan berbagai macam layanan Facebook, sebut saja seperti pesan instan, hingga bermain permainan bersama.

Tuned merupakan salah satu fitur yang dieksperimen langsung oleh pengembang dari Facebook, di mana menjadi bagian dari Meta New Product Experimentation (NPE). Layanan Tuned juga memiliki integrasi langsung dengan Spotify, sehingga dua pengguna dapat memainkan lagu bersama-sama ketika sedang menjalankan permainan.

Dilansir dari The Verge, Meta akan memulai memberitahukan kepada semua pengguna Tuned, bahwa layanan ini akan segera ditutup mulai 19 September mendatang. Tuned memiliki aplikasi sendiri yang terpisah dengan Meta, meskipun sistemnya terhubung.

Penutupan pengoperasian Tuned sampai saat ini belum diketahui, bahkan layanan App Store dan Google Play Store tidak memberikan informasi mengenai alasan Meta menutup layanan Tuned. Bahkan, perusahaan resminya tidak memberikan alasan mengenai hal yang sama.

Jika melihat dari penilaian yang diberikan oleh pengguna, layanan Tuned sendiri memiliki banyak respons baik dari pengguna. Tuned juga telah diunduh dan digunakan oleh lebih dari 900.000 pengguna, di Android dan iOS. Angka ini tentunya terbilang tinggi, mengingat hampir menyentuh angka 1 Juta pengguna dari seluruh dunia.

Kemungkinan besar perusahaan menutup layanan Tuned karena jumlah pengguna, sejak pandemi berangsur surut, pengguna Tuned tidak terlalu meningkat. Beda halnya ketika awal pandemi berlangsung, pengguna Tuned anak drastis berbarengan dengan keputusan pemerintah yang membatasi aktivitas di luar rumah.

Sekarang, hampir semua negara telah mencabut perintah untuk pembatasan aktivitas di luar rumah, sehingga memungkinkan banyak orang untuk dapat langsung berinteraksi secara langsung. Maka dari itu, berdampak pada layanan Tuned yang semakin sedikit peminatnya.

Meta NPE tercatat tidak memiliki nilai lebih untuk menciptakan layanan jangka panjang, mengikuti Tuned ada layanan bernama Sparked, yang mana berfungsi untuk layanan aplikasi kencan untuk mencari pasangan yang terpaksa ditutup pada awal 2022.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend